Ide Jualan Makanan Daerah yang Bikin Keuntungan Melimpah

 

Lapak untuk menerapkan ide jualan makanan
Lapak untuk menerapkan ide jualan makanan

CariUang - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki ragam daerah, kebudayaan hingga kuliner. Kuliner itulah yang bisa dijadikan sebagai ide jualan makanan daerah. Hal ini tentu diperlukan keahlian dalam memasak kuliner tertentu. 

Ragam Ide Jualan Makanan yang Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Menu makanan memang berpengaruh pada penjualan suatu usaha di bidang kuliner. Hal ini sesuai dengan pernyataan sejumlah pelaku usaha di bidang tersebut. Berikut ini ide jualan kuliner daerah yang bisa Kamu terapkan untuk menghasilkan keuntungan:

1. Mie Aceh

Mie Aceh merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Kamu bisa membuka restoran sebagai konsep usaha kuliner satu ini. Meskipun dijuluki Mie Aceh, kuliner satu ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Untuk memulai usaha ini Kamu perlu menyiapkan bahan baku makanan berupa mie ( buat sendiri lebih baik) hingga sejumlah rempah-rempah. Menurut penjual kuliner ini, usaha akan maju jika Kamu menyediakan 3 variasi yakni goreng, kuah, dan kering. 

2. Pempek

Selain Mie Aceh ide jualan kuliner lainnya yang bisa Kamu tempuh untuk meraih keuntungan yaitu pempek. Kuliner satu ini berasal dari Palembang dan memiliki ragam jenis yang cukup unik. Salah satu jenis paling populer yakni pempek kapal selam. 

Menurut pengalamanku dalam mencari penjual, konsep usaha kuliner ini dilakukan dengan membuka lapak di pinggir jalan. Namun banyak juga penjual yang memenuhi permintaan pembelian secara online sehingga potensi keuntungan cukup besar. 

3. Seblak

Menu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia yaitu seblak. Hal ini bisa Kamu jadikan sebagai salah satu ide jualan untuk meningkatkan penghasilan. Salah satu seblak yang viral selama tahun 2023 yakni milik mamang Rafael. 

Konsep usaha kuliner ini bisa dengan membuka restoran, lapak pinggir jalan hingga jualan online. Sediakan varian topping yang unik dan menarik seperti sosis, bakso, ayam dan masih banyak lagi. Seblak bisa juga dijual dengan varian kering sehingga lebih awet. 

4. Pecel

Siapa yang tidak kenal dengan menu kuliner satu ini? Hampir semua warung di desa pasti menyediakan pecel. Dalam memulai usaha pecel Kamu harus punya lapak atau bisa juga berjualan di depan rumah. Hal ini lantaran target penjualan skala kecil. 

Menurut sejumlah penjual pecel, bahan baku makanan ini cukup mudah didapatkan. Pasalnya bahan baku berupa sambal kacang, sayur (sawi, bayam, timur, toge, dan masih banyak lagi. Biasanya penjualan dilengkapi dengan lauk berupa gorengan. 

5. Rujak Petis

Ide jualan makanan yang bisa Kamu terapkan untuk meraup keuntungan tinggi yaitu rujak Petis. Menurut makanan ini cukup disukai oleh sejumlah kalangan baik anak-anak, remaja hingga dewasa. Bahan baku makanan ini cukup mudah untuk dicari. 

Kamu bisa mempertimbangkan menu ini dengan membuka lapak jualan di pinggir jalan, gerobak keliling, dan sistem online pakai aplikasi seperti grab food. Dalam memulai usaha ini Kamu harus punya keahlian riset kompetitor agar tidak kalah saing. 

6. Sate

Beberapa penjual banyak yang menjadikan sate sebagai menu dagangan. Hal ini lantaran sate menjadi kuliner daerah yang cukup diminati semua kalangan. Menurut pengalamanku dalam mencari penjual makanan ini, Kamu harus menentukan jenis dulu. 

Sate merupakan ide jualan makanan cukup populer
Sate merupakan ide jualan makanan cukup populer 

Tersedia berbagai macam jenis sate mulai dari ayam, kambing, kelinci, lilit, lalat dan lain-lain. Kamu bisa memilih salah satu jenis sate untuk meningkatkan penjualan. Kamu bisa memulai usaha dengan jualan keliling hingga buka lapak sendiri. 

Bagaimana agar usaha kuliner laris? Kamu bisa mencoba ide jualan makanan daerah sebagai alternatif untuk meningkatkan penghasilan. Apakah cara ini efektif? Cara ini efektif jika Kamu punya keahlian riset pasar dan kompetitor. Pelajari dua trik tersebut dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar