Prospek Kerja Jurusan Farmasi yang Wajib diketahui

 

Jurusan farmasi tidak jauh dengan peracikan obat
Jurusan farmasi tidak jauh dengan peracikan obat

CariUang - Lulusan farmasi nganggur dipengaruhi oleh sejumlah faktor mulai dari sempitnya lapangan pekerjaan hingga kurangnya keahlian dalam bidang tersebut sehingga kalah saing. Padahal prospek kerja jurusan farmasi cukup luas.

Table of Contents
 

Apa saja Lingkup Kerja Jurusan Farmasi?

Universitas jurusan farmasi biasanya memberikan bekal terkait dengan bidang tersebut secara terperinci. Berbeda dengan SMK farmasi, tingkatan tersebut biasanya hanya memberikan bekal secara garis umum. Berikut lingkup kerja lulusan farmasi:

1. Apoteker

Petugas apoteker menjadi bidang kerja yang bisa ditempuh jurusan farmasi
Petugas apoteker menjadi bidang kerja yang bisa ditempuh jurusan farmasi

Sejumlah lulusan farmasi nganggur disarankan untuk mencoba bidang kerja berupa apoteker. Apa tugas seorang apoteker? Tugas apoteker adalah meracik, menyiapkan dan menginformasikan obat tertentu kepada pasien sesuai resep dokter. 

Sejumlah universitas farmasi menyarankan bidang ini kepada lulusannya lantaran gajinya cukup menggiurkan. Berapa gaji farmasi sebagai apoteker? Menurut pendapat dari salah seorang petugas apoteker gaji farmasi di pekerjaan tersebut mulai dari 2-7 juta.

2. Tenaga Kerja Industri Farmasi

Menurut pendapat lulusan farmasi menjelaskan, salah satu bidang kerja yang bisa ditekuni yakni terjun langsung ke lapangan industri. Biasanya ahli farmasi tersebut akan ditempatkan pada bagian research and development. 

Tidak hanya mengupayakan obat-obatan, beberapa tenaga kerja di industri farmasi juga bisa masuk ranah pengembangan produk kosmetik seperti skincare. Apakah pekerjaan ini membutuhkan ilmu tambahan? Kamu hanya perlu mengikuti teori dan praktik selama kuliah. 

3. Product Developer

Sejumlah universitas farmasi kerap membekali mahasiswanya sejumlah ilmu terkait perancangan produk tertentu. Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu bekal untuk terjun langsung ke perusahaan yang akan melakukan perancang produk kosmetik. 

Gaji farmasi di bidang ini cukup menjanjikan. Berapa gaji yang ditawarkan oleh pekerja di bidang product developer? Gaji yang ditawarkan mulai dari 3-7 juta per bulan. Namun setiap perusahaan biasanya turut memberikan bonus tambahan. 

4. Tenaga Pendidik atau Guru

Lulusan farmasi nganggur bisa juga bekerja sebagai tenaga pendidik atau guru. Tentu dalam menekuni bidang ini Kamu harus punya keahlian mengajar. Saat ini banyak sekolah swasta di bidang farmasi dan kesehatan yang butuh gaji honorer. 

Sangat disayangkan tidak semua sekolah farmasi berani memberikan gaji tinggi. Menurut tenaga pendidik di bidang farmasi, jika ingin jenjang karir seperti jadi dosen maka harus menempuh pendidikan lebih tinggi di bidang bersangkutan. 

5. Peneliti

Universitas farmasi juga menyarankan lulusan farmasi nganggur untuk mencoba bidang kerja sebagai peneliti. Menurut pengalamanku dalam mengamati bidang kerja ini, diperlukan keahlian dalam pengumpulan data, analisis, hingga mengetahui SOP. 

Gaji farmasi di bidang penelitian cukup menggiurkan. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 6-7 juta rupiah per bulan. Dalam menjalani bidang kerja ini Kamu akan terlibat dalam sejumlah pihak mulai dari doktor hingga profesor. 

6. Petugas Regulator

Bagi Kamu yang memiliki keahlian dalam bidang pengawas sangat disarankan untuk mencoba pekerjaan sebagai regulator. Dalam pekerjaan ini Kamu harus melakukan analisis dan memastikan bahwa produk obat sudah sesuai BPOM dan mematuhi SOP. 

Dimana tempat bekerja seorang petugas regulator? Seorang petugas regulator akan bekerja di badan BPOM hingga perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk. Tidak hanya itu saja, Kamu harus melakukan audit sesuai prosedur berlaku. 

Prospek jurusan farmasi sebenarnya cukup luas. Namun, Kamu harus memiliki beberapa skill tambahan agar mudah diterima di tempat kerja. Dengan begitu Kamu tidak kalah saing. Pelajari skill dan trik bekerja dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar