Mengintip Potensi Bisnis Beras yang Menguntungkan

 

Contoh bisnis beras eceran
Contoh bisnis beras eceran

CariUang - Bisnis beras dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih harga beras sering mengalami kenaikan dan penurunan secara drastis. Usaha akan untung jika bisnis beras dari petani langsung.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Beras?

Sebagian orang memilih bisnis beras dari petani langsung lantaran diklaim lebih menguntungkan. Namun, usaha beras bagi pemula harus memiliki strategi yang tersusun rapi agar tidak rugi. Berikut ini cara memulai usaha beras bagi pemula:

1. Membuat Rancangan Bisnis

Berbeda dengan bisnis beras dari petani, pemula harus menyusun strategi dari awal. Strategi usaha beras bagi pemula meliputi modal, target penjualan, harga, operasional dan masih banyak lagi. Upayakan untuk membuat rancangan bisnis dengan tepat. 

Dalam mengupayakan rancangan bisnis, dibutuhkan keahlian dalam bidang keuangan dan pengelolaan usaha. Menurut pengalaman sejumlah penjual, tahapan ini menentukan keberhasilan bisnis beras dari petani ataupun agen. 

2. Mempersiapkan Modal

Setelah rancangan dibuat tentu Kamu harus menyiapkan modal sebagai dasar memulai usaha penjualan beras. Berapa modal usaha beras? Modal usaha beras mulai dari 15-20 juta. Namun hal tersebut tergantung dengan skala yang telah direncanakan. 

Untuk apa modal harus dipersiapkan? Modal usaha beras meliputi pembelian di agen atau petani, gaji karyawan, pembelian peralatan, dan masih banyak lagi. Jumlah modal harusnya sudah direncanakan sejak awal sehingga usaha lebih mudah dijalankan. 

3. Siapkan Lokasi Jualan

Menurut pengalamanku pribadi dalam melihat penjual beras, rata-rata mereka mencari lokasi tertentu untuk memulai usaha. Dimana lokasi yang cocok untuk jualan beras? Kamu bisa menyewa ruko, jualan di pasar, pakai e-commerce, hingga buka lapak di rumah. 

Pastikan lokasi yang dipilih potensial dijangkau banyak orang. Bagaimana cara menentukan tempat tersebut potensial atau tidak? Kamu bisa melakukan riset pasar dan kompetitor untuk mengetahui suatu lokasi potensial atau tidak. 

4. Cari Agen Beras

Tahapan berikutnya setelah modal usaha beras dan lokasi siap yakni mencari agen terpercaya. Sejumlah penjual beras kerap menyarankan untuk mengambil dari tangan pertama atau petani. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan harga lebih murah. 

Agen beras dapat diupayakan dari petani langsung
Agen beras dapat diupayakan dari petani langsung 

Biasanya agen beras dari tangan ke dua harganya lebih mahal. Kamu juga bisa melakukan pembelian dalam bentuk gabah untuk mendapatkan harga lebih terjangkau. Jika agen murah maka Kamu bisa melakukan penjualan yang lebih terjangkau. 

5. Sediakan Peralatan dan Kemasan

Tidak sedikit dari pelaku bisnis beras memilih untuk membuat kemasan sendiri. Kemasan bisa dilakukan dengan menimbang 5 kg, 10 kg hingga 25 kg. Sediakan brand beras sendiri agar menarik perhatian banyak orang terlebih jika harga murah. 

Selain menyediakan versi kemasan, Kamu juga wajib menyediakan eceran. Hal ini bertujuan agar mampu menjangkau banyak pembeli. Sediakan timbangan digital ataupun manual untuk memudahkan penjualan sesuai request dari pembeli. 

6. Promosi dan Jalin Kerja sama

Menurut pendapat beberapa penjual beras, mereka kerap menjalin kerja sama dengan sejumlah toko. Hal ini dilakukan agar penjualan beras senantiasa mengalami peningkatan. Jadi Kamu perlu membuka reseller di toko-toko tertentu. 

Promosikan juga beras menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp Business dan masih banyak lagi. Terlebih saat ini jualan bisa dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah situs marketplace terpercaya. 

Bisnis beras terbukti memberikan keuntungan cukup tinggi bagi penjualnya. Kamu perlu mencari agen dari tangan pertama agar bisnis berjalan dengan lancar. Perluas ilmu seputar bisnis dengan cara membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar