Cara Budidaya Melon Modal Ringan Panen yang Bisa Hasilkan Untung Jutaan

 

Bibit berkualitas membuat budidaya melon menawarkan keuntungan besar
Bibit berkualitas membuat budidaya melon menawarkan keuntungan besar

CariUang - Terdapat banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Salah satu usaha yang paling sering ditempuh yakni budidaya melon. Cara budidaya buah satu ini sebenarnya sama saja dengan tahapan pada umumnya. 

Bagaimana Cara Budidaya Buah Melon?

Untuk membudidayakan buah melon terdapat serangkaian tahapan yang tidak boleh ditinggalkan. Menurut pendapat sejumlah petani budidaya buah melon bisa dilakukan di ladang atau pekarangan rumah. Berikut ini cara membudidayakan buah melon:

1. Siapkan Polibag

Tahapan pertama yang perlu Kamu persiapan sebelum menanam melon yakni mencari polibag. Cari polibag berukuran sedang sehingga mampu memuat 2-3 bibit sekaligus. Untuk apa polibag diperlukan? Polibag diperlukan untuk media tanam bibit melon. 

Menurut sejumlah petani, mempersiapkan polibag sebagai media tanam tahapan pertama memudahkan pengontrolan buah melon. Hal inilah yang membuat petani melon rata-rata membutuhkan polibag ukuran sedang selama proses budidaya. 

2. Siapkan Tanah dan Pupuk

Polibag yang telah dipersiapkan harus diisi dengan tanah dan pupuk agar bisa segera digunakan. Campur tanah dan pupuk hingga merata kemudian isikan pada polibag yang telah dipersiapkan. Hindari menggunakan pupuk kimia atau pestisida terlalu banyak. 

Berdasarkan sejumlah penelitian, pupuk kimia mampu memberikan efek buruk pada tanaman dan lingkungan dalam jangka panjang. Lantas pupuk apa yang digunakan! Kamu bisa menggunakan pupuk kandang ataupun kompos sebagai bahan campuran.

3. Cari Bibit Berkualitas

Media tanam yang telah dipersiapkan membuat Kamu bisa langsung mencari bibit berkualitas. Menurut sejumlah petani, bibit berkualitas bisa didapatkan dari hasil panen sebelumnya atau pembelian melalui agen terpercaya. 

Bibit berkualitas cenderung memiliki bentuk fisik sempurna tanpa cacat sedikitpun. Biasanya bibit berkualitas mudah tumbuh setelah ditanam sehingga tahapan ini sangat wajib diterapkan. Untuk cari bibit berkualitas diperlukan keahlian dalam memilah. 

4. Tanam

Dalam proses budidaya setelah bibit didapatkan maka Kamu bisa langsung menanamnya. Dalam proses tanam sebenarnya sama saja dengan bibit buah pada umumnya. Kamu tinggal memasukkan benih melon tadi ke dalam polibag. 

Tunggu beberapa hari hingga bibit bersemi. Setelah dirasa bibit sudah kuat, Kamu bisa memindahkan pada lahan yang lebih luas seperti ladang ataupun kebun. Buat penyangga agar proses budidaya melon berjalan dengan lancar dan buah berkualitas. 

5. Perawatan

Sejumlah petani beranggapan bahwa dalam proses budidaya buah melon diperlukan perawatan ekstra. Perawatan dilakukan dengan membasmi rumput liar, memberikan pupuk, penyiraman hingga pemangkasan daun-daun kering yang bersifat menghambat. 

Menurut pengalamaku, perawatan yang dilakukan secara maksimal mampu membuat hasil budidaya memuaskan. Oleh sebab itu Kamu wajib mengupayakan perawatan pada budidaya buah melon agar hasil panen memuaskan dan melimpah ruah. 

6. Panen

Hampir semua petani pasti menantikan momen panen buah melon. Dalam tahapan ini Kamu bisa memetik buah melon yang telah matang atau mendekati masa tersebut. Kumpulkan buah tersebut dan pastikan melon hasil panen berkualitas. 

Setelah proses panen berlangsung, bersihkan area ladang sehingga proses budidaya kedepannya berlangsung cepat. Jual buah melon yang sekiranya berkualifikasi agar kedepannya mendapatkan kepercayaan dari pembeli. 

Cara budidaya melon tersebut bisa Kamu terapakan untuk menghasilkan keuntungan besar. Upayakan untuk senantiasa memperhatikan setiap tahapan agar tidak ada yang terlewat. Baca trik seputar budidaya lainnya dengan membaca artikel di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar