Cara Budidaya Stroberi agar Panen Melimpah dan Bisa dijadikan Agrowisata

Table of Contents

 

Cara budidaya stroberi yang tepat membuat hasil panen melimpah
Cara budidaya stroberi yang tepat membuat hasil panen melimpah

CariUang - Cara Budidaya stroberi cukup banyak ditempuh oleh sejumlah petani. Usaha satu ini banyak diterapkan oleh petani lantaran cara menanam stroberi cukup mudah. Bahkan proses budidaya stroberi bisa dijadikan sebagai agrowisata. 

Cara Budidaya Stroberi yang Baik dan Benar

Menurut sejumlah petani cara menanam stroberi mempengaruhi hasil budidaya. Oleh sebab itu Kamu harus memperhatikan tahapan tersebut. Agar budidaya meningkat Kamu wajib punya keahlian di bidang pertanian. Berikut proses budidaya stroberi:

1. Siapkan Media Tanam Sementara

Proses budidaya stroberi tidak bisa langsung di letakkan pada lahan pertanian skala besar. Hal ini lantaran pembibitan buah stroberi perlu pengawasan lebih teliti. Dalam proses budidaya buah stroberi biasanya media tanam berupa pot ataupun polibag. 

Menurut sejumlah petani, media tanam bisa berupa karung beras yang diisi campuran pupuk dan tanah. Hal ini sebenarnya jauh lebih hemat terhadap penggunaan ruang. Terlebih satu karung bisa menampung banyak bibit stroberi yang siap tanam. 

2. Cari Bibit Berkualitas

Strategi budidaya stroberi agar panen melimpah tergantung dengan bibit berkualitas. Bagaimana cara mencari bibit stroberi yang berkualitas? Kamu bisa mengambil biji pada buah stroberi dan keringkan dalam kurun waktu singkat. 

Pastikan bibit tersebut kering kemudian sebar pada tanah. Strategi budidaya stroberi tahapan ini memang butuh waktu yang tidak singkat. Jika ingin pembibitan cepat, Kamu bisa mengambil anakan buah tanaman stroberi pada pertanian yang sudah berpengalaman.

3. Siapkan Lahan

Sambil menunggu bibit bersemi atau memungkinkan dipindah, Kamu bisa sambil menyiapkan lahan. Menurut sejumlah petani, lahan untuk budidaya stroberi bisa dibuat sebagai usaha agrowisata. Strategi budidaya stroberi ini tentu memberikan keuntungan ganda. 

Penyiapan lahan harus maksimal sehingga hasil memuaskan batin. Upayakan untuk mencabut rumput liar agar tidak mengganggu pertumbuhan. Campur tanah dengan pupuk kompos agar nantinya pertumbuhan tanaman stroberi maksimal. 

4. Proses Tanam

Cara menanam bisa langsung diterapkan jika lahan sudah dipersiapkan dengan baik dan benar. Pastikan memindah bibit secara hati-hati agar akar tidak terputus. Kenapa kalau akar putus? Kalau akar putus tanaman stroberi tidak akan tumbuh. 

Pastikan proses tanam dilakukan hati-hati agar pertumbuhan maksimal
Pastikan proses tanam dilakukan hati-hati agar pertumbuhan maksimal 

Dalam mengupayakan proses tanam Kamu juga harus pandai melakukan penyeleksian bibit atau sering disebut dengan penyiangan. Kenapa tahapan ini penting? Menurut pengalamanku pribadi, tahap penyiangan bertujuan untuk mengetahui kualitas bibit. 

5. Perawatan 

Cara budidaya stroberi akan optimal jika Kamu mampu mengupayakan tahapan perawatan. Menurut sejumlah petani yang telah ahli dan handal di bidangnya, perawatan bisa dilakukan dengan menggunting daun kering dan memotong buah busuk. 

Tidak hanya itu saja, perawatan bisa juga diupayakan dengan cara memberikan pemupukan dan penyemprotan. Pemupukan baiknya berasal dari sampah organik ataupun kompos sehingga tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. 

FAQ

Berapa modal budidaya stroberi sekaligus agrowisata?

Budidaya stroberi sekaligus agrowisata membutuhkan modal mulai dari 15-50 juta. Namun hal tersebut kembali lagi pada konsep usaha. 

Kenapa buah stroberi busuk sebelum masa panen?

Hal ini terjadi lantaran pada proses budidaya terdapat bakteri dan penyakit yang memicu pembusukan pada buah stroberi.

Berapa lama buah stroberi bisa berbuah?

Tanaman stroberi bisa berbuah ketika memasuki usia 9 bulan - 1 tahun. 

Cara budidaya stroberi tersebut bisa diterapkan sekaligus membuat lahan agrowisata. Dengan begitu penghasilan lebih banyak. Upayakan untuk mempelajari trik budidaya dengan cara membaca artikel lain yang tersedia di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar