Bingung Mau Bisnis Apa? Yuk Intip Peluang Usaha Ikan Bakar Ala Restoran Mahal

 

Usaha ikan bakar cukup potensial jika dijadikan pekerjaan sampingan atau utama
Usaha ikan bakar cukup potensial jika dijadikan pekerjaan sampingan atau utama

CariUang - Ikan bakar menjadi kaum pauk sekaligus menu makanan yang disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Hal ini bisa Kamu jadikan sebagai referensi bisnis di bidang kuliner. Terlebih usaha ikan bakar memiliki daya saing taraf sedang.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Ikan Bakar?

Berpedoman pada pendapat dan pengalamanku pribadi, terdapat beberapa indikator untuk menciptakan profil usaha ikan bakar menarik dan laris. Kenapa profil usaha ikan bakar penting? Agar tidak kalah saing. Berikut cara bisnis jualan ikan bakar:

1. Membuat Business Plan

Dalam mengupayakan penjualan dan strategi pemasaran ikan bakar yang efektif diperlukan perencanaan jelas. Apa saja yang perlu direncanakan? Menurut pengalaman sejumlah pemilik restoran ikan bakar ternama Business Plan mencangkup banyak indikator. 

Indikator tersebut mulai dari modal usaha, tim terlibat, anggaran tersedia dan masih banyak lagi. Melalui tahapan ini calon pemilik usaha memiliki kesempatan untuk mengetahui anggaran yang akan dibutuhkan dalam membuat bisnis ikan bakar. 

2. Persiapkan Sejumlah Peralatan

Menekuni bisnis penjualan lauk berupa ikan bakar tentu membutuhkan alat untuk produksi. Beberapa pelaku bisnis menjelaskan bahwa peralatan jual ikan bakar harusnya sudah direncanakan dalam tahapan business plan atau lebih dikenal rencana bisnis. 

Apa saja peralatan yang dibutuhkan dalam membuat ikan bakar? Peralatan jual ikan bakar meliputi pemanggang, sejumlah wadah, pisau dan lain sebagainya. Peralatan jual ikan bakar hendaknya harus lengkap agar tidak mengurangi proses produksi. 

3. Cari Bahan Baku

Tidak hanya peralatan, menurut pengamatan yang aku lakukan bisnis ini juga butuh bahan baku. Bahan baku seperti apa yang dibutuhkan? Bahan baku dalam usaha ikan bakar meliputi jenis ikan tertentu dan bumbu ( baik instan ataupun dari rempah-rempah).

Bahan baku bisa dicari dari peternakan ikan
Bahan baku bisa dicari dari peternakan ikan


Dimana aku bisa mendapatkan semua bumbu tersebut? Menurut pengalamanku pribadi, pembelian bahan baku bisa diupayakan dengan menjalin mitra bersama petani langsung atau mencari supplier berpengalaman sehingga harga jauh lebih murah. 

4. Melibatkan Tim Ahli

Bagi Kamu yang masih pemula bisa membuka bisnis ini secara rumahan ataupun mendirikan resto kecil-kecilan. Libatkan sejumlah ahli di bidang kuliner untuk mengupayakan proses produksi. Kenapa harus punya keahlian di bidang kuliner?

Agar proses produksi menghasilkan rasa lezat. Kamu juga bisa mempelajari keahlian memasak kuliner dengan belajar secara otodidak. Biasanya untuk pemilik bisnis ikan bakar pemula hanya membutuhkan tim sekitar 1-2 orang saja mencangkup banyak bidang. 

5. Melakukan Penjualan

Dimana Aku bisa menjual ikan bakar? Kamu bisa menjual ikan bakar dengan membuka warung kecil-kecilan atau memanfaatkan aplikasi penjualan makanan online seperti Go Food, Grab Food dan masih banyak lagi. Cara ini cenderung butuh modal cukup ringan. 

Lakukan promosi agar penjualan ikan bakar senantiasa mengalami peningkatan. Bagaimana cara promosi? Cara promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah sosial media. Isikan konten terkait ikan bakar agar menarik perhatian calon pembeli. 

FAQ

Berapa modal yang dibutuhkan dalam bisnis ikan bakar? 

Modal yang diperlukan mulai dari 2-5 juta untuk skala kecil ( belum termasuk lokasi jualan). 

Untuk apa modal tersebut?

Modal tersebut digunakan untuk membeli bahan baku dan sejumlah peralatan memasak. 

Bagaimana agar jualan ikan bakar laris?

Sediakan sejumlah variasi pada ikan bakar seperti pedas manis, asam manis dan masih banyak lagi. 

Usaha ikan bakar bisa ditempuh oleh sejumlah orang untuk meraup keuntungan besar. Dalam mengupayakan hal tersebut dibutuhkan keahlian memasak dan analisis bisnis. Pertambah keahlian bisnis dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar