Trik Jual Ikan Segar Laris Manis Anti Rugi Sedikitpun

 

Ragam jenis ikan segar yang bisa dijadikan ide jualan
Ragam jenis ikan segar yang bisa dijadikan ide jualan

CariUang - Jual ikan segar merupakan salah satu jenis usaha yang telah terbukti memberikan keuntungan besar jika strategi tepat sasaran. Jualan ikan segar di pasar menjadi salah satu bentuk penerapan usaha dengan dagangan sumber hewani ini.

Table of Contents
 

Cara Jual Ikan Segar anti Rugi

Terdapat beberapa cara yang bisa Kamu terapkan sebagai alternatif strategi penjualan ikan segar. Tidak sedikit pedagang menggunakan cara jual ikan segar online dengan harapan mendapatkan keuntungan. Berikut trik penjualan Ikan segar paling tepat:

1. Memperhitungkan Modal

Tahap pertama yang bisa Kamu terapkan untuk menjual ikan yakni memperhitungkan modal. Sejumlah pedagang ikan menjelaskan modal meliputi sewa tempat hingga mencari pemasok. Usahakan cari supplier ikan segar dari tangan pertama. 

Menurut pendapat dari pedagang ikan segar, mereka mencari pemasok dari petani langsung. Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha penjualan ikan segar? Kamu harus mengeluarkan modal sekitar 7-8 juta untuk bisa jualan ikan segar. 

2. Menentukan Jenis Ikan yang dijual

Setelah modal dipersiapkan Kamu bisa langsung membeli ikan segar untuk jualan. Berpedoman pada jualan ikan segar di pasar rata-rata pedagang memilih jenis sesuai dengan permintaan pembeli paling banyak. Diperlukan keahlian riset pasar dalam tahap ini. 

Apa saja jenis ikan segar paling diminati? Menurut pendapat sejumlah oembeli, ikan paling diminati meliputi nila, lele, gurame, bandeng, patin, dan masih banyak lagi. Tidak sedikit pedagang ikan yang jualan ikan segar di pasar menyediakan udang hingga belut. 

3. Sediakan Tempat Jualan

Cara jual ikan segar online mungkin bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pendapatan dari usaha. Beberapa pedagang ikan segar memilih penjualan secara online,membuka lapak, jalin kerja sama dengan restoran, hingga jualan di pasar. 

Penjualan ikan segar di pasar
Penjualan ikan segar di pasar


Jika Kamu memilih cara jual ikan segar online pastikan daya tahan ikan tersebut lama. Gunakan pengiriman satu hari sampai dengan pengemasan aman sehingga tidak mengecewakan pembeli. Namun, biasanya penjualan ikan segar online berlaku jarak dekat. 

4. Tentukan Harga Bersahabat

Menurut pengalaman pedangang , strategi penjualan ikan segar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya harga. Kamu bisa menentukan harga bersahabat. Menurut pengalamanku pribadi, tahapan ini bisa ditempuh dengan riset kompetitor. 

Dengan mengetahui harga dari kompetitor Kamu bisa mematok tarif penjualan yang tidak terlalu murah dan mahal. Pertimbangkan beberapa indikator mulai dari modal, penyimpanan, hingga pajak untuk menentukan harga jual. 

5. Promosi

Menurut sejumlah pedagang, penjualan ikan segar juga membutuhkan promosi. Promosi jual ikan segar bisa memanfaatkan sejumlah sosial media hingga marketplace. Beberapa orang menggunakan sosial media seperti Facebook dan WhatsApp. 

Kenapa sosial media yang digunakan untuk promosi ikan segar Facebook? Hal ini lantaran biasanya orang yang berinteraksi di Facebook berdasarkan teman terdekat. Gunakan keahlian promosi sebagai strategi penjualan ikan segar. 

FAQ

Bagaimana cara agar penjualan ikan segar selalu mengalami peningkatan?

Kamu bisa menjalin kerja sama dengan restoran atau warung makan yang membutuhkan bahan baku berupa Ikan segar. 

Berapa lama ikan segar bisa bertahan?

Tanpa penyimpanan yang benar ikan segar hanya bisa tahan 1 hari. Namun jika penyimpanan tepat seperti di freezer maka bisa bertahan hingga berbulan-bulan. 

Apakah bisa ikan dijual di supermarket?

Bisa, namun Kamu harus mengutamakan packing menarik sehingga daya jual tinggi.

Jual ikan segar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menjual ikan segar secara keliling, buka lapak, hingga menjalin kerja sama dengan pemilik usaha makanan. Pelajari trik marketing dengan membaca artikel di website Kami untuk meningkatkan penjualan. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar