Berikan Banyak Untung, Begini Cara Bisnis Pakan Burung

Gerai pakan burung
Gerai pakan burung

CariUang - Pakan burung merupakan kebutuhan utama yang wajib dipenuhi oleh peternak spesies tersebut. Kamu bisa menjadikan bisnis pakan burung sebagai alternatif mendapatkan pemasukan atau pekerjaan utama seseorang. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Pakan Burung?

Berdasarkan pendapat sejumlah pemilik toko pakan, bisnis ini membutuhkan pengetahuan dasar terkait pemberian asupan pada burung. Berikut ini beberapa langkah atau tahapan yang bisa ditempuh untuk membuka usaha pakan burung:

1. Menyiapkan Modal

Modal awal usaha toko burung harus diperhatikan sejak awal. Berapa modal usaha toko burung? Menurut sejumlah pemilik toko pakan burung, modal yang perlu dipersiapkan mulai dari 25-70 juta. Namun hal itu tidak berlaku jika toko dibuat secara rumahan. 

Bagaimana cara membuat toko pakan rumahan? Kamu hanya perlu menyiapkan ruangan khusus sebagai lapak jualan. Modal awal usaha toko burung rumahan hanya berkisar 7-15 juta. Opsi ini cocok jika diterapkan oleh pelaku bisnis pemula. 

2. Riset Kompetitor

Menjalankan usaha apapun itu dibutuhkan tahapan riset kompetitor. Apa itu riset kompetitor? Menurut pendapat sejumlah ahli, riset kompetitor adalah kondisi mencari informasi dari pesaing terkait dengan bisnis mereka mulai dari supplier hingga cara jual. 

Banyak sekali cara yang bisa Kamu tempuh untuk riset kompetitor. Dengan tahapan ini Kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan kompetitor dan menjadikannya sebagai evaluasi. Tentu hal ini sangat menguntungkan terlebih bagi para UMKM. 

3. Mencari Lokasi dan Membuka Toko

Bagi pemilik bisnis yang sudah memiliki modal cukup kebanyakan memilih membuka toko. Mengupayakan tahapan ini dibutuhkan survei lokasi. Pilih lokasi strategis untuk membangun toko pakan. Pastikan isi toko pakan burung lengkap dan sesuai permintaan. 

Buat toko dengan ukuran menyesuaikan skala jualan. Biasanya pemilik bisnis menyesuaikannya dengan isi toko burung itu sendiri. Hindari membuat toko pakan burung yang terlalu dekat dengan kompetitor lantaran daya saing cukup tinggi.

4. Mengupayakan Supplier dan Distributor Pakan Burung

Supplier dan distributor pakan burung juga dibutuhkan dalam mengupayakan jualan pakan burung. Pastikan supplier dan distributor pakan burung tersebut mampu memenuhi semua permintaan pelanggan. 

Pemilihan supplier dan distributor pakan burung yang benar membuat isi toko pakan burung semakin lengkap. Biasanya pembeli akan mencari toko pakan yang lengkap dan mampu memenuhi berbagai macam kebutuhan individu dalam lingkungan tertentu.

5. Sediakan Berbagai Macam Pakan

Beberapa penjual pakan burung mengutarakan bahwa dalam memulai usaha ini harus mampu mengupayakan berbagai jenis. Kenapa jenis pakan harus beragam? Pasalnya setiap peternak burung memiliki prosedur sendiri dalam memberikan pakan.

Salah satu contoh pakan burung paling populer
Salah satu contoh pakan burung paling populer

Jenis pakan burung meliputi pelet,pur, jangkrik, beras merah, dan masih banyak lagi. Jika pakan berasal dari hewani, Kamu wajib menjalin kerja sama dengan sejumlah peternak bersangkutan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan harga murah. 

6. Promosi dan Penjualan Online

Menurut pengalamanku dalam membeli pakan burung, sebagian penjual ada juga yang memanfaatkan media sosial sebagai promosi. Cara ini sebenarnya bagus dan cukup menguntungkan. Namun, bagi pakan yang berasal dari hewani sangat tidak disarankan.

Jadi bisa dikatakan promosi dan penjualan secara online akan optimal jika pakan burung berupa kemasan. Penjualan online bisa diupayakan dengan memanfaatkan keberadaan sejumlah situs terkemuka seperti lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya. 

Bisnis pakan burung bisa diupayakan dengan menempuh berbagai tips di atas. Pastikan Kamu punya keahlian dalam bidang penjualan agar kedepannya bisnis meningkat. Kembangkan ilmu bisnis dengan memperbanyak membaca salah satunya dari website Kami.  

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar