Tahapan Memulai Bisnis Seafood agar Tidak Kalah Saing

 

Bisnis seafood bisa berkembang jika Kamu bisa memilih supplier terbaik
Bisnis seafood bisa berkembang jika Kamu bisa memilih supplier terbaik


CariUang - Seafood merupakan makanan yang bergizi dan disukai oleh sejumlah kalangan. Memulai bisnis Seafood bukan menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan. Pasalnya usaha ini cukup potensial dalam memberikan keuntungan berjumlah besar.

Bagaimana Tahapan Awak Memulai Bisnis Seafood?

Muvsi menerangkan setidaknya terdapat 15 jenis ikan yang berpotensi menguntungkan jika dijadikan sebagai bahan memulai usaha seafood. Menurut sejumlah petani ikan, bahan untuk usaha seafood tersedia secara melimpah. Berikut tahap memulai bisnis ini:

1. Menyusun Rencana

Tahapan pertama yang dapat Kamu lakukan untuk memulai usaha seafood yaitu menyiapkan rencana. Rencana yang dimaksudkan dalam tahapan ini yaitu Kamu ingin membuat konsep seperti apa, pola penyusunan dan masih banyak lagi. 

Menurut pengalamanku pribadi makanan seafood jauh lebih menarik jika dijual di resto dengan gaya klasik. Selain konsep yang unik, tempat tersebut memberikan sensasi nyaman bagi pelanggan. Hal ini tentu bisa dijadikan alternatif menarik jumlah pembeli. 

2. Persiapkan Modal

Menurut sejumlah pengusaha yang sudah sukses di dunia bisnis, Kamu perlu menyiapkan modal sebelum memulai usaha di bidang seafood. Modal tersebut berupa uang dan tenaga ahli di bidangnya sebagai tahapan dan keseriusan memulai usaha. 

Modal yang perlu Kamu persiapkan harus optimal agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Berapa modal yang perlu dipersiapkan untuk membangun usaha di bidang seafood? Kamu perlu siapkan modal mulai dari 50-70 juta belum termasuk operasional.

3. Utamakan Kualitas

Dalam menjalankan bisnis di bidang kuliner semua pelaku usaha disarankan untuk mengutamakan kualitas. Terlebih jika penjualan seafood tersebut dilakukan dalam bentuk mentah. Kamu harus memastikan bahwa seafood tersebut masih fresh atau segar. 

Penting juga Kamu mengamati tekstur pada seafood yang akan dijual. Biasanya seafod layak atau tidaknya dikonsumsi dapat dilihat secara fisik. Hindari menjual makanan seafood yang belum terjamin kualitasnya lantaran mempengaruhi branding usahamu. 

4. Selektif dalam Memilih Supplier

Bisnis seafood bisa berjalan lancar jika Kamu mempunyai supplier yang jujur dengan sejumlah produk unggulan. Cara ini membantu Kamu untuk mendapatkan bahan-bahan berkualitas sehingga usaha memberikan kepuasan batin bagi semua pihak. 

Kamu bisa juga memilih supplier yang biasanya memasokkan seafood pada restoran-restoran ternama. Dengan cara ini Kamu bisa mengupayakan supplier berkualitas dengan harga yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. 

5. Promosi

Menurut pengalamanku pribadi dalam mencari rekomendasi restoran seafood, rata-rata pelaku usaha selalu optimal melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform sosial media seperti Facebook, Instagram, hingga Tik Tok. 

Sosial media juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu pusat informasi kepada pelanggan. Bagaimana cara promosi pakai sosial media? Cara promosi di sosial media yaitu dengan membuat katalog produk hingga membuat konten seputar seafood. 

6. Karyawan Kompeten

Beberapa pelaku usaha memilih menambah karyawan sebagai salah satu usaha meningkatkan layanan. Sebelum pilih karyawan, Kamu harus memastikan keahlian pihak tersebut. Hal ini agar kinerja yang diberikan mampu memberikan manfaat besar. 

Terapkan sifat cekatan dan jujur pada karyawan. Hal ini bertujuan untuk membangun loyalitas suatu restoran seafood. Menurut pengalamanku pribadi, karyawan yang cekatan dan jujur akan membuat pembeli tidak segan untuk datang kembali. 

Itulah beberapa strategi memulai bisnis seafood yang bisa dijadikan sebagai alternatif mendapatkan untung besar. Kembangkan ilmu sepurmtar bisnis kuliner dengan cara membaca sejumlah artikel yang tersedia di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar