Jangan Sampai Keliru, Ini Cara Budidaya Buah Naga Agar Hasil Panen Bermutu

Proses budidaya buah naga harus dilakukan secara optimal agar menghasilkan kualitas tinggi
Proses budidaya buah naga harus dilakukan secara optimal agar menghasilkan kualitas tinggi 


CariUang - Buah naga selama ini dikenal sebagai salah satu sumber protein dan vitamin. Tidak heran jika banyak orang rela memperlajari cara budidaya buah naga sebagai alternatif untuk konsumsi sendiri ataupun ide usaha. 

Bagaimana Cara Budidaya Buah Naga yang Efektif?

Pengembangan buah naga bisa efektif jika Kamu menerapkan sejumlah tahapan penting. Proses budidaya buah satu ini cukup panjang dan perlu selektif. Berikut ini cara membudidayakan buah naga yang baik dan benar: 

1. Sediakan Lahan

Menurutku dan sejumlah petani buah naga, modal awal untuk melakukan budidaya yaitu penyiapan lahan. Pastikan lahan tersebut telah mendapatkan proses perawatan maksimal. Kamu bisa mencabut semua rumput dan menyisihkan gulma pada lahan. 

Jika belum memiliki lahan sendiri sebaiknya Kamu menyewa. Luas lahan bisa menyesuaikan dengan kapasitas buah naga yang hendak dibudidayakan. Tahapan ini perlu diperhatikan lantaran mempengaruhi proses pertumbuhan buah naga. 

2. Pemilihan Bibit Berkualitas

Pembibitan buah naga bisa dilakukan dengan dua cara yaitu sebar biji dan stek batang. Umumnya sejumlah petani beranggapan bahwa tanam biji cenderung lebih sulit dan lambat. Oleh sebab itu, Kamu bisa mempertimbangkan stek batang sebagai bibit. 

Pilih batang yang telah tua dengan tanda sedikit keras dan diameter sekitar 8 cm. Potong batang tersebut secara serong untuk mendapatkan hasil maksimal. Cara ini menuntut Kamu untuk menguasai keahlian stek batang pada tumbuhan.

3. Buat Cagak Penyangga

Setelah memilih bibit berkualitas, Kamu juga perlu menyiapkan cagak Penyangga. Pembuatan cagak bisa menggunakan bambu ataupun kayu. Pastikan cagak penyangga memiliki kekuatan yang cukup kokoh sehingga tidak mudah roboh. 

Tujuan pembuatan cagak penyangga yakni agar bibit buah naga tetap tegak dan tidak merambat ke samping. Cara ini juga membuat hasil budidaya lebih banyak lantaran pertumbuhan bisa maksimal.

4. Buat Lubang

Kamu juga harus membuat lubangan di dekat tiang penyangga untuk meletakkan bibit sebelum ditanam. Pastikan lubang yang dibuat tidak terlalu dangkal dan terlalu dalam. Dalam hal ini Kamu harus memiliki keahlian memperkirakan kedalaman sesuai batang 

Pembuatan lubang untuk budidaya buah naga bisa dilakukan dengan memanfaatkan cangkul. Taruh bibit pada lubang yang telah tersedia kemudian tutup kembali hingga akar sudah tidak terlihat.

5. Sediakan Jaring

Tau nggak sih kalau buah naga mudah diserang oleh kelewat dan burung? Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Kamu bisa membuat jaring pada area buah naga yang sudah berbuah dan siap panen. 

Pembuatan jaring ini bisanya dilakukan oleh sejumlah petani menjelang masa panen berlangsung. Cara lain yang bisa Kamu tempuh untuk membasmi serangan burung dan kelelawar yaitu membuat orang-orangan. 

FAQ

Kenapa Buah Naga Susah Berbuah?

Buah naga susah berbuah menurutku dipengaruhi oleh dua faktor yakni pencahayaan kurang dan air berlebihan. Sejumlah petani berpendapat bahwa pemberian air terlalu banyak membuat bunga buah naga rontok.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Hasil Budidaya Buah Naga?

Untuk memaksimalkan hasil panen, Kamu harus meningkatkan pengairan dan pemenuhan kebutuhan pupuk.

Berapa Modal Budidaya Buah Naga?

Modal yang diperlukan untuk budaya naga mulai dari 70 - 90 juta.

Budidaya buah naga akan memberikan hasil terbaik jika Kamu menerapkan sejumlah trik di atas. Usahakan mengembangkan ilmu pengetahuan seputar budidaya salah satunya dengan baca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar