Tips Sukses Bisnis Bawang Goreng yang Bisa Hasilkan Omset Ratusan Juta

 

Pengemasan usaha bawang goreng
Pengemasan usaha bawang goreng

CariUang - Bisnis bawang goreng banyak dijadikan sebagai pekerjaan sampingan oleh sejumlah ibu rumah tangga. Hal ini lantaran keuntungan berbisnis bawang goreng cukup besar. Terlebih jika produk tersebut telah memiliki ruang di hati banyak orang. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Bawang Goreng?

Terdapat tips sukses berbisnis bawang goreng yang bisa Kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum memulai bisnis ini, Kamu harus memiliki perencanaan yang jelas. Berikut ini tips sukses berbisnis bawang goreng yang bisa Kamu terapkan:

1. Siapkan Modal

Menurut pengakuan dari pelaku usaha di bidang penjualan bawang merah, tahapan pertama yang harus Kamu sediakan yaitu menyiapkan modal. Analisis modal tersebut dapat dilakukan dengan menghitung secara terperinci sehingga keuangan jelas. 

Modal yang dipersiapkan harus berupa uang dan keahlian dalam bidang usaha kuliner. Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini? Modal yang diperlukan untuk membuka usaha di bidang pembuatan bawang goreng sekitar 7 - 15 juta rupiah. 

2. Cari Supplier Terbaik

Keuntungan berbisnis bawang goreng bisa dirasakan dengan jelas jika Kamu pandai mencari supplier. Cari supplier yang mampu menawarkan harga terjangkau dengan kualitas bawang merah unggul sehingga hasil produk memenuhi permintaan pembeli.

Contoh bawang merah berkualitas tinggi
Contoh bawang merah berkualitas tingg


Beberapa pelaku usaha menjelaskan bahwa untuk mencari supplier terbaik diperlukan riset terlebih dahulu. Pilih supplier yang sekiranya menawarkan bawang merah dengan ukuran besar dan fisik sempurna sehingga hasil produksi menguntungkan.

3. Pakai Alat Pemotong

Dalam memulai usaha pembuatan bawang goreng diperlukan alat pemotong. Kenapa tidak dilakukan dengan manual? Jika dilakukan secara manual maka produksi akan memakan waktu cukup panjang dan membuat mata Kamu terasa pedih. 

Menurut pengalamanku pribadi, memakai mesin pemotong pada bawang membuat ukuran sama sehingga matang merata. Terlebih bawang merah memiliki cairan yang bisa memicu mata pedih hingga iritasi jika pemotongan dilakukan secara manual. 

4. Goreng dengan Minyak Berkualitas

Tips sukses berbisnis bawang goreng selanjutnya yaitu menggunakan minyak berkualitas selama masa produksi. Pengguna minyak memang berpengaruh pada produksi sehingga harus diupayakan. Hindari membeli minyak curah lantaran lebih boros. 

Tuangkan minyak secara berkala agar nantinya warna bawang tetap cantik. Menurut pengalamanku, menggoreng bawang goreng baiknya dilakukan dengan minyak banyak. Hal ini mempersingkat waktu untuk menggoreng sehingga produksi cepat dilakukan. 

5. Perhatikan Kemasan

Keuntungan berbisnis bawang goreng akan maksimal jika kemasan Kamu perhatikan. Kemasan menjadi strategi pemasaran bisnis bawang goreng cukup berpengaruh.Hal ini telah diupayakan oleh ibu kandung Fuji Utami dalam menjalankan usaha bisnis bawang. 

Bagaimana agar kemasan bawang goreng menarik? Kamu bisa mencantumkan logo atau brand pada kemasan. Kemasan apa yang menarik? Menurut sejumlah pembeli, kemasan bawang goreng yang menarik berasal dari plastik dan toples yang rapat.

6. Promosi

Sama halnya dengan bidang usaha lain, Kamu yang melakukan produksi bawang merah juga disarankan untuk melakukan promosi. Untuk apa promosi dilakukan? Promosi perlu dilakukan dengan tujuan agar produk bawang goreng dikenal oleh banyak orang.

Sesekali gunakan fitur live pada sosial media seperti Tik Tok dan Instagram untuk meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran bisnis bawang goreng ini terbukti menguntungkan. Hal ini membuat Kamu tidak boleh melewatkan tahapan promosi.

Dengan menerapkan tips bisnis bawang goreng tersebut Kamu berpotensi meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Terapkan juga strategi pemasaran bisnis bawang goreng agar penjualan meningkat. Pelajari trik tersebut dengan baca artikel di website Kami.  

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar