Cara Budidaya Ubi Jalar Organik Modal Rendah Hasil Berlimpah

 

Budidaya ubi jalar organik efektif jika semua tahapan dilakukan dengan seksama
Budidaya ubi jalar organik efektif jika semua tahapan dilakukan dengan seksama

CariUang - Budidaya ubi jalar organik merupakan ide pertanian yang sudah banyak diterapkan. Dalam tahapan budidaya ini, semua kebutuhan berasal dari organik sehingga lebih ramah lingkungan. Modal yang perlu Kamu siapkan juga tergolong kecil.

Langkah Budidaya Ubi Jalar Organik agar Hasil Efektif

Tahapan budidaya ubi sebenarnya cukup mudah dibandingkan jenis tanaman yang lain. Pasalnya perawatan tidak perlu dilakukan secara optimal. Berikut ini sejumlah tahapan budidaya ubi jalar yang ramah lingkungan dan modal rendah:

1. Siapkan Lokasi Sesuai

Tahapan pertama untuk membudidayakan ubi secara organik yakni memilih lokasi sesuai. Pemilihan lokasi yang tepat harus disesuaikan dengan karakteristik pada ubi jalar. Indonesia sendiri memiliki banyak wilayah yang cukup potensial. 

Sejumlah petani yang telah ahli dalam membudidayakan ubi jalar berpendapat bahwa tanaman ini bisa tumbuh dengan suhu antara 21- 27 °C. Menurutku, ubi jalar cukup optimal jika dibudidayakan di daaerah dataran rendah.

2. Siapkan Lahan

Jika lokasi sudah dipilih Kamu bisa langsung mempersiapkan lahan untuk proses budidaya. Lahan tersebut harus steril dari berbagai bakteri dan hama yang bersifat mengganggu pertumbuhan. Kamu bisa menerapkan keahlian dalam membasmi hama. 

Gemburkan tanah dan beri pupuk organik secukupnya. Pupuk organik bisa berasal dari sampah pembusukan daun, kotoran hewan dan lain-lain. Cabut seluruh rumput liar yang berasal di area lokasi budidaya.

3. Penyiapan Bibit

Setelah lahan berhasil Kamu kelola menurutku langkah yang tidak kalah penting yaitu memilih bibit berkualitas. Pemilihan bibit berkualitas untuk membudidayakan ubi jalar yakni dengan stek pucuk. Hampir semua petani menerapkan cara ini untuk budidaya. 

Cara stek pucuk juga tergolong cukup gampang. Menurut petani ubi jalar organik yang telah ahli, sebaiknya stek dilakukan sepanjang 15-20 cm pada pucuk yang telah merambat. Usahakan cepat ditanam agar nantinya bibit ubi jalar tidak mati. 

4. Proses Penanaman

Setelah bibit didapatkan menurutku alangkah baiknya jika Kamu langsung melakukan penanaman. Perlu Kamu ketahui, lahan baru bisa ditanami bibit jika sudah berlangsung 7- 14 hari pasca persiapan dilakukan. 

Hal ini bertujuan agar proses budidaya ubi jalar organik berjalan dengan lancar. Buat jarak sekitar 20-30 cm antar bibit agar pertumbuhan maksimal. Gunakan keahlian memperkirakan jarak agar tidak perlu mengukur satu persatu. 

5. Pemupukan Organik

Setelah semu bibit ditanam dengan baik dan benar, tahapan yang tidak kalah penting yaitu pemupukan. Menurut pengalamanku pribadi, pemakaian pupuk kimia akan berefek buruk kedepannya. Pemupukan bisa dilakukan setiap 1 bulan 1-2 kali agar maksimal.

Kamu bisa membaca sejumlah referensi dari google untuk meningkatkan keahlian membuat pupuk sendiri. Cara ini tergolong cukup efektif dalam meningkatkan produktivitas ubi jalar dan menghemat biaya operasional.

FAQ

Berapa Modal Budidaya untuk Ubi Jalar Organik?

Modal untuk membudidayakan ubi jalar cukup terjangkau yakni sekitar 6-10 juta. 

Kenapa Ubi Jalar Susah Besar?

Salah satu faktor yang menyebabkan ubi jalar tidak mau besar yakni kurangnya asupan kebutuhan seperti air dan pemupukan. 

Kapan Ubi Jalar Organik Bisa dipanen?

Ubi jalar organik bisa dipanen ketika sudah memasuki usia 3-4 bulan.

Kenapa Ubi Jalar Berlubang?

Ubi jalar yang berlubang ataupun membusuk biasanya disebabkan oleh bakteri sehingga perlu dilakukan penyemprotan.

Tahapan budidaya ubi jalar organik tersebut bisa Kamu terapkan sebagai salah satu usaha menghasilkan keuntungan besar. Pelajari sejumlah cara budidaya lainnya dengan membaca seluruh artikel yang tersedia dalam website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar