Bisa Untung Bermiliaran, Ini Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

 

Hasil panen jika cara budidaya ikan hias tepat
Hasil panen jika cara budidaya ikan hias tepat

CariUang - Makalah budidaya ikan tawar menjelaskan bahwa dalam prospek usaha peternakan bisa untung jika Kita memahami jenisnya. Ikan hias menjadi salah satu jenis yang paling banyak dibudidayakan. Cara budidaya ikan hias cukup mudah dan praktis.

Table of Contents
 

Deretan Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Sejumlah petani ikan hias menjelaskan, usaha ini harus dilakukan dengan selektif lantaran spesies tersebut cenderung gampang mati. Berikut ini tahapan yang bisa Kamu tempuh berdasarkan sejumlah makanlah budidaya ikan tawar:

1. Persiapan Kolam

Menurut penjelasan dari makalah budidaya ikan tawar, kolam menjadi tahapan utama yang harus dipersiapkan. Jika dana yang disediakan belum mencukupi maka kolam tersebut bisa diganti memakai aquarium berukuran besar asalkan tidak berdesakan. 

Jika tidak memiliki kolam, budidaya ikan hias bisa memakai aquarium
Jika tidak memiliki kolam, budidaya ikan hias bisa memakai aquarium


Budidaya ikan untuk pemula banyak yang memakai aquarium lantaran diklaim pemantauan mudah. Tidak sedikit mereka yang menerapkan budidaya ikan untuk pemula meneruskan trik pakai aquarium meskipun modal sudah banyak. 

2. Pemilihan Bibit

Baik budidaya ikan untuk pemula atau sudah berpengalaman perlu mencari bibit berkualitas. Kenapa bibit ikan hias air tawar harus berkualitas? Hal ini agar nantinya memberikan hasil budidaya memuaskan sesuai tujuan dan harapan selama usaha. 

Menurut sejumlah petani pembibitan dapat dilakukan dengan cara pemberian terhadap pihak yang telah berpengalaman. Pastikan untuk membeli bibit jantan dan betina dengan jumlah seimbang. Hal ini untuk meningkatkan hasil produktivitas budidaya. 

3. Pemberian Pakan

Tahapan yang tidak penting dalam cara budidaya ikan air tawar yakni pemberian pakan. Pakan apa yang baik untuk ikan hias? Pakan yang baik untuk ikan hias terbagi menjadi dua yaitu alami dan buatan. Alami seperti sayuran, kutu air, hingga cacing. 

Sementara pakan buatan seperti pellet. Dalam cara budidaya ikan air pemberian pakan harus optimal. Pastikan memberi pakan setiap 2 kali sehari. Apakah boleh memberi pakan alami dan buatan? Beberapa petani memberi dua pakan untuk upayakan protein. 

4. Proses Pengawinan

Cara budidaya ikan air tawar akan optimal jika Kamu menempuh tahap Pengawinan. Bagaimana cara mengetahui jenis kelamin ikan siap kawin?ikan betina siap kawin memiliki perut membesar dan tekstur lembek. Sisiknya juga terasa lebih halus. 

Sementara ikan hias jantan jika diurut ke arah genital akan mengeluarkan cairan. Diperlukan keahlian dalam bidang peternakan untuk mengetahui kondisi tersebut. Tempatkan ikan hias air tawar siap kawin di lokasi berbeda. 

5. Pemijahan dan Penetasan

Menurut pengalamanku pribadi dalam membaca buku, setelah proses pengawinan terdapat tahapan pemijahan. Pemijahan merupakan menyendirikan indukan akan menetas sehingga tempat harus disendirikan. 

Beberapa petani menjelaskan bahwa tidak semua ikan hias air tawar bertelur melainkan ada juga yang melahirkan. Upayakan tempat pemijahan steril dan bersih agar proses penetasan berjalan lancar. Pastikan juga kebutuhan induk ikan senantiasa terpenuhi. 

6. Panen

Ketika ikan hasil menetas tadi sudah besar Kamu bisa langsung melakukan pemanenan. Cara budidaya ikan hias air tawar akan optimal jika perawatan maksimal. Untuk menempuh proses panen pastikan ikan tersebut sudah cukup besar.

Idealnya ikan hias sudah bisa dijual ketika memasuki usia 2-3 bulan. Bangun relasi dan gunakan sejumlah sosial media untuk meningkatkan penjualan ikan hias. Cara ini membantu Kamu untuk meraup keuntungan hingga ratusan juta bahkan milyaran. 

Cara budidaya ikan hias air tawar cukup mudah dan modalnya rendah. Kamu harus mengupayakan sejumlah tahapan di atas agar hasil yang diberikan maksimal. Pelajari trik budidaya lainnya dengan membaca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar