Trik Budidaya Ayam Petelur Minim Resiko dan Potensi Untung Tinggi

 

Budidaya ayam petelur akan berhasil dilakukan jika tahapan pemeliharaan tepat
Budidaya ayam petelur akan berhasil dilakukan jika tahapan pemeliharaan tepat


CariUang - Budidaya ayam petelur merupakan salah satu usaha yang tergolong cukup susah-susah gampang. Pasalnya dalam usaha ini Kamu harus punya rancangan Strategi khusus. Menurutku pribadi budidaya telur lebih susah dan modal besar. 

Tahapan Budidaya Ayam Petelur yang Tidak Boleh Terlewatkan

Untuk memulai bisnis ayam petelur Kamu harus memiliki rancangan yang cukup matang. Untuk apa rancangan tersebut dibuat? Rancangan usaha sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi bisnis. Berikut tahapan pengembangan ayam petelur:

1. Pilih Lokasi Kandang yang Sesuai

Langkah pertama agar budidaya ayam untuk kebutuhan petelur berhasil yakni memilih lokasi kandang sesuai.pastikan lokasi tersebut sedikit jauh dari permukiman warga sekitar. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu aktivitas dari masyarakat sekitar. 

Pengalamanku yang pernah tinggal tidak jauh dari lokasi ternak ayam petelur yakni pencemaran lingkungan dan udara merajalela. Tidak hanya itu saja, pengusaha ayam petelur mengungkapkan budidaya di tempat ramai membuat hewan rentan stress. 

2. Pemaksimalan Lahan

Dalam membudidayakan ayam petelur Kamu juga perlu mempersiapkan lahan. Lahan tersebut harus menyesuaikan dengan jumlah ayam yang akan dibudidayakan. Kamu bisa pakai kandang dengan sistem koloni yang mana ukuran sudah tidak terbatas. 

Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa memaksimalkan kandang budidaya ayam jenis petelur secara baterai. Alternatif ini biasanya ditumpuk sehingga cukup hemat ruang. Usahakan selalu mengecek kondisi kandang agar budidaya berjalan dengan lancar. 

3.Pilih Ayam Berkualitas

Tahapan yang paling penting dalam proses budidaya dan seringkali dilewatkan oleh orang-orang yaitu pemilihan bibit berkualitas. Biasanya sejumlah pengusaha ayam petelur memilih bibit yang berasal dari tangan pertama peternak. 

Hal ini bertujuan agar hasil budidaya memberikan manfaat besar dan harga pembelian dari pihak pertama jauh lebih murah. Pilih bibit yang memiliki bobot sedikit besar, pergerakan lincah sehingga nantinya ayam petelur tidak mudah sakit dan mati. 

4. Upayakan Makanan Bernutrisi 

Tau nggak sih kalau ayam juga butuh nutrisi? Jadi ayam petelur yang akan dibudidayakan memerlukan makanan bernutrisi. Pemenuhan nutrisi yang seimbang membuat telur yang dihasilkan oleh ayam cenderung lebih banyak dan berkualitas.

Pemberian nutrisi bisa dilakukan dengan pemenuhan pakan seimbang. Hindari memberikan makanan yang berasal dari pabrik. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami atau organik untuk menghasilkan telur ayam yang bergizi dan bernutrisi. 

5. Berikan Vaksin

Sejumlah pengusaha dalam budidaya ayam petelur juga kerap melakukan vaksinasi terhadap ayam petelur. Tujuan utama melakukan vaksinasi yakni mencegah penularan penyakit dan deteksi dini terhadap adanya penyerangan bakteri. 

Cara ini membantu Kamu untuk mengurangi resiko gagal panen pada telur yang dibudidayakan. Dengan begitu besar kemungkinan budidaya ayam untuk kebutuhan petelur yang dijalankan mendapatkan untung banyak. 

FAQ

Berapa Modal yang diperlukan untuk Budidaya Ayam Petelur?

Modal yang diperlukan untuk mengembangkan ayam petelur cukup besar. Kamu setidaknya harus merogoh kantong kocek sekitar 80-100 juta. 

Bagaimana Cara Mengenali Bibit Ayam Petelur yang Sakit?

Bibit ayam petelur yang sakit umumnya memiliki pergerakan lambat dan warna sedikit memutih. 

Kapan Vaksinasi Terhadap Ayam Petelur dilakukan?

Vaksinasi ayam petelur perlu dilakukan setidaknya 1 bulan sekali atau saat wabah mulai menyebar. 

Menurut pengusaha budidaya ayam petelur, setiap individu juga wajib melakukan evaluasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan selama menjalankan usaha setiap bulannya. Pelajari cara cari uang lain dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar