Cara Budidaya Anggur di Lahan Belakang agar Hasil Panen Melimpah

 

Hasil budidaya anggur
Hasil budidaya anggur 

CariUang - Budidaya anggur bisa dijadikan sebagai usaha sampingan dengan modal minim. Cara merawat tanaman anggur sebenarnya cukup mudah terlebih jika Kamu punya sifat telaten dan sabar dalam menangani sejumlah hama dan gulma.

Table of Contents
 

Cara Budidaya Anggur di Lahan Minimalis

Umumnya terdapat dua metode dalam proses membudidayakan anggur. Metode tersebut meliputi cara menanam anggur dari batang dan cara menanam anggur dengan biji. Berikut ini cara menanam anggur dengan dua metode tersebut:

1. Persiapan Lahan

Menurut sejumlah petani anggur ataupun buah-buahan, langkah pertama dalam proses budidaya yakni mempersiapkan lahan. Kenapa lahan perlu dipersiapkan? Lahan perlu dipersiapkan agar cara menanam anggur dari batang atau biji berjalan lancar. 

Biasanya lahan yang digunakan sebagai cara menanam anggur dengan biji cenderung lebih sempit kemudian dipindah jika sudah tumbuh. Menurut petani cara ini bertujuan untuk memantau perkembangan dari tanaman tersebut. 

2. Pemilihan Bibit Anggur

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya pembibitan anggur bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu biji atau batang. Kamu bisa memilih salah satu untuk menyukseskan proses budidaya. Sejumlah petani beranggapan cara menanam anggur dari batang lebih mudah. 

Hal ini lantaran pertumbuhan langsung bisa diketahui dan dipantau. Jika memilih biji Kamu harus menunggu lama dan belum tentu bisa tumbuh. Kamu harus punya keahlian memperkirakan diameter stek agar nantinya budidaya selanjutnya memberikan hasil unggulan. 

3. Proses Penyemaian

Sejumlah petani menjelaskan bahwa dalam proses budidaya buah anggur diperlukan penyemaian. Hal ini berlaku pada cara menanam anggur dari batang dan cara menanam anggur dengan biji. Proses penyemaian biasanya berlangsung pada hari ke 6-7. 

Pindahkan bibit yang sudah semai pada lahan budidaya sehingga pertumbuhan bisa maksimal. Dimana proses penyemaian berlangsung? Beberapa petani memilih polybag sebagai alternatif untuk melakukan proses penyemaian. 

4. Proses Tanam

Setelah bibit anggur semai Kamu bisa langsung menempuh proses tanam untuk melanjutkan budidaya. Sejumlah petani membuat lubang budidaya anggur dengan ukuran 50 cm× 50 cm × 50 cm untuk mengoptimalkan pertumbuhan. 

Proses pertumbuhan anggur membutuhkan pemupukan agar hasil optimal
Proses pertumbuhan anggur membutuhkan pemupukan agar hasil optimal


Diperlukan keahlian dalam proses tanam pastikan bibit diambil secara perlahan agar akar tidak putus. Menurut salah seorang petani anggur yang sukses, proses tanam yang baik dilakukan ketika menjelang musim penghujan atau sedang pertengahan kemarau. 

5. Perawatan dan Pemupukan

Tahapan budidaya berikutnya yaitu melakukan pemupukan dan perawatan. Bagaimana cara merawat tanaman anggur? Perawatan dilakukan dengan mencabut tanaman gulma dan membasmi sejumlah hama yang merusak budidaya tanaman anggur. 

Cara merawat tanaman anggur juga bisa diupayakan dengan memberikan pupuk. Sebaiknya pupuk yang digunakan berasal dari kompos sehingga tidak memberikan efek samping. Pemupukan dilakukan setidaknya 2 kali dalam sebulan diikuti penyiraman. 

FAQ

Berapa modal budidaya tanaman anggur? 

Modal yang dibutuhkan untuk memulai proses budidaya mulai dari 3-7 juta bisa juga lebih. 

Bagaimana agar hasil budidaya meningkat? 

Kamu bisa mengupayakan pemupukan agar pertumbuhan maksimal dan hasil budaya mengalami peningkatan. 

Dimana Aku bisa menjual hasil panen?

Kamu bisa menjual hasil panen anggur ke pasar, secara online, hingga supermarket. 

Apa bisa budidaya dilakukan di pekarangan rumah?

Umumnya budidaya tanaman anggur bisa dilakukan di lahan sempit lantaran sifatnya yang menjalar. Jadi Kamu bisa memulai budidaya dengan memanfaatkan pekarangan rumah. 

Budidaya anggur menjadi salah satu usaha di bidang pertanian yang cukup menguntungkan. Kamu bisa memanfaatkan usaha ini untuk meraup keuntungan. Pelajari trik budidaya dengan membaca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar