Gagal Mulu? Ternyata Begini Cara Membuat Tape Singkong yang Manis dan Laris

 

Hasil dari penerapan cara membuat tape yang berhasil
Hasil dari penerapan cara membuat tape yang berhasil

CariUang - Cara membuat tape singkong sebenarnya cukup mudah lantaran bahan bakunya gampang dijumpai. Banyak masyarakat perkotaan ataupun desa yang menerapkan bisnis ini untuk meraup keuntungan dengan jumlah tak terbatas.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Membuat Tape untuk Keperluan Bisnis?

Cara membuat tape singkong biar manis sebenarnya kuncinya terletak pada ragi. Hal ini berdasarkan pengakuan dari sejumlah pelaku bisnis yang sudah menjalankan usaha tersebut. Berikut ini cara membuat tape singkong biar manis:

1. Mempersiapkan Modal

Berdasarkan pengalamanku pribadi, langkah pertama yang harus dipersiapkan untuk membuat bisnis produksi tape yaitu menyiapkan modal. Berapa modal yang diperlukan untuk memulai produksi tape singkong? Modal produksi tape singkong mulai dari 7-15 juta. 

Modal tersebut perlu dipersiapkan sejak awal untuk pembelian bahan, alat, operasional, dan masih banyak lagi. Untuk apa modal harus dipersiapkan sejak awal? Modal yang dipersiapkan untuk pembelian bahan baku, alat, hingga sejumlah biaya tambahan lainnya. 

2. Penyediaan Alat dan Lokasi

Alat membuat tape singkong juga harus diupayakan untuk mengoptimalkan produksi. Apa saja alat membuat tape singkong? Alat membuat tape singkong meliputi sejumlah wadah, plastik, daun pisang yang sudah dibersihkan, kain, dan masih banyak lagi. 

Bagaimana dengan lokasi produksi tape ketan? Untuk lokasi produksi tape ketan Kamu bisa memulainya dengan menyiapkan dapur di rumah. Langkah ini berlaku sementara ( jika usaha masih kecil). Jika usaha sudah besar Kamu bisa buat lokasi produksi di tempat lain. 

3. Pengupayaan Bahan Baku

Berpedoman pada sejumlah ilmiah, bahan baku pembuatan tape juga harus diutamakan. Bahan baku tape meliputi singkong dan ragi tape singkong. Dimana saya bisa mencari ragi tape singkong? Ragi tape singkong bisa didapatkan dengan cara melakukan pembelian. 

Ragi dan singkong menjadi bahan baku pembuatan tape
Ragi dan singkong menjadi bahan baku pembuatan tape


Tidak hanya ragi tape singkong, Kamu wajib mengupayakan kebutuhan umbi tersebut dengan melakukan pembelian melalui petani. Kenapa pembelian harus melalui petani? Menurut pendapat dari pelaku usaha, harga pembelian di petani jauh lebih murah. 

4. Proses Produksi

Cara membuat tape singkong biar manis terletak pada tahapan satu ini. Manis tidaknya tape singkong sebenarnya terletak pada ragi. Cara pembuatannya cukup mudah lantaran tidak membutuhkan teknik-teknik tertentu. 

Kamu hanya perlu memotong singkong menjadi beberapa bagian. Kemudian kukus singkong tersebut hingga lunak. Diamkan selama beberapa menit hingga dingin kemudian beri ragi. Siapkan wadah dan masukkan singkong yang telah diberi ragi. Tutup hingga rapat tanpa celah. 

5. Pengemasan

Berdasarkan pengalamanku pribadi, proses fermentasi tape singkong bisa berlangsung sekitar 3-5 harian. Sambil menunggu proses fermentasi berlangsung, Kamu bisa mempersiapkan kemasan untuk tape singkong. Kemasan bisa menggunakan plastik atau wadah plastik. 

Cantumkan brand pada kemasan agar tape singkong mudah diingat. Kamu juga bisa mengemas tape singkong menggunakan besek bambu. Dengan begitu orang lain bisa tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk tape singkong tersebut. 

FAQ

Kenapa tape singkong rasanya asam?

Beberapa pelaku usaha tape singkong menjelaskan bahwa rasa asam dipicu oleh pemberian ragi terlalu banyak. 

Bagaimana agar tape singkong tidak keras?

Kamu harus mengupayakan pengukusan agar singkong lunak sehingga tape yang dihasilkan memiliki tekstur empuk. 

Berapa lama tape singkong bisa bertahan?

Tanpa penyimpanan yang efektif tape singkong bisa bertahan selama 3 hari selebihnya akan mengalami pembusukan. 

Cara membuat tape singkong membutuhkan keahlian dan keterampilan di bidang tata boga. Pastikan memperhatikan resep pembuatan tape singkong agar hasil produksi sesuai harapan. Terapkan trik bisnis industri lainnya dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar