Untung Besar, Ini Tahapan Budidaya Ikan Sistem RAS

 

Budidaya ikan sistem RAS saat ini sudah mulai populer

CariUang- Budidaya ikan sistem RAS saat ini cukup familiar di kalangan petani. Tidak hanya canggih, dengan sistem ini Kita bisa hemat terhadap ketersediaan air bersih. Terlebih kemarau kali ini berjalan cukup panjang dan belum ada titik terang.

Apa itu Budidaya Ikan Sistem RAS

Budidaya ikan dengan sistem RAS merupakan suatu proses dimana tindakan tersebut mengandalkan teknologi. RAS sendiri merupakan kepanjangan dari Recirculating Aquaculture System.

Sistem ini bertujuan untuk mensirkulasi air kolam agar terhindar dari bakteri, kotoran hingga racun yang menyebabkan budidaya ikan terganggu. Nantinya kotoran yang berasal dari limbah budidaya akan mengendap di samping tangki.

Setelah melalui proses tersebut maka air bisa dikembalikan ke dalam kolam. Dengan cara ini Kamu tidak perlu bolak-balik isi air kolam. Air yang dikembalikan ke dalam kolam sudah pasti bersih dan stabil sehingga baik untuk pertumbuhan ikan.

Tahapan Budidaya Ikan Pakai Sistem RAS

Setelah mengetahui pengertian dari sistem RAS, Kamu bisa menerapkan sejumlah tahapan penting untuk menerapkannya. Menurut sejumlah petani cara ini cukup membantu saat musim kemarau. Berikut ini tahapan dari budidaya RAS:

1.Mempersiapkan Alat dan Melakukan Pemasangan

Langkah pertama yang harus diterapkan oleh petani sebelum memulai budidaya dengan sistem RAS yaitu menyiapkan semua peralatan dan bahan. Bahan tersebut mulai dari pipa hingga sejumlah tangki. 

Pasang sesuai dengan mekanisme,pelajari tutorial legkapnya melalui tayangan Youtube. Pastikan memasang semua alat dengan baik dan benar sehingga nantinya memberikan hasil maksimal pada budidaya ikan yang Kamu terapkan.

2. Isi Air

Setelah semua peralatan terpasang dengan baik Kamu bisa langsung mengisi dengan air. Pastikan Kamu punya kemampuan dan keahlian dalam memperkirakan volume atau wadah. Dalam hal ini Kamu bisa menghitung berdasarkan rumus.

Isi air hingga tangki terisi penuh agar mengetahui keamanan dari tabung tersebut. Hal ini sebenarnya bertujuan untuk mendeteksi jika terdapat kebocoran pada tangki yang akan dipakai proses budidaya sistem RAS.

3. Pengecekan Tangki Secara Keseluruhan

Cek kembali tangki yang akan dipakai untuk budidaya secara keseluruhan. Menurut pendapat sejumlah petani, budidaya ikan sistem RAS yang mengalami kebocoran akan berpengaruh pada hasil sirkulasi air.

Degan menerapkan sistem ini peternakan ikan atau budidaya bisa menghasilkan untung besar dan ramah lingkungan. Hal ini lantaran sistem RAS membuat kualitas air cukup tinggi disertai dengan pengendalian yang muda.

Peternakan Ikan yang Memakai Sistem RAS

Sistem budidaya ikan RAS ini telah dikembangkan selama 20-30 tahun di Norwegia. Dalam proses pengembangan tersebut setidaknya terdapat beberapa jenis ikan yang bisa dibudidayakan mulai dari salmon, nila, lobster dan lain-lain.

Salah satu peternakan ikan yang telah menerapkan sistem RAS yaitu UPT Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Tatelu, Sulawesi Utara. Kisaran modal yang digunakan dalam budidaya ikan sistem RAS skala kecil sekitar 90-120 juta.

FAQ

Apakah semua jenis ikan bisa pakai sistem RAS?

Semua jenis budidaya ikan bisa menerapkan sistem RAS. Namun sistem ini banyak dipakai untuk budidaya ikan nila.

Berapa modal untuk membuat budidaya ikan sistem RAS?

Besar kecilnya usaha budidaya ikan sistem RAS tergantung skala. Namun rata-rata modal yang diperlukan sekitar 90-120 juta belum termasuk operasional per bulan.

Budidaya ikan sistem RAS sudah banyak diterapkan di luar negeri. Hal ini lantaran untung besar dan bisa diterapkan kapan saja. Namun, Kamu harus pandai menghitung peluang usaha. Pelajari info lain seputar bisnis dengan baca artikel di sini.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar