Trik Budidaya Bebek Petelur yang Bikin Untung Makin Ngawur

 

Contoh pertumbuhan bebek petelur yang tepat
Contoh pertumbuhan bebek petelur yang tepat

CariUang - Budidaya bebek petelur dapat dijadikan sebagai salah satu usaha bagi pemula ataupun yang telah ahli. Beda dengan budidaya bebek pedaging, Kamu harus mengupayakan sejumlah tahapan agar telur yang dihasilkan senantiasa melimpah sesuai harapan.

Table of Contents
 

Cara Budidaya Bebek Petelur yang Tepat

Dalam mengupayakan budidaya bebek pedaging dan petelur diperlukan sejumlah tahapan. Menurut peternak bebek pedaging, sebenarnya peternakan bebek petelur perbedaannya terletak pada satu tahapan. Berikut ini proses peternakan berdasarkan makalah budidaya bebek petelur:

1. Penyiapan Anggaran

Langkah pertama yang wajib Kamu tempuh berdasarkan makalah budidaya bebek petelur yaitu membuat anggaran. Berapa anggaran yang dibutuhkan dalam memulai peternakan bebek petelur skala besar? Menurut makalah budidaya bebek petelur modal mulai 70-100 juta. 

Modal yang dibutuhkan lebih mahal dibanding budidaya bebek pedaging lantaran perawatan harus optimal sehingga telur melimpah. Anggaran digunakan untuk membuat kandang, pakan, vaksinasi, operasional hingga proses penjualan dari telur yang dihasilkan oleh bebek. 

2. Pilih Lokasi

Berdasarkan pengalamanku dalam melihat proses peternakan bebek petelur, setelah anggaran selesai diapakan Kamu harus memilih lokasi. Dimana lokasi yang tepat untuk budidaya? Sejumlah peternak bebek petelur menjelaskan lokasi hendaknya jauh dari pemukiman warga. 

Kenapa lokasi diharuskan jauh dari pemukiman warga? Pasalnya bau kotoran dari bebek mampu mencemari udara sehingga bisa mengganggu warga sekitar. Kamu bisa memilih lokasi pembuatan tempat budidaya di dekat hutan ataupun kebun sehingga pengelolaan limbah mudah. 

3. Pembuatan Kandang

Sejumlah peternak menjelaskan bahwa pembuatan kandang untuk peternakan bebek petelur sangat berpengaruh pada hasil. Oleh sebab itu Kamu wajib memiliki keahlian dalam memperkirakan ukuran. Dengan begitu kandang yang dibuat bisa menyesuaikan kapasitas. 

Rutin bersihkan kandang setidaknya 2 hari sekali agar tetap bersih dan produktivitas dari bebek petelur tidak mengalami penurun. Menurut sejumlah peternak, kandang berpengaruh pada produktivitas jadi pastikan tahapan ini diperhatikan dengan seksama agar budidaya sesuai rencana. 

4. Pencarian Bibit

Semua tahapan yang sudah dipersiapkan membuat Kamu bisa langsung mencari bibit bebek petelur. Berapa usia bebek yang bisa dibeli? Agar mengurangi resiko mati, Kamu bisa mencari bibit yang berusia sekitar 2-3 bulanan. Dengan begitu usaha minim resiko kegagalannya. 

Upayakan pakan bebek petelur dengan seksama agar pertumbuhan maksimal. Pakan bebek petelur apa? Menurut sejumlah petani, pakan bebek petelur bisa berupa kulit gabah yang telah dihaluskan dan dicampur air dengan nasi. Cara ini diterapkan oleh peternak di desa. 

5. Pengawinan

Memasuki usia 6-7 bulan bebek petelur bisa langsung dikawinkan. Satukan jantan dan betina dalam satu ruangan selama beberapa hari. Bagaimana ciri-ciri bebek siap dikawinkan? Tumbuh membesar dan gemar mengeluarkan suara. Hal ini namun tidak bisa dijadikan sebagai patokan.

Pasalnya setiap peternak memilih menyatukan bebek petelur dengan jantan jika memasuki usia tersebut. Setelah disatukan biasanya peternak memilih menyiapkan tempat untuk bertelur. Tempat untuk bertelur bisa dibuat penyangga dengan memanfaatkan jerami dan bambu. 

6. Proses Bertelur

Pasca pengawinan berlangsung dan bebek berhasil dibuahi maka tidak lama lagi akan bertelur. Bagaimana ciri-ciri bebek hendak bertelur? Menurut sejumlah peternak handal, ciri bebek hendak bertelur meliputi nafsu makan menurun drastis hingga bulu banyak rontok. 

Telur bebek yang siap dijual
Telur bebek yang siap dijual


Nantinya bebek akan bertelur pada tempat yang telah disediakan. Upayakan selama bebek hendak bertelur Kamu memenuhi semua kebutuhan dan asupan gizinya. Jika proses ini selesai dilakukan, Kamu bisa langsung melakukan panen atas bebek petelur tersebut. 

Budidaya bebek petelur akan optimal dengan tahapan-tahapan tersebut. Kamu bisa mengandalkan keahlian beternak untuk meningkatkan keuntungan dalam usaha ini. Keahlian beternak bisa dipelajari secara otodidak dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar