Tahapan Budidaya Jeruk Mandarin agar Keuntungan Besar

 

Budidaya jeruk Mandarin bisa dilakukan dengan mengupayakan bibit berkualitas
Budidaya jeruk Mandarin bisa dilakukan dengan mengupayakan bibit berkualitas 

CariUang - Budidaya Jeruk Mandarin bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menghasilkan uang. Hal ini lantaran cara menanam jeruk Mandarin cukup terjangkau. Tidak hanya itu saja, hama dan penyakit pada tanaman jeruk Mandarin mudah dideteksi.

Panduan Lengkap Budidaya Jeruk Mandarin

Meskipun sejumlah petani beranggapan pengendalian hama lebih mudah dideteksi, budidaya buah jeruk Mandarin berbeda dari jenis pada umumnya. Berikut ini panduan lengkap yang bisa Kamu terapkan untuk memulai budidaya buah jeruk Mandarin:

1. Siapkan Lahan

Langkah pertama dalam budidaya buah satu ini yakin mempersiapkan lahan pertanian. Sebelum lahan digunakan, ukur terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Bersihkan lahan dari sejumlah daun-daun hingga ranting yang bisa mengganggu proses budidaya.

Setelah lahan siap, buat lubang dengan kedalaman sekitar 30 cm. Campurkan pupuk kandang dengan tanah hingga merata. Menurut sejumlah petani, lahan baru bisa digunakan untuk menanam bibit jeruk setelah 7 hari pasca persiapan dilakukan. 

2. Pembibitan

Setelah lahan dipersiapkan, langkah berikutnya yang perlu Kamu tempuh yakni pembibitan. Pembibitan bisa dilakukan dengan dua cara yakni biji dan vegetatif. Vegetatif bisa dilakukan dengan penyetekan hingga mencangkok.

Lakukan pembibitan dengan optimal sehingga pertumbuhan maksimal. Rata-rata petani memilih alternatif mencangkok untuk melakukan pembibitan. Hal ini lantaran pembibitan dengan teknik mencangkok memiliki waktu pertumbuhan lebih cepat.

3. Penanaman

Setelah bibit dipersiapkan, maka proses penanaman bisa dilakukan. Penanaman dilakukan pada lahan yang tadi sudah dipersiapkan. Masukkan bibit jeruk Mandarin pada lubang. Tutup lubang yang telah diletakkan bibit tadi menggunakan tanah.

Menurut pengalamanku pribadi, menanam bibit buah hendaknya dilakukan ketika menjelang musim penghujan. Hal ini bertujuan agar proses perawatan yang dilakukan bersifat ringan dan mudah. 

4. Pembersihan Hama, Gulma dan Penyakit

Budidaya jeruk Mandarin akan efektif jika tidak ada hama. Hama dan penyakit pada tanaman jeruk Mandarin bisa diatasi dengan membersihkan secara rutin dan menyemprot berkala. Hal ini bertujuan agar tidak penghambat tersebut hilang. 

Menurut sejumlah petani, gulma dan hama menyerap air maupun mineral yang dibutuhkan buah jeruk sehingga pertumbuhan kurang maksimal. Hal inilah yang mampu memicu terjadinya penyakit pada buah jeruk sehingga berujung pada gagal panen.

5. Pemupukan

Teknik pemupukan jeruk Mandarin sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa memanfaatkan pupuk kandang atau sampah dedaunan sebagai pupuk alami. Dalam menerapkan teknik pemupukan jeruk Mandarin, memang dibutuhkan kesabaran tinggi.

Tahapan ini mengharuskan Kamu untuk mempunyai keahlian memadukan pupuk kompos dengan bahan organik lainnya. Pemupukan bisa dilakukan setiap 1 - 2 bulan sekali. Namun hal ini kembali lagi dengan kondisi budidaya dan wilayah usaha.

FAQ

Apakah penanaman buah jeruk harus memiliki ladang?

Menurut pengalamanku pribadi, cara menanam buah jeruk yang cukup mudah membuatnya bisa diterapkan dimana saja. Kamu bisa menanam jeruk di ladang ataupun pekarangan rumah.

Bagaimana untuk meminimalisir kerugian pada budidaya buah jeruk Mandarin?

Meminimalisir kerugian budidaya dapat dilakukan dengan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman buah jeruk Mandarin. 

Kenapa buah jeruk Mandarin terlambat berbuah dan pohon susah lebat?

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya penyakit. Kamu bisa menerapkan teknik pemupukan jeruk Mandarin untuk merangsang pertumbuhan.

Tahapan budidaya jeruk Mandarin tersebut bisa Kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan keahlian dalam bidang pertanian dan teknologi agar budidaya berjalan lancar. Pelajari trik budidaya lainnya dengan baca artikel di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar