Cara Budidaya Jamur Enoki agar Berhasil dan Cepat Panen

Contoh penerapan budidaya jamur enoki
Contoh penerapan budidaya jamur enoki


CariUang - Budidaya jamur enoki banyak diterapkan sejumlah petani sejak beredar bahwa sayur impor ini terindikasi bakteri. Sebelum memulai, Kamu harus menyiapkan media tanam jamur enoki agar proses budidaya berjalan dengan lancar.

Table of Contents
 

Tahapan Budidaya Jamur Enoki

Menurut pendapat beberapa petani, harga jamur enoki kerap mengalami kenaikan dan penurunan. Namun, harga jamur enoki yang kerap naik turun tidak membuat petani jenggah. Berikut ini sejumlah tahapan budidaya enoki yang bisa Kamu terapkan:

1. Mempersiapkan Peralatan

Sebelum mempersiapkan media tanam jamur enoki, Kamu harus mengupayakan sejumlah peralatan penting. Menurut sejumlah petani, peralatan menjadi indikator yang mempengaruhi keberhasilan suatu budidaya enoki. 

Botol kaca menjadi salah satu alat budidaya jamur enoki
Botol kaca menjadi salah satu alat budidaya jamur enoki


Apa saja peralatan yang digunakan? Bertajuk pada sejumlah ilmiah, peralatan yang dibutuhkan meliputi kandang budidaya, rak pembibitan, media tanam jamur enoki, alkohol, pinset, serbuk,gergaji, dan masih banyak lagi. 

2. Pembuatan Media Tanam

Setelah semua peralatan dan bahan untuk budidaya siap maka pembuatan media tanam bisa dilakukan. Dibutuhkan keahlian dalam bidang pertanian untuk mengoptimalkan budidaya. Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam tahap ini?

Rendam jerami selama 4 hari, siapkan bubuk gergaji, dolomit dan pupuk urea. Campurkan semua bahan dan kepalkan membentuk bulatan padat. Masukkan ke botol kaca dan sterilikan dengan suhu sesuai prosedur budidaya. 

3. Pemeliharaan

Benih jamur enoki akan optimal jika Kamu senantiasa melakukan pemeliharaan. Bagaimana cara memelihara benih jamur enoki? Pemeliharaan bisa dilakukan dengan cara menghilangkan bibit-bibit yang bermasalah dan menggantinya baru.

Tidak hanya itu saja, menurut pengalamanku dalam melihat budidaya jamur enoki diperlukan penyiraman. Sejumlah petani menyarankan bahwa penyiraman benih jamur enoki bisa dilakukan setidaknya 2 kali dalam sehari. 

4. Pindahkan ke Kumbung

Setelah miselium tumbuh sekitar 3/4 botol kaca Kamu bisa memindahkan ke kumbung jamur. Pastikan melakukan semua tahapan secara berkala dan bertahap hingga proses ini berhasil diselesaikan. 

Buka kapas dan lakukan penyiraman secara rutin hingga proses pemindahan berjalan lancar. Jika pemindahan tidak segera dilakukan maka bisa menuntut kemungkinan jamur akan telat dipanen. Hal ini tentu mempengaruhi hasil akhir budidaya. 

5. Panen

Hampir semua petani pasti menantikan proses panen yang dari budidaya. Kapan waktu panen yang tepat? Jamur enoki bisa dipanen ketika memasuki usia 14 hari atau 30 hari pasca proses tanam berlangsung. Upayakan proses panen dilakukan dengan perlahan. 

Hindari panen sembarangan lantaran bisa merusak tampilan jamur enoki. Cara panen yang tepat yakni mencabut dari kumbung. Sebagian petani menyarankan agar proses panen dilakukan saat sore hari lantaran kesegaran bibit tetap terjaga dengan baik. 

FAQ

Berapa modal untuk budidaya jamur enoki?

Modal yang dibutuhkan untuk budidaya jamur enoki mulai dari 3-7 juta. 

Apakah suhu juga berpengaruh terhadap hasil budidaya? 

Suhu dan temperatur udara sangat berpengaruh pada budidaya enoki. Jamur ini bisa tumbuh dengan suhu 12-16°C. 

Apakah budidaya enoki bisa dilakukan di Indonesia?

Umumnya budidaya enoki banyak dilakukan di luar negeri. Namun, di Indonesia beberapa petani masih mencoba pengembangan budidaya enoki agar maksimal. 

Berapa lama jamur enoki bisa bertahan?

Jamur enoki bisa tahan tanpa atau dengan penyimpanan sekitar 3 hari. Setelah waktu itu, jamur rentan ditumbuhi bakteri. 

Budidaya jamur enoki bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Pasalnya belum banyak petani yang mulai usaha satu ini. Pelajari sejumlah trik budidaya dengan cara membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar