Cara Ternak Kelinci Pedaging dengan Modal Minim

 

Ilustrasi ternak kelinci pedaging yang berkualitas
Ilustrasi ternak kelinci pedaging yang berkualita


CariUang
- Ternak kelinci pedaging saat ini banyak ditempuh oleh sejumlah petani di desa. Pasalnya usaha ini cukup menguntungkan dari segi hasil hingga limbahnya. Peternakan kelinci pedaging ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar. 

Bagaimana Cara Ternak Kelinci Pedaging?

Untuk ternak kelinci tentu diperlukan sejumlah tahapan mulai dari pembibitan hingga masa jual. Dalam menjalankan usaha ini diperlukan keahlian dalam melakukan perawatan terhadap hewan. Berikut ini sejumlah langkah untuk ternak kelinci:

1. Menyiapkan Kandang

Dalam ternak kelinci tentu Kamu membutuhkan kandang sebagai tempat tinggal hewan tersebut. Kandang bisa dibuat dengan menggunakan bambu ataupun besi dan kayu. Berdasarkan buku Beternak Kelinci Potong, kadang harus memiliki suhu 15 - 20 °C. 

Sebaiknya Kamu membuat kandang yang tidak jauh dari lokasi perumahan. Kenapa demikian? Hal ini bertujuan agar memudahkan untuk pengontrolan kelinci terutama jika menjelang beranak. Sejumlah petani beranggapan cara ini membantu meningkatkan produksi. 

2. Pilih Bibit Berkualitas

Jika kandang untuk budidaya sudah siap, Kamu bisa langsung memilih bibit berkualitas. Menurut pendapat peternak kelinci, pemilihan bibit berkualitas bisa didapatkan melalui pembelian. Pembelian hendaknya memperhatikan ciri-ciri bibit tersebut. 

Berdasarkan buku Beternak & Bisnis Kelinci Pedaging karya Priyatna, bibit berkualitas memiliki ciri tumbuh normal, tidak cacat, tahan terhadap berbagai penyakit dan masih banyak lagi. Idealnya usia bibit kelinci mulai dari 1.5 - 2 bulan.

3. Mengupayakan Gizi

Kelinci juga membutuhkan pakan bergizi untuk meningkatkan pertumbuhan. Bagaimana cara mencari makanan bergizi? Makanan bergizi untuk kelinci pedaging meliputi rumput, sayur hijau hingga pelet. Tidak jarang petani juga memberi vitamin tambahan. 

Namun, pembelian vitamin tambahan pada ternak kelinci pedaging harus berdasarkan resep dokter. Hal ini bertujuan untuk menghindari sejumlah efek samping yang berpotensi ditimbulkan pasca pemberian vitamin terhadap kelinci pedaging. 

4. Pemberian Pakan Teratur

Tidak hanya mengupayakan gizi saja, menurut pengalamanku dalam merawat kelinci hewan tersebut membutuhkan makanan teratur. Kamu bisa mengupayakan makanan untuk kelinci selama 3 kali dalam sehari. Makanan bisa berupa rumput liar. 

Namun sesekali Kamu bisa memberi kelinci pedaging tersebut makanan bergizi seperti wortel. Pemberian pakan teratur benar-benar harus diupayakan terlebih jika kelinci tersebut sedang beranak. Hal ini mencegah induk memakan anaknya sendiri. 

5. Pengecekan Berkala

Dalam membudidayakan kelinci pedaging diperlukan keahlian dalam mengamati fisik dan kesehatan hewan tersebut. Untuk apa tindakan tersebut dilakukan? Tindakan tersebut perlu dilakukan dengan tujuan evaluasi jika terdapat kelinci yang sakit. 

Tidak hanya itu saja, pengecekan Berkala juga untuk memantau kondisi kelinci pedaging yang melahirkan. Hal ini bertujuan agar proses budidaya berjalan lancar dan menghindari sejumlah kerugian yang mungkin terjadi. 

FAQ

Berapa modal untuk budidaya kelinci pedaging?

Modal yang diperlukan untuk budidaya kelinci pedaging mulai dari 10-15 juta. Biaya tersebut bisa disesuaikan dengan skala usaha yang akan dijalankan. 

Untuk apa biasanya kelinci pedaging? 

Sejumlah pengusaha menjelaskan bahwa mereka membeli kelinci pedaging untuk disembelih dan dijadikan makanan seperti sate. 

Umur berapa kelinci bisa dipotong?

Kelinci bisa dipotong ketika memasuki usai 4-6 bulan atau ketika dagingnya sudah besar. 

Keahlian apa yang dibutuhkan dalam ternak kelinci?

Kamu hanya membutuhkan keahlian untuk beternak dan mengatasi sejumlah virus

Ternak kelinci pedaging bisa dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan. Hal ini lantaran permintaan kelinci pedaging cukup tinggi. Pelajari trik budidaya efektif dengan membaca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar