Panduan Usaha Jualan Ayam Potong Segar dan Berkualitas

Daging berkualitas dari usaha jualan ayam potong
Daging berkualitas dari usaha jualan ayam potong

CariUang - Bisnis ayam potong bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang bisa Kamu jadikan untuk menambah penghasilan. Usaha jualan ayam potong memang cukup potensial lantaran bisa diterapkan oleh sejumlah kalangan masyarakat. 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Jualan Ayam Potong?

Usaha daging ayam potong diperlukan perencanaan yang matang. Menurut pelaku usaha yang telah menekuni bidang ini, mereka rata-rata sudah berbaur dengan sejumlah teknologi terkini. Berikut ini cara memulai bisnis ayam potong agar untung besar:

1. Pahami Pasar Ayam Potong

Dalam memulai usaha penjualan daging ayam potong Kamu harus memahami pasar. Memahami pasar ayam potong bisa dilakukan dengan mengamati permintaan dari pelanggan setia hingga melihat kompetitor dalam mengupayakan penjualan. 

Pastikan juga melihat potensi bagian ayam yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Menurut pengakuan sejumlah pembeli, bagian ayam potong paling banyak dicari yakni paha dan kepala. Oleh sebab itu Kamu bisa mengupayakan bagian tersebut.

2. Tentukan Jenis Ayam Paling Banyak dicari

Dalam melakukan usaha daging ayam potong tentu Kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam jenis. Pilih jenis ayam paling banyak dicari oleh masyarakat untuk memenuhi permintaan pasar sehingga hal ini memudahkan penjualan daging. 

Untuk mengetahui jenis ayam paling banyak dicari, Kamu bisa memanfaatkan keahlian riset pasar. Menurut pendapat beberapa pelaku usaha daging ayam potong, jenis yang paling disukai berasal dari ayam ras, broiler, hingga kampung. 

3. Mencari Ayam Berkualitas

Agar bisnis ayam potong dapat diupayakan, Kamu harus mencari pemasok amanah. Cari supplier ayam potong berkualitas agar penjualan memberikan keuntungan besar. Supplier berkualitas bisa dicari melalui peternakan ayam pedaging yang berpengalaman.

Ayam berkualitas untuk kebutuhan  jualan daging
Ayam berkualitas untuk kebutuhan jualan daging

Pilih ayam untuk pemotongan yang telah terbukti berkualitas dan kesehatan terjamin. Hal ini bertujuan agar tidak mengecewakan pelanggan setia. Tidak sedikit pemilik usaha daging ayam potong memilih ternak sendiri untuk mengetahui kualitas. 

4. Pemakaian Peralatan 

Menurut pengalamanku pribadi dalam melihat usaha jualan ayam potong, jika skala sudah besar mereka tidak akan mengerjakan secara manual. Rata-rata mereka menggunakan mesin untuk mencabut bulu pada ayam hingga bersih dan cepat. 

Namun, pelaku usaha banyak yang mengeluhkan bahwa pemakaian peralatan pencabut bulu ayam menakan daya listrik cukup tinggi. Jadi peralatan atau mesin tersebut cocok jika digunakan untuk usaha daging ayam skala besar.

5. Penjualan

Dalam bisnis ayam potong tentu bisa menghasilkan uang jika Kamu menempuh alternatif penjualan. Penjualan ayam potong bisa dilakukan dengan membuka lapak di depan rumah, menjadi supplier rumah makan, hingga berjualan di pasar. 

Tidak hanya itu saja , penjualan ayam potong bisa juga Kamu titipkan ke tempat penjualan sayur. Dalam melakukan penjualan daging ayam diperlukan kemampuan marketing tinggi sehingga tidak kalah saing dengan pedagang lainnya. 

FAQ

Berapa modal yang diperlukan untuk membangun bisnis daging ayam potong?

Modal yang diperlukan bervariatif tergantung dengan perencanaan skala usaha. Kamu bisa menyiapkan modal mulai dari 10 - 25 juta untuk memulai usaha ini. 

Bagaimana agar penjualan daging ayam unik dan bernilai mahal?

Agar penjualan daging ayam unik, Kamu bisa mengemas produk seperti layanan supermarket. Selain unik cara ini mampu meningkatkan nilai harga daging ayam potong. 

Dengan mengikuti sejumlah panduan tersebut, Kamu bisa memulai usaha jualan daging ayam potong. Usahakan kualitas ayam agar kedepannya penjualan memberikan keuntungan dan manfaat bagi banyak orang. Kamu juga bisa baca cara budidaya ayam pedaging di artikel website e untuk mengupayakan kebutuhan daging potong unggulan.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar