Bisnis Oleh-oleh, Usaha Sederhana Untung Gak Kira-kira

 

Contoh toko oleh-oleh
Contoh toko oleh-oleh

CariUang - Mengunjungi suatu daerah kurang afdol rasanya jika tidak membeli oleh-oleh atau buah tangan. Hal itu tentu dapat Kamu manfaatkan untuk membuat bisnis oleh-oleh khas daerah atau wisata tertentu guna memperoleh keuntungan yang besar.

Table of Contents
 

Trik Memulai Bisnis Oleh-oleh

Menurut sejumlah pedagang, memulai usaha oleh-oleh dibutuhkan strategi khusus agar bisa berjalan sesuai harapan. Toko oleh-oleh adalah tempat yang menjual makanan atau produk khas daerah tertentu. Berikut ini trik memulai usaha oleh-oleh:

1. Buat Lokasi Strategis

Langkah pertama yang perlu diterapkan dalam membuat toko oleh-oleh adalah menyiapkan lokasi. Dimana tempat yang tepat untuk membangun toko oleh-oleh? Tempat membangun toko oleh-oleh adalah kawasan yang strategis dan mudah dijangkau. 

Dengan mengupayakan toko strategis dan mudah dijangkau nantinya orang mudah mendatangi pusat buah tangan yang Kamu sediakan. Dalam mengupayakan toko oleh-oleh bisanya pengusaha memiliki buat lokasi tak jauh dari tempat wisata. 

2. Mempersiapkan Modal

Ide usaha oleh-oleh juga membutuhkan modal berjumlah tertentu untuk keberlangsungan usaha. Modal ide usaha oleh-oleh digunakan untuk pembuatan tempat usaha, pembelian produk-produk, operasional, hingga promosi. 

Biasanya modal dipersiapkan sejak awal pada tahapan perencanaan bisnis. Dalam membuat rencana modal dibutuhkan keahlian di bidang keuangan. Dengan memperhitungkan modal secara tepat guna usaha oleh-oleh berjalan lancar. 

3. Mengupayakan Sejumlah Produk

Dalam berjualan ide usaha oleh-oleh seseorang diupayakan untuk mengupayakan sejumlah produk. Kenapa produk harus diupayakan? Agar nantinya pembeli bisa mendapatkan oleh-oleh beragam hanya dengan mengunjungi satu tempat saja. 

Bagaimana cara mengupayakan produk dalam usaha oleh-oleh? Mengupayakan beberapa produk usaha oleh-oleh hendaknya didasarkan pada riset pasar. Sediakan sejumlah produk yang diminati oleh sejumlah kalangan masyarakat agar laris. 

4. Buat Brand Khusus

Menurut pengalamanku dalam membeli oleh-oleh khas daerah tertentu pasti memilki brand yang bagus dan menarik. Hal itu bisa Kamu jadikan sebagai referensi untuk meningkatkan value bisnis sehingga nantinya mudah dikenal oleh calon konsumen. 

Buat brand dan perencanaan merk yang tepat
Buat brand dan perencanaan merk yang tepat


Bagaimana cara membuat brand? Kamu tinggal berkonsultasi dengan orang yang telah ahli. Brand harus dibuat dengan unik, singkat, mudah diingat. Hal tersebut agar kedepannya orang akan mencari usaha Kamu ketika membutuhkan produk bersangkutan. 

5. Pemasaran

Beberapa tempat usaha oleh-oleh ada yang menggunakan jasa seorang sales. Hal itu bisa Kamu jadikan referensi untuk meningkatkan pemasaran produk oleh-oleh. Penjualan sales biasanya tidak jauh dari pusat oleh-oleh suatu daerah atau wisata. 

Keberadaan sales juga bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk usaha untuk meningkatan penjualan. Pemasaran juga bisa diupayakan dengan memanfaatkan sosial media. Dengan begitu jangkauan pusat usaha jauh lebih luas dan mencangkup umum.

6. Evaluasi Metode Penjualan

Kamu bisa juga menerapkan jualan online untuk meningkatkan penghasilan toko oleh-oleh. Apakah umum jualan oleh-oleh menggunakan metode online? Sangat umum, bahkan cara ini membuat Kamu bisa juga membuka kesempatan kerja sama dengan seller. 

Menurut sejumlah pemilik toko oleh-oleh, mereka memilih menerapkan dua metode penjualan. Dengan menerapkan dua metode tersebut penjualan akan berjalan dengan lancar. Tidak hanya lancar keuntungan yang diperoleh jauh lebih banyak atau melimpah. 

Bisnis oleh-oleh bisa diupayakan dengan sejumlah metode tersebut. Dalam memulai usaha ini Kamu wajib punya keahlian di bidang penjualan. Keahlian penjualan bisa diupayakan dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar