Cara Budidaya Kelapa agar Jumlah Panen Selalu Melimpah

Hasil budidaya kelapa



CariUang - Cara budidaya kelapa selaku dipertanyakan sejumlah orang. Pasalnya tanaman satu ini selalu panen dalam kurun 2 minggu. Menariknya, pohon kelapa bisa dimanfaatkan dari berbagai sisi mulai dari daun, bunga, hingga pohonnya

Table of Contents
 

Cara Budidaya Kelapa bagi Pemula

Bertajuk pada makalah budidaya tanaman kelapa, usaha pertanian ini tergolong gampang-gampang susah. Pasalnya kelapa punya umur panjang sehingga proses tanam menentukan hasil panen. Berikut langkah budidaya tanaman kelapa:

1. Persiapan Lahan

Jangka umur tanaman kelapa yang panjang membuat lahan harus dipersiapkan sejak awal. Sebelum itu, Kamu harus memiliki keahlian memperkirakan jarak tanam kelapa. Berapa jarak tanam kelapa untuk keperluan budidaya? Jarak ideal sekitar 1.5-3 meter. 

Namun jarak tanam tersebut bisa lebih atau kurang tergantung jenis kelapa. Ukur lahan yang akan digunakan budidaya berdasarkan jumlah pohon. Gemburkan tanah dan lakukan sejumlah perawatan sesuai dengan makalah budidaya tanaman kelapa. 

2. Sediakan Bibit

Sejumlah petani menjelaskan bahwa sembari menunggu persiapan lahan, bisa memulai pemilihan bibit. Bagaimana cara memilih bibit kelapa? Menurut makalah tanaman kelapa, bibit bisa dicari berdasarkan hasil panen sebelumnya yang telah berkualitas. 

Bibit kelapa untuk budidaya
Bibit kelapa untuk budidaya


Jika pertanian masih pemula maka bisa melakukan pembelian pada kelapa tua dan dibiarkan beberapa waktu tunggu hingga muncul biji di dalam kelapa. Setelah itu biasanya kelapa akan mengalami pertumbuhan dan bisa dijadikan sebagai bibit. 

3. Penanaman

Jika bibit telah didapatkan, sayat bagian bawah yang berpotensi muncul akar. Cara menanam kelapa agar cepat berbuah tergantung dengan tahapan ini. Masukkan akar tersebut pada polibag atau media tanam lainnya hingga pertumbuhan memungkinkan.

Cara menanam kelapa agar cepat berbuah tidak bisa dilakukan dengan wadah terbatas. Artinya jika daun sudah banyak Kamu harus segera melakukan pemindahan. Buat lubang pada lahan yang telah tersedia dan lakukan proses penanaman tersebut. 

4. Perawat Tanaman

Agar pertumbuhan tanaman kelapa optimal maka diperlukan sejumlah perawatan. Bagaimana cara merawat tanaman kelapa yang benar? Perawatan dilakukan dengan membasmi semua serangan hama dan tanaman liar yang bersifat mengganggu. 

Sesekali Kamu perlu melakukan penyemprotan terhadap tanaman kelapa agar pertumbuhan optimal. Tidak hanya membasmi hama, pemberian pupuk juga perlu dilakukan. Gunakan pupuk kompos dan organik agar tidak ada efek samping. 

5. Panen

Hampir semua petani pasti menginginkan proses panen. Tahapan ini biasanya dilakukan pada tahun ke 5 pasca proses budidaya berlangsung. Berapa kali kelapa berbuah? Umumnya kelapa akan berbuah setiap satu bulan sekali. 

Untuk mengupayakan hasil panen yang berkualitas dan melimpah, Kamu bisa mengupayakan pemupukan. Menurut pengalamanku pribadi, pemupukan akan efektif jika memakai kotoran ayam. Kamu juga bisa memupuk memakai daun yang kering. 

FAQ

Berapa modal yang diperlukan untuk budidaya kelapa? 

Modal yang diperlukan untuk budidaya kelapa sekitar 3-5 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan dan bibit kelapa. 

Kelapa apa yang paling sering dibudidayakan? 

Jenis kelapa yang sering dibudidayakan meliputi genjah, hibrida, sawit, kopyor, ijo dan lain sebagainya. 

Berapa harga kelapa di pasaran?

Harga kelapa tergantung dengan jenisnya. Buah ini bisa dijual dengan harga mulai dari Rp 7.000.00. 

Apakah kelapa bisa tumbuh di semua wilayah? 

Umumnya syarat tumbuh kelapa tidak begitu ketat. Jadi Kamu bisa membudidayakan tanaman ini di wilayah tertentu. 

Cara budidaya kelapa banyak ditempuh petani pemula untuk mendapatkan hasil melimpah. Selain diambil buahnya, dauh kelapa bisa dijadikan sebagai pembuatan sapu lidi. Pelajari cara budidaya lainnya dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar