Bisnis Makin Berkah dengan Menerapkan Usaha Gerabah

 

Produk gerabah dari tanah liat
Produk gerabah dari tanah liat

CariUang - Gerabah adalah kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat ataupun plastik. Gerabah adalah salah satu benda yang banyak digunakan dalam perabotan rumah tangga. Tidak heran lagi jika usaha gerabah banyak ditekuni oleh banyak orang.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Gerabah?

Menurut pengakuan pengrajin gerabah, terdapat beberapa tahapan yang bisa ditempuh untuk memulai usaha ini. Dalam tahapan ini Kamu wajib punya keahlian dalam pembuatan kerajinan tangan. Cara bisnis pembuatan gerabah meliputi hal berikut ini:

1. Menyiapkan Lokasi

Jika kebanyakan usaha membutuhkan modal agar bisa berjalan,bisnis gerabah wajib memiliki lokasi sendiri. Dimana Aku bisa membangun lokasi pembuatan gerabah? Menurutku, Kamu bisa membangun lokasi yang tidak jauh dari rumah. 

Untuk apa lokasi diperlukan? Gerabah adalah kerajinan yang perlu dibakar terlebih dahulu. Tentu tahapan ini membutuhkan lokasi agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Lokasi bisa dibuat dengan cara terbuka agar proses pembuatan mudah. 

2. Libatkan Tenaga Kerja

Bagi Kamu yang ingin bisnis gerabah sekala sedang hingga besar sangat disarankan untuk melibatkan tenaga kerja. Kenapa tenaga kerja kompeten dibutuhkan? Lantaran fungsi gerabah cukup banyak sehingga pengerjaan harus dilakukan maksimal. 

Pastikan tenaga kerja tersebut memiliki keahlian di bidang pembuatan gerabah. Dengan mengupayakan tenaga kerja kompeten fungsi gerabah akan sesuai harapan. Jika usaha masih kecil Kamu bisa mengerjakannya gerabah secara sendirian. 

3. Mencari Tanah Berkualitas

Dalam pembuatan gerabah dibutuhkan bahan dasar berupa tanah liat. Apa semua jenis tanah bisa digunakan untuk membuat gerabah? Tidak, hanya beberapa tanah liat yang bisa digunakan membuat gerabah. Tanah harus diupayakan agar produksi lancar. 

Tahapan ini juga sangat penting untuk diupayakan lantaran mempengaruhi fungsi gerabah. Pastikan kerajinan gerabah dibuat dari tanah liat yang terbukti kualitasnya. Gimana tanda tanah berkualitas? Tidak banyak batuan dan ketika dibentuk mudah. 

4. Tentukan Jenis Gerabah

Contoh gerabah sangat banyak mulai dari kendi, guci, cobek dan masih banyak lagi. Kamu bisa menentukan jenis gerabah yang akan dijadikan sebagai usaha. Menurut pengalamanku dalam mengamati bisnis ini, biasanya pemilik usaha pilih produksi semua. 

Dengan menerapkan semua contoh gerabah besar potensi bisnis Kamu menjangkau banyak pembeli. Biasanya dalam menjual berbagai contoh gerabah pemilik bisnis kerap mengikuti pameran atau bazar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan gerabah

5. Menggunakan Teknik Pembuatan Gerabah

Setelah mengetahui apa saja gerabah yang akan diproduksi, Kamu bisa menerapkan teknik tertentu. Apa saja teknik dalam usaha gerabah? Teknik pilin, putar, cetak tekan dan masih banyak lagi. Kenapa pembuatan gerabah harus menggunakan teknik?

Teknik pembuatan gerabah
Teknik pembuatan gerabah


Menurut pendapat sejumlah pengrajin, teknik mempengaruhi hasil sehingga harus diterapkan. Apakah teknik pembuatan gerabah bisa dipelajari secara otodidak? Teknik bisa dipelajari secara otodidak atau ikut kursus sehingga keahlian bisa meningkat. 

6. Penjualan Hasil Produksi

Sejumlah pengusaha gerabah kerap menjual hasil produksi di pasar atau membuka lapak sendiri. Agar penjualan efektif Kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai ladang promosi. Apakah tidak bisa berjualan gerabah menggunakan media online?

Berjualan produk gerabah secara online umumnya sangat diperbolehkan. Hanya saja dengan cara ini Kamu harus mengoptimalkan pengemasan produk hingga aman sampai ke tangan pembeli. Kamu bisa mengemas memakai lapisan koran dan kardus. 

Usaha gerabah akan optimal jika semua tahapan berhasil Kamu tempuh dengan baik. Kamu wajib punya keahlian di bidang kerajinan dan penjualan. Keduanya bisa maksimal jika keahlian bisnis meningkat. Hal ini bisa diupayakan dengan baca artikel di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar