Cara Menanam Nanas yang Mudah diterapkan , Yuk Coba Biar jadi Jutawan

 

Hasil budidaya nanas
Hasil budidaya nanas

CariUang - Nanas adalah salah satu buah yang cukup digemari oleh sejumlah kalangan masyarakat. Pasalnya buah-buahan satu ini bisa dijadikan sebagai ide jualan sekaligus ladang penghasilan melalui pertanian. Tidak heran jika cara menanam nanas dipelajari orang-orang.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Menanam Nanas yang benar?

Cara menanam nanas cepat panen banyak diterapkan oleh petani di desa. Menurut pengalamanku pribadi, cara menanam nanas cepat panen cukup efektif lantaran bisa dicampur dengan tanaman lain. Berikut cara menanam nanas cepat panen:

1. Pemilihan Lahan

Langkah pertama yang bisa Kamu tempuh berdasarkan panduan dari budidaya tanaman nanas PDF yakni mempersiapkan lahan. Sebelum itu, panduan budidaya nanas PDF juga menjelaskan hendaknya lahan yang akan dipilih memiliki tingkat kesuburan cukup tinggi. 

Pilih lahan untuk budidaya nanas
Pilih lahan untuk budidaya nanas


Sejumlah petani menjelaskan bahwa tanah yang digunakan bisa berasal dari lebu berpasir. Kenapa lahan harus berasal dari lebu berpasir? Tidak harus, tapi disarankan lantaran tanah tersebut subur sehingga pertumbuhan nanas berjalan cepat. 

Berpedoman pada panduan budidaya tanaman nanas PDF, buah satu ini juga butuh intensitas matahari. Jadi Kamu wajib memastikan bahwa lahan yang dipilih terkena sinar matahari. Hal ini bertujuan agar proses penanaman berjalan dengan lancar. 

2. Persiapan Lahan untuk Proses Tanam

Persiapan lahan tanam nanas
Persiapan lahan tanam nanas


Setelah lahan dipilih, penting bagi Kamu untuk menggarapnya agar bisa ditanami buah tersebut. Atur jarak tanam nanas madu yang tepat. Berapa jarak tanam nanas madu yang tepat? Jarak tanam nanas madu sekitar 60 cm × 80 cm atau menyesuaikan. 

Buat lubang pada lahan yang telah disediakan. Bagaimana cara membuat lubang? Kamu tinggal memanfaatkan cangkul dan meteran untuk menentukan ukuran. Berapa kedalaman tanah untuk budidaya nanas yang tepat?

Menurut pengalamanku pribadi, kedalaman yang tepat sekitar 3-7 cm. Buat ukuran lubang sekitar 30 cm × 30 cm × 30 cm. Gemburkan tanah dan campuri sedikit pupuk agar nantinya hasil budidaya memuaskan dan panen melimpah ruah. 

3. Proses Pembibitan

Cara menanam nanas berikutnya yakni mempersiapkan bibit. Menurut petani yang telah ahli dan keterangan sejumlah ilmiah, pembibitan dalam cara menanam nanas dapat dilakukan dengan dua cara. Apa saja cara tersebut dan mana paling mudah?

Dua cara pembibitan yang bisa dilakukan yakni generatif dan vegetatif. Menurut pengalamanku pribadi dalam cara menanam nanas, proses pembibitan paling tepat memakai vegetatif. Jadi Kamu tinggal ambil induk nanas yang kecil. 

Proses pembibitan dan penyemaian
Proses pembibitan dan penyemaian


Pastikan bibit tersebut berkualitas. Cirinya warna cerah, ukuran besar dan penuh serat. Ambil indukan tersebut potong daun yang dekat pangkal kemudian tanam pada polibag untuk menunggu proses penyemaian berlangsung ( sekitar 1-3 Minggu mulai tampak).

4. Penanaman

Jika bibit nanas telah siap maka selanjutnya Kamu tinggal menerapkan proses tanam. Bagaimana cara menanam nanas yang tepat? Menurut pengalamanku pribadi bibit nanas bisa dikeluarkan dari polibag tadi secara berkala agar akar tidak terputus.

Kenapa kalau akar bibit nanas terputus? Cara menanam nanas bisa saja tidak berhasil alias gagal. Masukkan bibit tersebut pada lahan yang tadi telah disediakan. Kemudian tutup menggunakan lahan hindari menanam hingga batang tertutup penuh. 

Usahakan menanam nanas saat memasuki musim penghujan. Kenapa cara menanam nanas baiknya saat musim penghujan? Agar Kamu tidak perlu melakukan penyiraman secara berulang. Sejumlah petani juga merekomendasikan masa tersebut untuk menanam. 

5. Penyiraman Budidaya Nanas

Menurut pengalamanku dalam menanam nanas, diperlukan juga tahapan penyiraman menjelang musim kemarau berlangsung. Untuk apa proses penyiraman perlu dilakukan? Agar kebutuhan fotosintesis dalam cara menanam nanas dapat dipenuhi dengan baik. 

Penyiraman tanaman nanas
Proses penyiraman


Berapa idealnya proses penyiraman dilakukan? Sejumlah petani mengungkap bahwa dalam proses tanam bisa dilakukan setiap 2 kali dalam sehari. Bagaimana jika memasukinya musim penghujan? Kamu tidak perlu melakukan penyiraman. 

Hindari menyiram tanaman nanas terlalu banyak lantaran mampu memicu terjadinya pembusukan pada batang nanas. Jadi lakukan penyiraman secukupnya saja meskipun sedang musim kemarau panjang. Penyiraman baiknya dilakukan saat pagi ataupun sore hari. 

6. Penyiangan

Bagi sejumlah petani pasti sudah tidak asing lagi dengan proses penyiangan. Proses penyiangan itu untuk apa? Untuk mengetahui mana bibit yang berkuasa dan mana bibit yang kurang berkualitas sehingga proses budidaya nanas bisa berjalan dengan lancar. 

Bagaimana cara melakukan proses penyiangan? Menurut pengalamanku pribadi, proses penyiangan bisa dilakukan dengan cara meneliti pertumbuhan pohon nanas. Amati pertumbuhan tersebut dan lihat pohon tersebut mana yang pertumbuhan lambat. 

Cabut pohon nanas yang pertumbuhannya lambat dan ganti dengan bibit baru. Untuk apa proses penyiangan perlu dilakukan? Untuk memastikan bahwa bibit tersebut benar-benar cocok untuk menunjang proses budidaya tanaman nanas. 

7. Pencegahan Penyakit dan Hama

Sama halnya dengan budidaya lain, cara menanam nanas kerap kali dihadapkan oleh sejumlah hama ataupun penyakit. Hal inilah yang membuat sejumlah petani nanas seringkali merasakan gagal panen dan berujung pada kebangkrutan usaha.

Pembasmian hama dan penyakit
Pembasmian hama dan penyakit


Bagaimana cara mencegah penyakit dan hama? Sejumlah petani menyarankan agar pengendalian penyakit pada nanas dilakukan dengan memakai obat pembasmi hama yang bisa dibeli di toko atau pasar. Apakah cara ini tergolong cukup efektif?

Menurut pengalamanku pribadi penggunaan obat pembasmi hama cukup efektif asalkan dosisnya tidak terlalu tinggi. Bagaimana jika dosis tersebut terlalu tinggi? Akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan hingga tanaman itu sendiri.

8. Pemupukan

Dalam budidaya tanaman nanas memang dibutuhkan ketelatenan sekaligus keahlian di bidang pertanian. Salah satunya dalam mengupayakan tahapan pemupukan. Untuk apa pemupukan perlu dilakukan? Agar pertumbuhan optimal dan budidaya sesuai harapan. 

Pemupukan dalam budidaya nanas
Pemupukan dalam budidaya nanas


Pemupukan menggunakan apa? Sebaiknya pemupukan pada budidaya nanas menggunakan kompos ataupun pupuk kandang. Bagaimana jika pemupukan menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya agar pertumbuhan lebih cepat?

Sejumlah petani beranggapan, pemakaian pupuk kimia memang membuat pertumbuhan cepat namun bisa berakibat buruk pada budidaya. Pemupukan baiknya dilakukan 2 kali dalam sebulan hingga memasuki masa panen berlangsung. 

9. Pemanenan

Hampir semua petani di seluruh dunia pasti menantikan proses pemanenan. Berapa kali nanas bisa dipanen? Umumnya setelah dipanen pohon akan diganti dengan yang baru. Jadi beberapa petani memilih untuk memanen setahun 1-3 kali untuk panen nanas. 

Panen nanas
Panen nanas


Usia berapa nanas bisa dipanen? Umumnya panen nanas dilakukan ketika memasuki usia 3-4 bulan pasca tanam. Bagaimana ciri nanas yang sudah siap dipanen? Ukuran membesar, daun semakin tua dan kulitnya ada bintik putih pada bagian ujungnya. 

Bagaimana cara panen nanas yang benar? Ambil pisau atau celurit kemudian petik buah nanas tersebut lakukan berulang hingga selesai. Biasanya petani memilih proses panen ketika memasuki musim kemarau agar tahapan ini tidak terkendala cuaca. 

Budidaya nanas bisa Kamu tempuh dengan sejumlah tahapan tersebut. Upayakan proses tanam memenuhi prosedur yang berlaku. Hal ini bertujuan agar hasil selalu melimpah. Gunakan trik lain dari artikel di website ini untuk memulai usaha budidaya.


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar