Budidaya Manggis yang Cepat Panen dan Hasil Melimpah, Beneran Gak Mau Coba?

 

Hasil budidaya manggis
Hasil budidaya manggis

CariUang - Budidaya pohon manggis banyak ditempuh jumlah kalangan masyarakat terutama yang tinggal di daerah pedesaan. Pasalnya cara merawat pohon manggis cukup mudah. Hal ini membuat potensi untung melimpah ruah.

Table of Contents
 

Bagaimana Panduan Budidaya Manggis?

Berdasarkan budidaya manggis PDF, prosedur penanaman harus disesuaikan dengan kondisi wilayah atau geografi. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan dari pohon manggis optimal. Berikut ini cara menanam pohon manggis yang baik dan benar:

1. Syarat Tumbuh

Sejumlah petani berpengalaman menjelaskan bahwa dalam pertumbuhan pohon manggis hendaknya memenuhi beberapa persyaratan. Poin ini sering disebut dengan syarat tumbuh pohon manggis. Apa saja syarat tumbuh dari pohon manggis?

Syarat tumbuh pertama Pohon manggis yakni berada di daerah dengan ketinggian 400 m hingga 800 m. Biasanya pohon manggis akan optimal jika dibudidayakan di daerah dengan temperatur udara sedang mulai dari dataran tinggi hingga pegunungan. 

Berpedoman pada penjelasan budidaya manggis PDF, suhu yang tepat untuk pohon manggis yakni 22°C - 35 °C. Hanya itu saja sejumlah petani juga menyebutkan bahwa dalam proses pertumbuhan pohon manggis dibutuhkan angin untuk membantu penyerbukan.

2. Penyiapan Lahan

Setelah syarat tumbuh dirasa terpenuhi, Kamu bisa mengupayakan budidaya manggis selanjutnya. Siapkan lahan yang nantinya akan digunakan untuk menunjang proses budidaya tanaman manggis. Bagaimana cara menyiapkan lahan untuk budidaya manggis?

Persiapan lahan budidaya manggis
Persiapan lahan budidaya manggis 

Bersihkan tanah dari berbagai macam rumput dan gulma hingga bebatuan. Pastikan sampah plastik yang ada di dalam tanah juga ikut dibersihkan kemudian gemburkan tanah untuk menunjang budidaya. Manfaatkan sejumlah peralatan untuk budidaya. 

Buat lubang pada lahan yang disediakan dan ukur jarak tanam. Untuk apa lubang perlu dibuat? Untuk memudahkan proses budidaya lubang harus disediakan. Buat lubang sekitar 70-100 cm guna menunjang proses penanaman agar berjalan lancar. 

3. Pembibitan

Tahapan yang cukup penting dalam budidaya manggis yakni pembibitan. Apa itu pembibitan? Tahapan mencari bibit atau benih manggis yang akan digunakan untuk menunjang budidaya. Umumnya bibit bisa diupayakan dengan cara vegetatif atau generatif.

Buah yang sedikit tua bisa dijadikan bibit budidaya
Buah yang sedikit tua bisa dijadikan bibit budidaya 

Pembibitan generatif itu apa? Pembibitan generatif adalah tahapan mencari bibit dengan memakai biji. Sementara pembibitan vegetatif dilakukan dengan mencangkok, stek batang, hingga sambung pucuk. Mana pembibitan yang paling bagus?

Berdasarkan pengalamanku pribadi dalam mengamati budidaya manggis, pembibitan paling banyak ditempuh dengan cara vegetatif. Hal ini lantaran akar manggis diklaim lebih kuat, waktu panen cepat hingga produktivitas senantiasa mengalami peningkatan. 

4. Media Tanam

Sejumlah petani menjelaskan bahwa dalam proses menanam pohon manggis tidak bisa langsung ditanam. Jadi pasca pembibitan harus ditanam dulu di media tertentu seperti polybag hingga pot. Letakkan bibit tersebut pada media tanam untuk mengetahui proses tumbuh. 

Sebelum itu buat lubang dengan kedalaman 20 cm - 50 cm. Campurkan pupuk untuk pohon manggis dengan tanah pada lubang media tanam. Pastikan pupuk yang digunakan organik atau kompos. Kenapa pupuk harus organik atau kompos?

Pupuk untuk pohon manggis yang berasal dari organik atau kompos membuatnya tumbuh subur tanpa efek samping. Jika menggunakan pestisida pupuk untuk pohon manggis maka besar potensi budidaya mengalami kerusakan secara berkala. 

5. Proses Pengembangan Bibit

Setelah media tanam selesai diupayakan, petani biasanya langsung menanam bibit manggis tersebut. Proses penanaman sementara di media tanam atau polibag ini biasanya berlangsung sekitar 1-2 bulan atau menunggu pohon manggis keluar daunnya. 

Bagaimana cara merawat pohon manggis yang masih kecil? Cara merawat pohon manggis yang masih kecil bisa diupayakan dengan memberikan pupuk, rutin melakukan penyiraman, hingga membersihkan area polibag agar tidak ditumbuhi gulma. 

Jika semua cara merawat pohon manggis diterapkan dengan baik proses pengembangan tersebut akan berlangsung dengan singkat. Jadi dalam tahapan ini dibutuhkan keahlian di bidang pertanian dasar untuk mempelajari trik budidaya. 

6. Penyiangan

Selama proses pengembangan bibit Kamu wajib memantau pertumbuhan pohon manggis tersebut. Pastikan bahwa semua bibit yang telah disiapkan berkualitas dan mampu dijadikan sebagai varietas budidaya manggis tingkat unggulan. 

Bagaimana cara memantau perkembangan tersebut? Lihat ciri-ciri fisik mulai dari daun, ranting, dan lain sebagainya. Umumnya bibit berkualitas cenderung mengalami pertumbuhan cepat dan daun bewarna hijau cerah saat masih muda. 

Setelah mengetahui bibit yang kurang berkualitas, Kamu bisa menggantinya dengan baru. Tahapan ini seringkali disebut dengan penyiangan. Apa tujuan tindakan ini? Mengupayakan bibit berkualitas sehingga produktivitas manggis meningkat. 

7. Pemindahan Bibit

Setelah proses penyiangan berlangsung, Kamu bisa menanam pada lahan yang tadi disediakan. Ambil manggis yang berkualitas tadi secara perlahan. Jangan sampai akar pada bibit manggis putus. Kenapa kalau akar pada bibit manggis terputus?

Kalau akar terputus nantinya pohon manggis akan mati. Tidak sedikit petani memilih untuk menanam polibag atau memasukkannya pada lubang lahan yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar proses pemindahan berjalan dengan berhasil. 

Usahakan memindahkan bibit saat sudah cukup usia. Jika pemindahan dilakukan saat bibit terlalu muda biasanya rawan mati. Kapan waktu yang tepat untuk memindahkan bibit? Menjelang musim penghujan berlangsung proses pemindahan lebih efektif. 

8. Pemeliharaan

Pasca budidaya manggis diterapkan, Kamu juga wajib menempuh sejumlah pemeliharaan. Untuk apa pemeliharaan perlu dilakukan? Agar pertumbuhan dari pohon manggis yang dibudidayakan bisa optimal dan berjalan sesuai dengan harapan. 

Pemeliharaan bisa diupayakan dengan memberikan pupuk
Pemeliharaan bisa diupayakan dengan memberikan pupuk

Bagaimana cara melakukan pemeliharaan terhadap pohon manggis? Pemeliharaan bisa dilakukan dengan rutin menyiram pohon manggis, pemberian pupuk, hingga pembasmian sejumlah hama yang berpotensi menyerang pohon manggis. 

Pemeliharaan akan terasa mudah jika Kamu memahami dasar-dasar budidaya manggis. Bagaimana cara mempelajari teknik dasar pertanian? Belajar otodidak hingga menempuh pendidikan di bidang pertanian bisa diupayakan untuk meningkatkan skill pertanian. 

9. Pemanenan

hampir semua petani pasti menantikan proses pemanenan pada budidaya yang telah dilakukan. Agar proses panen berlangsung cepat kamu wajib melakukan pemeliharaan dengan optimal. Dengan cara itu pertumbuhan manggis akan berlangsung cepat. 

Sebelum pemanenan berlangsung kamu bisa membersihkan beberapa ranting pada pohon manggis. Hal ini bertujuan agar proses pemanenan berjalan lancar. Lakukan pemanenan ketika buah manggis sudah bewarna agak kemerahan. 

Hasil panen
Hasil panen

Bagaimana cara memetik manggis yang benar? Gunakan galah sebagai alternatif memetik manggis yang baik dan benar. Berapa kali proses pemanenan berlangsung? umumnya pohon manggis akan berbuah setiap 1 tahun sekali.

Budidaya manggis akan optimal dan memberikan hasil melimpah jika semua tahapan tersebut Kamu terapkan. Pastikan semua kebutuhan pohon manggis terpenuhi. Kamu juga bisa meningkatkan skill pertanian dengan membaca artikel lain di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar