Tahapan Industri Batu Bata Merah Modal Rendah Untung Berlimpah

 

Hasil industri batu bata merah
Hasil industri batu bata merah 

CariUang - Industri batu bara merah dapat dijadikan sebagai salah satu usaha yang menjanjikan bagi masyarakat desa. Pasalnya usaha batu bata hanya membutuhkan modal ringan sehingga keuntungan yang didapatkan bisa berlipat ganda.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Industri Batu Bata Merah?

Menurut sejumlah pengrajin, usaha batu bata bisa optimal jika dilakukan saat musim kemarau. Pasalnya jika kebanyakan air usaha batu bata cenderung di ambang kebangkrutan. Berikut ini tahapan memulai bisnis batu bata merah:

1. Mempersiapkan Modal

Walaupun modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, Kamu harus punya keahlian dalam menghitung pengeluaran untuk menjalankan industri. Untuk apa modal harus dipersiapkan? Modal digunakan untuk membeli cetakan, dan biaya pembakaran. 

Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai industri ini? Menurut sejumlah pengrajin batu bata merah, modal yang perlu Kamu siapkan untuk memulai industri ini berkisar 4-7 juta rupiah. Modal tersebut mencangkup peralatan dan biaya operasional. 

2. Pembuatan Kolam untuk Menghaluskan Tanah Liat

Manfaat batu bata yang besar membuat proses produksinya harus selektif. Dalam tahapan pembuatan batu bata diperlukan bahan dasar berupa tanah liat yang sudah dihaluskan. Hal ini bertujuan untuk mengupayakan agar manfaat batu bata optimal. 

Penghalusan tanah liat biasanya dilakukan dengan membuat kolam kemudian diinjak menggunakan kaki. Buat kolam dengan menggali tanah kemudian isi dengan air dan tanah liat. Pastikan tidak memenuhi kolam agar proses penghalusan lancar. 

3. Persiapan Lahan Pencetakan

Dalam proses pembuatan batu bata, sejumlah pengrajin akan mempersiapkan lahan sembari menunggu kebutuhan air tercukupi. Lahan dibuat secara terbuka agar mendapat pencahayaan dari matahari secara langsung. 

Menurut sejumlah pengrajin, proses pembuatan batu bata akan optimal jika tidak diganggu oleh ayam atau hewan lainnya. Jadi pastikan lahan untuk percetakan batu bata merah jauh dari jangkauan hewan-hewan tersebut. 

4. Haluskan Tanah

Dalam proses pembuatan batu bata tanah harus halus. Menghaluskan tanah bisa dilakukan dengan menginjak hingga kalis. Pastikan kolam yang diisi tanah terhindar dari pecahan kaca, paku dan bahan berbahaya lainnya. 

Tanah liat pasca dihaluskan
Tanah liat pasca dihaluskan


Apa fungsi menghapus tanah? Menurut sejumlah petani, menghaluskan tanah liat berfungsi agar hasil batu bata optimal. Industri batu bata merah akan optimal jika tahapan ini terselesaikan dengan baik. 

5. Tahapan Cetakan dan Pengeringan

Manfaat batu bata semakin besar sehingga tahap percetakan harus diutamakan. Percetakan bisa dilakukan pada lahan yang telah disiapkan. Diperlukan keahlian dalam pengelolaan tanah liat agar proses industri berjalan lancar. 

Setelah semua batu bata berhasil dicetak, Kamu harus menempuh tahapan pengering. Pengeringan dalam industri ini 100% mengandalkan matahari. Hal inilah yang membuat industri banyak dijalankan saat musim kemarau berlangsung. 

6. Pembakaran

Jika batu bata merah dirasa sudah kering maka tahapan berikutnya yaitu membakar. Proses ini dibutuhkan ketelatenan sehingga batu bata merah benar-benar matang. Gunakan kayu bakar yang banyak agar proses pembakaran berjalan cepat. 

Sejumlah petani menjelaskan bahwa dalam tahapan ini dibutuhkan kesabaran. Berapa lama batu bata bisa matang? Menurut pengakuan sejumlah pengrajin, batu bata merah akan matang dalam kurun waktu 3-4 hari. 

Industri batu bata merah akan optimal jika semua tahapan terpenuhi dengan baik. Pastikan tidak ada semua tahapan yang terlewatkan sehingga produksi lancar. Pelajari trik industri lain dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar