Trik Jual Bibit Tanaman agar Selalu Untung dan Laku Keras

 

Lapak jual bibit tanaman
Lapak jual bibit tanaman

CariUang - Jual Bibit tanaman banyak ditempuh oleh sejumlah petani di tengah mahalnya harga pupuk. Dengan menekuni bisnis ini Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan ganda terlebih jika bibit tanaman laku keras di pasaran. 

Bagaimana Cara agar Jual Bibit Tanaman Laku Keras?

Rata-rata penjualan bibit tanaman dilakukan dengan membuka toko atau lapak sendiri. Toko bibit tanaman hendaknya bersifat terbuka sehingga pertumbuhan tidak terhambat. Berikut ini sejumlah trik yang bisa Kamu terapkan penjualan cepat laku:

1. Modal

Menurut sejumlah petani dalam memulai usaha jualan bibit tanaman diperlukan modal. Bagi Kamu yang masih pemula modal bisa didapatkan dengan memungut bibit kemudian dikawinkan secara silang untuk menghasilkan bibit berkualitas. 

Berapa modal yang diperlukan untuk membuat usaha di bidang penjualan bibit tanaman? Menurut pengalaman sejumlah petani, modal yang diperlukan untuk memulai usaha penjualan bibit tanaman sekitar 7-15 juta.

2. Membuat Toko atau Lokasi

Setelah modal dimiliki Kamu perlu menyiapkan lokasi penjualan bibit taman. Toko bibit tanaman sebenarnya bisa dibuat dekat atau gandeng rumah. Hal ini memudahkan Kamu untuk mengupayakan penjualan sehingga tidak perlu karyawan tambahan. 

Namun toko bibit tanaman dekat rumah diperuntukkan bagi mereka yang lokasinya strategis. Jika lokasi tidak strategis maka Kamu harus mencari tempat potensial. Baiknya toko bibit tanaman bersifat terbuka atau outdoor agar pertumbuhan maksimal. 

3. Cari Supplier

Dalam memulai bisnis penjualan bibit tanaman diperlukan supplier terbaik. Bagaimana cara mencari supplier bibit tanaman? Mencari supplier bibit tanaman dapat diupayakan melalui kerja sama dengan petani yang telah ahli atau berpengalaman di bidangnya. 

Gunakan keahlian dalam riset pasar untuk mengetahui harga supplier secara umum. Cara ini membantu Kamu untuk mendapatkan harga murah dari tangan pertama sehingga keuntungan ganda. Cari supplier bibit tanaman yang sediakan banyak jenis. 

4. Pilih Jenis Paling Laris

Menurut pendapat sejumlah petani, untuk meningkatkan penjualan dan minat masyarakat diperlukan pemilihan jenis tanaman paling potensial. Tahapan ini bisa diupayakan jika Kamu mempunyai keahlian dalam riset pasar. 

Beberapa jenis bibit tanaman yang paling banyak dicari biasanya buah-buahan hingga tumbuhan hias. Bibit tanaman mulai dari durian, manggis, alpukat, cengkih dan masih banyak lagi. Utamakan request pelanggan agar penjualan selalu meningkat. 

5. Upayakan Perawat

Menurut pengamatanku dalam melihat penjual bibit tanaman, rata-rata mereka melakukan perawatan agar pertumbuhan maksimal. Perawatan dilakukan dengan cara mencabut rumput yang tumbuh di sekitar pot atau polibag tanaman. 

Pemberian pupuk termasuk perawatan bibit tanaman
Pemberian pupuk termasuk perawatan bibit tanaman

Tidak hanya itu saja jual bibit tanaman akan optimal jika Kamu mengupayakan pemupukan. Sebaiknya pemupukan dilakukan setiap 1 bulan sekali agar pertumbuhan optimal. Pemupukan sebaiknya dilakukan dengan memanfaatkan kompos.

6. Penjualan

Kemajuan zaman membuat Kamu bisa jual bibit tanaman online. Bagaimana cara jual bibit tanaman online? Kamu tinggal memanfaatkan sejumlah situs e-commerce hingga sosial media untuk meningkatkan penjualan. 

Lakukan kerja sama dengan jasa pengiriman untuk meningkatkan strategi jual bibit tanaman online. Upayakan mengecek bibit tanaman terlebih dahulu sebelum dikirim sehingga nantinya tidak mengecewakan pelanggan setia. 

Jual bibit tanaman memang cukup menguntungkan lantaran bibit bisa didapatkan dari memungut berupa biji ( jika buah). Kamu juga bisa mengembang teknik budidaya dengan cara cangkok dan stek untuk meningkatkan penjualan. Pelajari cara bisnis lain dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar