Panduan Budidaya Jahe Merah yang Janjikan Untung Berlimpah

 

Hasil panen budidaya jahe merah
Hasil panen budidaya jahe merah

CariUang - Budidaya jahe merah dapat dijadikan sebagai salah satu ide pertanian yang menguntungkan. Pasalnya manfaat jahe merah cukup besar sehingga kerap dicari banyak orang. Menurut pendapat sejumlah petani, permintaan jahe merah naik saat hujan.  

Bagaimana Cara Budidaya Jahe Merah yang Benar?

Sejumlah petani beranggapan cara menanam jahe merah sebenarnya cukup mudah. Budidaya tanaman satu ini diklaim mudah lantaran pertumbuhan cukup cepat. Berikut ini panduan lengkap budidaya tanaman jahe merah yang bisa Kamu terapkan:

1. Persiapan Lahan

Sama halnya dengan budidaya tanaman kebanyakan, lahan menjadi indikator utama yang mempengaruhi keberhasilan proses tanam. Oleh sebab itu Kamu harus mengupayakan lahan budidaya dengan optimal sehingga pertumbuhan maksimal.

Table of Contents
 

Persiapan lahan dan pemupukan tahap 1 budiaya jahe merah
Persiapan lahan dan pemupukan tahap 1 budiaya jahe merah


Dalam mengupayakan lahan untuk budidaya terhadap beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa petani menjadikan pupuk kompos sebagai alternatif untuk mencegah penguapan lahan. Kamu hanya tinggal campur kompos dengan tanah. 

2. Pencarian Bibit Berkualitas

Bibit jahe merah hendaknya dicari yang berkualitas agar hasil budidaya memberikan hasil memuaskan. Bagaimana cara mencari bibit jahe merah berkualitas? Menurut pengalamanku pribadi, jahe merah berkualitas punya ukuran besar dan tidak cacat. 

Dimana bibit jahe merah bisa didapatkan? Beberapa petani pemula menjelaskan pencarian bibit dapat diupayakan pada petani berpengalaman atau supplier terbaik. Kamu harus punya keahlian dalam riset pasar untuk mengetahui supplier terbaik. 

3. Proses Tanam

Cara menanam jahe merah tergantung dengan tahapan satu ini. Bagaimana cara menanam jahe merah yang benar? Kamu harus mempersiapkan lubang sedalam 5 cm untuk meletakkan bibit jahe yang tadi sudah dicari. Pastikan posisi bibit jahe benar. 

Posisi jahe merah yang benar yakni bagian halus di bawah dan kasar di atas. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan akar berjalan dengan cepat. Kamu juga perlu memiliki keahlian peluang dalam mengatur jarak tanaman sehingga tidak terlalu dekat. 

4. Perawatan

Banyaknya manfaat jahe merah dalam kehidupan membuat Kamu harus mampu mengupayakan perawatan selama budidaya. Sejumlah petani menjelaskan bahwa untuk perawatan cukup mudah lantaran tanaman jahe merah sendiri tergolong cepat tumbuh. 

Perawatan dapat diupayakan dengan membersihkan gulma pada area budidaya, membuat jaring agar tidak diserbu ayam, hingga pemberian pupuk. Pastikan untuk tidak memberikan pupuk pestisida terlalu banyak lantaran bisa memberikan dampak buruk.

5. Proses Panen

Dalam proses budidaya jahe merah tahapan yang paling dinantikan yaitu panen. Perhatikan proses panen agar tidak merusak umbi jahe merah. Pasalnya umbi itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai bibit budidaya selanjutnya. 

Biasanya pencabutan atau proses panen dilakukan sekaligus dengan akar dan tanah. Setelah jahe berhasil diangkat Kamu harus mencuci hingga bersih. Kamu harus mampu menyimpan hasil panen ke tempat kering dan teduh sehingga hasil tetap memuaskan. 

FAQ

Berapa lama jahe merah bisa dipanen?

Jahe merah bisa dipanen jika telah memasuki usia 5-8 bulan pasca proses tanam. 

Kenapa tanaman jahe layu?

Hal ini lantaran tanaman terkena sinar matahari terlalu berlebihan. 

Kapan waktu budidaya yang tepat?

Menjelang musim kemarau sehingga Kamu harus melakukan penyiraman sekitar 3/4 hari sekali.

Apa manfaat jahe merah bagi kehidupan?

Jahe merah dapat dijadikan sebagai alternatif menghangatkan tubuh, bahan wedang jahe, obat batuk dan lain-lain. 

Cara budidaya jahe merah tersebut bisa diterapkan oleh petani pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Pastikan untuk mengikuti setiap prosedur agar proses budidaya memberikan hasil terbaik. Pelajari trik budidaya lain dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar