Cara Budidaya Vanili Bagi Pemula yang Bisa Hasilkan Untung Puluhan Juta


Proses budidaya vanili
Proses budidaya vanili

CariUang - Cara budidaya vanili kerap ditempuh sejumlah petani lantaran terbukti memberikan keuntungan besar. Sejumlah petani mengaku, bahwa penerapan cara budidaya vanili di lahan sempit bertujuan untuk meraup untung berjumlah besar. 

Cara Budidaya Vanili yang Cepat Panen

Cara budidaya vanili di lahan sempit banyak diterapkan bagi petani pemula. Pasalnya budidaya tersebut tidak membutuhkan modal begitu besar. Terlepas dari hal itu, perawatan tanaman vanili sebenarnya cukup susah. Berikut cara budidaya vanili di lahan sempit:

1. Persiapan Bibit

Kementan turut merekomendasikan vanili sebagai varietas untuk budidaya yang menguntungkan. Pasalnya harga jual tanaman satu ini cukup tinggi. Cara budidaya vanili untuk pemula harus mempersiapkan bibit dengan melakukan pembelian. 

Apakah pembelian cukup efektif? Hampir semua petani yang menerapkan cara budidaya vanili untuk pemula menjelaskan bahwa persiapan bibit melalui pembelian cukup efektif. Bibit berkualitas memiliki bentuk sempurna dan tidak ada cacat. 

2. Penyediaan Lahan

Menurut pengalamanku pribadi dalam menanam vanili, lahan yang dibutuhkan memang tidak perlu luas. Kamu bisa menggemburkan tanah dan membuat lubang sedalam 20 cm. Biarkan lahan tersebut selama 1 Minggu agar terkena paparan sinar matahari. 

Penyiapan lahan untuk budidaya vanili
Penyiapan lahan untuk budidaya vanili

Sebagian petani beranggapan bahwa paparan matahari pada lahan persiapan budidaya membuatnya terbebas dari virus, bakteri, dan penyakit. Setalah lahan tersebut selesai dipersiapakan, Kamu bisa langsung menempuh proses tanam. 

3. Proses Penanaman

Pada tahap pertama tadi sudah dijelaskan bahwa pembibitan harus dipersiapkan sejak awal. Bibit vanili bisa berasal dari biji ataupun cara vegetatif. Sangat disarankan vegetatif lantaran proses penanaman jauh lebih mudah dan potensi hidup cukup tinggi. 

Beberapa petani beranggapan cara vegetatif akan menyerupai induknya. Tanam bibit vanili dengan cara vegetatif tersebut di lahan yang telah disediakan. Keahlian dalam bidang pertanian sangat dibutuhkan agar budidaya vanili berjalan lancar. 

4. Penyemaian

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, perawatan tanaman vanili cukup susah. Bahkan petani yang menerapkan cara budidaya vanili untuk pemula kerap mengalami kendala. Agar perawatan mudah, Kamu bisa mengupayakan tahapan penyemaian. 

Apa itu tahapan penyemaian? Tahapan menyeleksi tanaman vanili yang tidak berkualitas. Biasanya tahapan perawatan tanaman vanili ini dilakukan jika budidaya memakai biji. Jika pertumbuhan kurang maksimal maka diganti dengan bibit lain. 

5. Perawatan

Tidak hanya melakukan penyemaian, sejumlah petani juga kerap melakukan perawatan dalam mengupayakan budidaya vanili yang tepat dan cepat panen. Bagaimana cara melakukan perawatan? Perawatan dilakukan dengan mencabuti tanaman pengganggu.

Tidak hanya itu saja, perawatan juga dilakukan dengan penyemprotan untuk membasmi hama. Kamu juga perlu menyiram vanili saat musim kemarau setidaknya 2 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk mencegah tanaman vanili mati saat kemarau. 

FAQ

Berapa modal yang diperlukan untuk budidaya vanili?

Modal yang perlu dipersiapkan untuk memulai budidaya vanili mulai dari 2-3 juta rupiah. Nantinya modal tersebut berpotensi hasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Hal ini lantaran nilai jual vanili cukup tinggi. 

Apakah budidaya bisa dilakukan di pekarangan rumah?

Budidaya tanaman vanili bisa dilakukan di pekarangan rumah ataupun lahan sempit lainnya. 

Kapan waktu yang tepat untuk budidaya vanili?

Budidaya dilakukan saat akhir musim kemarau atau menjelang penghujan. 

Cara budidaya vanili bisa diterapkan sebagai penunjang sektor pertanian. Pastikan senantiasa mengikuti prosedur budidaya untuk hasilkan keuntungan besar. Pelajari trik budidaya tanaman lain dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar