Langkah Jitu Budidaya Udang Vaname agar Untung Berlipat Ganda

 

Budidaya udang Vaname bisa dilakukan dengan melakukan sejumlah cara

CariUang - Budidaya udang Vaname saat ini menjadi salah satu bisnis yang banyak ditekuni oleh semua orang. Hal ini lantaran budidaya Vaname menjanjikan keuntungan besar setelah panen. Namun terdapat sejumlah trik agar panen untung besar. 

Bagaimana Cara Memulai Budidaya Udang Vaname?

Dalam budidaya Vaname diperlukan sejumlah cara khususnya. Untuk apa cara tersebut? Cara tersebut berguna sebagai bentuk persiapan sekaligus rancangan memulai usaha. Berikut ini cara memulai budidaya Vaname agar hasil panen banyak:

1. Siapkan Lokasi

Langkah pertama agar hasil panen banyak dan menguntungkan Kamu harus menyiapkan lokasi. Kamu bisa memilih lokasi yang dekat dengan rumah agar pemantauan lebih mudah. Pembuatan kolam di lokasi bisa memakai terpal. 

Apakah memakai terpal untuk membuat kolam sangat efektif? Membuat kolam di lokasi dengan memakai terpal cukup efektif dan hemat. Namun cara ini cukup beresiko seperti kebocoran hingga susah dikuras sehingga budidaya sedikit terhambat. 

2. Isi Air

Dalam pemberian air untuk budidaya vaname juga perlu dipertimbangkan. Kamu harus mengisi air setelah kolam jadi. Isi kolam tersebut memakai air bersih hingga penuh. Setelah air penuh tunggu setidaknya sekitar 1-2 Minggu hingga aroma karet hilang.

Setelah aroma hilang maka kuras air tersebut dan ganti dengan baru. Pasalnya bau atau aroma pada karet mampu membuat udang beresiko mengalami mabok sehingga cara ini sangat penting untuk Kamu terapkan. Tambahkan garam agar air menjadi payau.

3. Pilih Bibit

Langkah selanjutnya keahlianmu dalam memilih diuji. Kamu harus memilih bibit berkualitas dengan melakukan pembelian sehingga budidaya menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Pilih bibit vaname dengan membeli ke peternak handal. 

Cukup mudah sebenarnya memilih bibit berkualitas. Sebagian orang berpendapat bahwa bibit udang berkualitas punya pergerakan lincah hingga ukuran lebih besar. Bibit tersebut sangat pas jika Kamu pilih untuk dibudidayakan. Beli banyak biasanya murah. 

4. Sebar Bibit

Bibit vaname seringkali disebut dengan benur. Kapan waktu terbaik menyebar benur? Setelah pembelian dan kolam siap, sebaiknya benur langsung ditebar. Perhatikan juga suhu air dalam kolam sehingga budidaya udang vidame dapat berjalan lancar. 

Pembibitan vaname atau benur sebaliknya ketika memasuki usia 2-3 bulan. Pasalnya usia benur di bawah 3-4 Minggu yang dipindahkan berpotensi besar mengalami mati. Hindari terlalu sering memindahkan benur lantaran berpengaruh pada pertumbuhan. 

5. Beri Pakan dan Perawatan

Budidaya udang vidame akan berhasil dan berkualitas jika Kamu rutin memberikan pakan. Berdasarkan pengalaman dari sejumlah petani, besar kecilnya ukuran udang juga dipengaruhi oleh pemberian makanan selama proses budidaya berlangsung. 

Tidak hanya memberikan pakan yang cukup, Kamu juga perlu melakukan sejumlah perawatan. Perawatan terhadap udang vidame dapat diupayakan dengan cara membersihkan kolam hingga membasmi kotoran atau sampah daun. 

6. Panen

Setelah melewati sejumlah proses, Kamu bisa langsung melakukan proses panen. Jika dihitungkan, modal untuk memulai budidaya vaname skala besar sekitar Rp 400.000.000 - Rp 500.000.000. Keuntungan bersih bisa mencapai milyaran rupiah. 

Agar hasil panen menguntungkan, Kamu perlu melakukan sejumlah upaya. Pastikan memanen udang viname ketika memasuki usia 4-5 bulan. Idealnya usia udang yang bisa dipanen memang segitu. 

Budidaya udang Vaname akan berhasil dan memberikan hasil memuaskan jika Kamu menerapkan sejumlah langkah di atas. Pelajari juga informasi mengenai bisnis lain yang bisa menguntungkan dengan cara membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar