Nge-play Berkali-kali Tidak dapat Panggilan? Yuk Cek Cara Pembuatan Surat Lamaran Kerja yang Benar

Orang antri melamar kerja
Orang antri melamar kerja 

CariUang- Sebagian orang pasti pernah mengalami melamar kerja berkali-kali tapi tidak mendapatkan panggilan dari pihak perusahaan. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja.

Table of Contents
 

Bagaimana Prosedur Pembuatan Surat Lamaran Kerja yang Benar?

Menurut pendapat sejumlah orang, surat lamaran kerja yang benar memiliki struktur lengkap. Dalam ilmu korespondensi, struktur lengkap meliputi informasi dalam surat lamaran kerja simpel tersebut. Berikut cara membuat surat lamaran kerja yang benar:

1. Identitas Pelamar Jelas

Sebagian orang berpendapat bahwa penyebab tidak mendapat panggilan saat melamar kerja yaitu identitas tidak jelas. Identitas apa yang harus ada di dalam surat lamaran kerja? Identitas yang dimaksud berupa nama, alamat, nomor yang bisa dihubungi dan lain-lain. 

Surat lamaran kerja yang mencangkup semua identitas diri termasuk pengalaman bekerja. Menurut pengalamanku pribadi, penulisan identitas baiknya mengikuti KTP. Hindari memasukkan NIK lantaran bisa berbahaya bagi keamanan data diri. 

2. Cantumkan Alamat Kerja dan Bagian yang dilamar

Dalam pembuatan surat lamaran kerja simpel, sebagian orang hanya mencantumkan keterangan 'di tempat' saat mengirim pada perusahaan. Padahal ada beberapa lembaga yang pengirimannya harus menggunakan kantor pos. 

Oleh sebab itu pastikan alamat perusahaan ditulis dengan jelas diikuti dengan kode pos. Tidak hanya itu saja, menurut sebagian orang penting menjelaskan bagian yang akan dilamar. Dengan begitu surat lamaran kerja simpel bisa dijadikan bahan pertimbangan. 

3. Gunakan Format Surat yang Benar

Surat lamaran kerja yang benar memiliki format beragam. Gunakan salah satu format yang menurut Kamu paling mudah ditempuh. Format tersebut meliputi alamat pembuat surat, perusahaan yang dilamar, alamat, salam pembuka, isi, lampiran dan penutup. 

Penulisan surat lamaran kerja secara manual
Penulisan surat lamaran kerja secara manual

Terdapat banyak format yang bisa Kamu terapkan. Namun, sebelum itu pastikan format surat sesuai dengan kriteria perusahaan bersangkutan. Kamu bisa menulis surat lamaran kerja word, PDF, ataupun manual menggunakan tangan. 

4. Perhatikan Penulisan

Menurut pengalamanku dalam menempuh pendidikan di bidang administrasi, penulisan surat lamaran kerja word atau PDF harus memperhatikan kaidah. Bagaimana kaidah penulisan yang benar? Kaidah penulisan yang benar menggunakan bahasa baku. 

Tidak hanya baku, surat lamaran kerja word juga harus rapi, bebas typo, dan mudah dipahami. Bagaimana jika surat lamaran kerja ditulis manual? Gunakan kertas bergaris ( polio) hindari mencoret berulang jika terdapat kesalahan dalam penulisan. 

5. Cantumkan Lampiran

HRD perusahaan ternama pasti akan memperhatikan beberapa indikator saat menerima pekerja. Hal ini bisa Kamu upayakan dengan mencantumkan sejumlah lampiran. Lampiran yang bisa dicantumkan meliputi CV, FC Ijazah, portofolio, hingga sertifikat keahlian. 

Bagaimana jika mencantumkan FC KTP? Kesalahan ini seringkali dilakukan oleh sebagian orang ketika melamar pekerjaan. Sebaiknya hindari menggunakan KTP dalam melamar kerja lantaran bisa berpotensi pencurian data oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

FAQ

Bagaimana cara mengirimkan lamaran kerja?

Cara mengirimkan lamaran kerja yang baik dilakukan dengan datang langsung ke perusahaan bersangkutan atau memakai layanan kantor pos. 

Berapa lama harus menunggu lamaran kerja diproses?

Setiap perusahaan memiliki ketentuan tersendiri dalam proses penyeleksian karyawan. Jika kualifikasi yang diminta sesuai perusahaan biasanya dalam waktu dekat Kamu akan dihubungi. 

Surat lamaran kerja bisa dibuat manual ataupun online. Pengiriman bisa menggunakan email atau layanan kantor pos. Gunakan keahlian korespondensi dalam membuat surat lamaran. Perhatian trik lamar kerja lainnya dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar