Cara Ternak Kambing Etawa agar Hasilkan Panen Ganda

 

Cara ternak kambing etawa yang benar mampu menghasilkan keuntungan ganda
Cara ternak kambing etawa yang benar mampu menghasilkan keuntungan ganda

CariUang - Cara ternak kambing etawa banyak diterapkan sejumlah pengusaha. Hal ini lantaran kambing etawa bisa menghasilkan dua keuntungan cukup besar. Oleh sebab itu banyak sekali pemuda yang terjun langsung untuk mengelola peternakan etawa. 

Bagaimana Cara Ternak Kambing Etawa yang Baik dan Benar?

Untuk beternak kambing etawa diperlukan sejumlah trik khusus. Hal ini bertujuan agar kedepannya hasil panen memberikan keuntungan besar. Menurut sejumlah peternak kambing etawa, berikut tahapan yang bisa Kamu tempuh:

1. Menyiapkan Kandang

Dalam melakukan budidaya kambing etawa diperlukan media atau lokasi penampungan atau sering disebut dengan kandang. Kamu bisa membuat kandang dari sejumlah bambu dan kayu. Pembuatan kandang memakan waktu cukup lama. 

Namun pengerjaan tersebut bisa disesuaikan dengan sejumlah hal mulai dari ukuran hingga ketersediaan barang. Upayakan membuat kandang dengan kuat dan aman sehingga kedepannya tidak mempengaruhi budidaya kambing etawa. 

2. Mencari Bibit

Tahapan paling penting dalam budidaya kambing etawa yakni pencarian bibit. Bagaimana cara mencari bibit berkualitas? Kamu bisa mencari bibit berkualitas melalui jalinan mitra bisnis dengan sejumlah peternak handal dan profesional. 

Beberapa petani beranggapan bahwa bibit kambing etawa berkualitas memiliki ciri berupa tidak adanya benjolan pada punggung. Tidak hanya itu saja, menurut beberapa petani, bibit kambing etawa berkuliah memiliki kaki uang cenderung tebal dan kokoh. 

3. Mengupayakan Pangan 

Ternak kambing etawa berhasil jika kebutuhan protein dan nutrisi terpenuhi dengan baik. Kamu bisa memberikan makanan berupa daun-daunan, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Kebutuhan kambing etawa harus terpenuhi agar pertumbuhan maksimal. 

Tidak hanya membutuhkan makanan, bibit kambing etawa juga memerlukan asupan mineral. Asupan mineral bisa diupayakan dengan air yang dicampur dengan garam. Pastikan untuk memberi makan setiap 3 kali sehari agar kambing etawa tumbuh cepat. 

4. Mengawinkan Kambing

Cara ternak kambing etawa setelah memasuki usia dewasa yakni mengawinkannya. Idealnya kambing bisa dikawinkan ketika memasuki usia 2 tahun. Menurut pengalamanku pribadi, mengawinkan kambing bisa dilakukan secara silang. 

Idealnya kambing akan beranak sebanyak 3 kali selama satu tahun. Namun hal tersebut tergantung beberapa faktor mulai dari usia hingga genetik kambing. Agar proses reproduksi kambing lancar, Kamu bisa mencarikan jantan berkualitas unggulan. 

5. Panen

Menurut sejumlah peternak kambing etawa, proses paling dinantikan yakni panen. Terdapat 3 panen yang bisa Kamu terapkan yakni dijual dalam bentuk bibit, siap sembeli atau diambil untuk kebutuhan produksi susu.

Namun, rata-rata budidaya kambing etawa dilakukan untuk diambil susunya. Hal ini lantaran banyak sekali orang yang membutuhkan susu kambing etawa untuk alternatif tertentu. Jika tujuan budidaya untuk produksi susu maka harus lebih selektif dan maksimal. 

FAQ

Berapa modal yang diperlukan untuk memulai ternak kambing etawa?

Modal yang Kamu perlukan untuk memulai usaha peternakan kambing etawa mulai dari 50-70 juta. Namun modal tersebut bisa disesuaikan dengan skala budidaya yang dilakukan. 

Bagaimana agar peternakan terbebas dari serangan penyakit?

Sama dengan manusia, hewan juga membutuhkan perawatan secara medis. Kamu bisa melakukan vaksinasi pada kambing etawa agar terhindar dari penyakit. 

Bagaimana cara agar susu etawa laris manis?

Kamu bisa meningkatkan produksi kemudian menjual dengan menitipkan ke warung-warung ataupun kedai minuman. 

Cara ternak kambing etawa bisa diterapkan untuk pekerjaan sampingan atau utama. Kamu bisa juga menjual bibit sekaligus mengembangkan produksi susu kambing. Tingkatkan budidaya dengan mempelajari trik yang tersedia di artikel lain webisite Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar