Trik Memulai Bisnis Toko Kelontong agar Selalu Ramai Pembeli

 

Toko kelontong bisa laris manis jika Kamu pandai cari peluang
Penataan produk berpengaruh besar terhadap bisnis toko kelontong

CariUang- Bisnis toko kelontong menjadi salah satu usaha yang cukup potensial. Pasalnya usaha ini bisa diterapkan oleh masyarakat desa ataupun kota. Terkesan sepele, namun usaha ini harus penuh dengan pertimbangan agar menguntungkan. 

Ragam Trik Memulai Bisnis Toko Kelontong

Dalam memulai toko kelontong menurutku Kamu harus pandai melihat kondisi lingkungan sekitar. Pasalnya banyak sekali masyarakat yang memilih belanja di toko kelontong dengan alasan tertentu. Berikut trik agar toko kelontong milikmu laris manis:

1. Pilih Lokasi Strategis

Pemilik toko kelontong sudah pasti wajib memilih lokasi yang strategis. Kamu bisa melihat potensial jualan laris manis dengan mengamati sejauh mana masyarakat membutuhkan keberadaan layanan toko yang tersedia. 

Beberapa pemilik toko kelontong banyak yang memilih lokasi dekat dengan rumah lantaran memudahkan pemantauan. Hal ini berlaku jika tetangga Kamu dan lokasi rumah strategis. Sangat disarankan memilih lokasi yang dekat pusat layanan umum.

2. Mengenali Konsumen

Tahapan berikutnya yang bisa Kamu terapkan untuk membuka toko kelontong sukses yaitu mengenali konsumen. Sejumlah pelaku usaha beranggapan trik ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga kedepannya melakukan langganan di toko. 

Untuk mengenali kebutuhan konsumen Kamu bisa melakukan survei atau riset pasar terlebih dahulu. Cara ini diklaim cukup efektif dalam meningkatkan penjualan toko kelontong. Jika sudah mengetahui kebutuhan konsumen, sediakan produk-produk itu. 

3. Menyiapkan Modal

Pelaku UMKM hingga pengusaha menjelaskan bahwa modal menjadi indikator utama yang menentukan keberhasilan suatu usaha. Oleh sebab itu Kamu harus menyiapkan modal sebagai langkah awal sebelum mengembangkan toko kelontong. 

Berapa Modal yang diperlukan untuk membuat toko kelontong? Menurut pendapatku pribadi, modal membuat toko kelontong mulai dari 70-90 juta belum termasuk operasi. Namun angka tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan planning usaha. 

4. Mencari Supplier Terpercaya

Ketika membuka usaha toko kelentong tentu Kamu harus menyiapkan sejumlah kebutuhan atau dagangan. Menurutku agar mendapatkan harga murah Kamu harus mencari supplier dan melakukan pembelian secara grosir sehingga cukup praktis. 

Hal ini sesuai dengan pendapat dari salah satu pemilik toko kelentong yang menyatakan bahwa untuk mendapatkan barang murah dan berkualitas harus mencari supplier terbaik. Pilih tempat pembelian kebutuhan dari tangan pertama ataupun kedua. 

5. Menyusun Toko Menarik

Pengalamanku pribadi dalam mengunjungi toko kelentong, rata-rata mereka punya konsep penyusunan beragam. Aku pribadi lebih suka dengan toko kelentong yang memiliki konsep unik dan penataan produk cukup rapi. 

Dalam mengupayakan hal tersebut Kamu harus memiliki keahlian dalam mengembangkan kreativitas. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu mengupayakan produk selalu tertata rapi, membersihkan beberapa debu dan masih banyak lagi. 

6. Layanan Terbaik

Sebuah fakta menyatakan seorang pemilik bisnis toko kelontong harus memiliki sifat ramah. Kenapa wajib menerapkan hal tersebut? Hal ini bertujuan agar konsumen nyaman mengunjungi toko kelentong yang Kamu miliki.

Meskipun nantinya beberapa kali ada yang mengajukan bon, Kamu harus tetap bersifat ramah. Trik ini bertujuan untuk membangun loyalitas dan kepuasan batin dari pelanggan setia. Sejauh ini sudah banyak toko kelontong di kota yang menerapkannya.

Memulai bisnis toko kelentong memang terlihat mudah. Namun ternyata tidak semudah yang Kita bayangkan. Terdapat banyak tips dan trik yang dapat dicoba untuk meningkatkan penjualan. Pelajari cara memperlakukan pelanggan dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar