Cocok Bagi Pecinta Traveling, Yuk Simak Cara Menjadi Tour Guide

 

Cara menjadi tour guide bisa dilakukan dengan melamar pekerjaan di bidang terkait
Cara menjadi tour guide bisa dilakukan dengan melamar pekerjaan di bidang terkait

CariUang - Tour guide merupakan profesi yang bertugas untuk memandu pariwisata di suatu daerah lokal, nasional, ataupun internasional. Profesi ini cukup digemari lantaran memiliki gaji pemandu wisata tinggi sekaligus bisa jalan-jalan secara gratis tanpa memikirkan ongkos.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Menjadi Tour Guide?

Menurut pengalamanku dalam mengamati pemandu wisata, rata-rata mereka harus memiliki keahlian tertentu. Pasalnya profesi ini harus kompeten terlebih dalam mengarahkan suatu tempat. Berikut ini cara menjadi pemandu wisata yang baik:

1. Mengikuti Pendidikan Pariwisata

Tahapan pertama ayang harus ditempuh calon pemandu wisata yaitu mengikuti kursus di bidang tersebut. Pendidikan di bidang terkait harus diupayakan lantaran fungsi pemandu wisata di suatu rekreasi terutama yang berkaitan dengan edukasi cukup tinggi. 

Menurut sejumlah orang yang ikut kursus ataupun pendidikan di sekolah khusus, proses pembelajaran akan berpacu pada materi pemandu wisata. Hal ini dapat dijadikan sebagai pedoman sekaligus bekal untuk mendapatkan gaji pemandu wisata yang tinggi. 

2. Menguasai Publik Speaking

Hampir semua lokasi wisata pasti memiliki pemandu dengan keahlian publik speaking mumpuni. Jadi bisa dipastikan bahwa publik speaking harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan di bidang bersangkutan. Materi pemandu wisata juga mencangkup skill ini. 

Bagaimana cara meningkatkan skill publik speaking? Menurut pengalaman pribadi, Aku meningkatkan skill dengan ikut kursus dan webinar. Kamu bisa juga mengikuti langkahku atau memperbanyak latihan serta membaca materi pemandu wisata. 

3. Memiliki Pemahaman Tinggi dan Wawasan Luas

Fungsi pemandu wisata akan semakin dirasakan banyak orang jika pengetahuan terkait suatu tempat cukup tinggi. Jadi sebelum melamar menjadi pemandu wisata pastikan wawasan dan pemahaman terkait lokasi tersebut harus dipersiapkan secara matang. 

Menjadi tour guide harus punya wawasan seputar pariwisata
Menjadi tour guide harus punya wawasan seputar pariwisata 

Tidak hanya membuat fungsi pemandu wisata semakin dirasakan banyak orang, wawasan juga mempermudah Kamu dalam menjalani profesi. Semakin bagus keahlian ini maka besar potensi gaji pemandu wisata mengalami peningkatan drastis. 

4. Berpenampilan Menarik 

Sejumlah pengunjung pariwisata menjelaskan bahwa pemandu wisata hendaknya berpenampilan menarik. Kenapa penampilan harus menarik? Hal ini bertujuan agar penjelasan selama perjalanan didengarkan oleh semua pengunjung. 

Jika penampilan berantakan dan tidak rapi tentu orang akan malas mendengarkan penjelasan Kita selama perjalanan. Berpenampilan menarik meliputi pakaian rapi, harum, penataan, hingga make up tipis. Gunakan pakaian yang sopan agar pengunjung tidak risih. 

5. Upayakan Sifat Ramah dan Responsif

Suatu wisata akan didatangi secara terus menerus jika memiliki tour guide yang ramah. Untuk mengupayakan hal tersebut Kamu harus senantiasa tersenyum dan bersifat terbuka kepada pengunjung wisata. Hindari berbicara dengan nada ketus atau tinggi. 

Jawab semua pertanyaan pengunjung untuk membangun loyalitas. Biasanya calon pemandu wisata akan diberi pertanyaan terkait kesiapan dalam menghadapai pelanggan berjumlah banyak. Cara ini tentu harus dipersiapkan sejak awal. 

6. Melamar Lowongan Serupa

Setelah semua keahlian mulia dari publik speaking dipersiapkan, Kamu bisa langsung melamar pekerjaan di bidang bersangkutan. Tersedia beberapa lowongan kerja sebagai pemandu wisata yang siap memberikan Kamu gaji berjumlah besar. 

Dalam melamar kerja sebagai pemandu wisata apa saja yang dipersiapkan? Menurut informasi yang Aku dapatkan, melamar pekerjaan sebagai pemandu wisata harus mempersiapkan sejumlah sertifikat, ijazah, CV dan masih banyak lagi. 

Cara menjadi tour guide bisa ditempuh dengan sejumlah tahapan tersebut. Sebelum melamar pekerja satu ini pastikan bahwa keahlian yang dimiliki sudah mumpuni. Jika keahlian belum mumpuni, Kamu bisa baca artikel lain di website Kami untuk meningkatkan skill.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar