Intip Potensial Budidaya Ayam Broiler, Benarkah Bisa Untung Besar?

 

Budidaya ayam broiler semakin meningkat jika terdapat trik pengembangan

CariUang- Mendapatkan penghasilan berjumlah besar tentu saja menjadi tujuan hampir semua orang. Penghasilan bernilai fantastis bisa diupayakan dengan memulai usaha budidaya ayam broiler dengan skala bisnis tertentu.

Bagaimana agar Usaha Budidaya Ayam Broiler Untung Besar?

Terdapat sejumlah cara yang dapat diterapkan oleh semua orang untuk menghasilkan keuntungan besar dari budidaya boiler. Berikut ini sejumlah langkah agar usaha ternak ayam broiler mendatangkan keuntungan berlipat ganda:

1.Tentukan Skala Budidaya

Langkah pertama yang harus Kamu terapkan untuk memulai ternak ayam broiler yaitu dengan menentukan skala usaha. Ketahui dulu tujuan ternak untuk dijual telurnya atau ditetaskan sebagai bibit perdagingan.

Jika ingin menerapkan dua-duanya Kamu harus memikirkan segala persiapan terutama modal. Skala budidaya menentukan jumlah keuntungan yang akan diraih. Pastikan membuat skala sesuai dana pasalnya biaya operasional cukup besar.

2. Siapkan Lingkungan

Setelah mengetahui skala budidaya dan tujuan peternakan, Kamu harus mempersiapkan lingkungan tempat pemeliharaan. Pastikan memilih lingkungan yang jauh dari pemukiman warga agar kedepannya tidak mengganggu aktivitas.

Hal ini lantaran lingkungan tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat membuat kandang. Namun, pastikan lokasi peternakan mudah dipantau sehingga perkembangan ayam broiler dapat diketahui setiap saat.

3. Mulai Pembibitan

Jika kandang telah siap, Kamu juga harus menyiapkan skam padi sebagai alas untuk istirahat ayam. Setelah semua hal terkait peralatan dan lokasi siap, pembibitan ayam broiler bisa langsung dilakukan.

Pastikan bibit ayam broiler yang dipilih dalam kondisi sehat. Kamu juga bisa memberikan bibit tersebut sejumlah vitamin agar tahan terhadap penyakit. Sebaiknya memilih bibit ayam yang telah berusia kurang lebih 3 bulan.

4. Pemenuhan Kebutuhan

Proses budidaya ayam broiler tidak luput dengan pemberian pakan, sanitasi, dan masih banyak lagi. Dengan memenuhi kebutuhan tersebut ayam yang dibudidayakan cepat besar sehingga masa panen semakin dekat.

Pisahkan ayam yang sakit atau kurang aktif dengan lainnya. Hal ini bertujuan agar tidak menular. Pengalaman ibuku saat beternak, mencampur ayam sehat dengan sakit membuat virus tersebar hingga fatalnya memicu kematian serentak.

5. Perawatan Ayam dan Kandang

Selain memenuhi kebutuhan dari ayam, Kamu juga perlu melakukan perawatan terhadap kandang. Sejumlah peternak ayam beranggapan bahwa membersihkan kandang menjadi salah satu indikator yang mempengaruhi keberhasilan budidaya.

Membersihkan kandang dapat dilakukan 1-2 minggu sekali dengan memanfaatkan air mengalir. Dengan membersihkan kandang, ayam lebih nyaman sehingga produktivitas meningkat dan terbebas dari sejumlah bakteri berbahaya.

6. Masa Panen

Kemampuan dalam hal perawatan membuat masa panen terasa lebih cepat. Umumnya ayam siap dipanen ketika telah memasuki usia produktif. Usia produktif satu ayam dengan lain nya tidak sama sehingga Kamu harus selektif.

Sebagian petani akan melakukan pemanenan jika bobot ayam sudah lumayan besar. Setelah panen biasanya ayam tersebut dijual kembali atau dijadikan perdagingan sebelum didistribusikan.

FAQ

Apakah Bisa Budidaya Boiler untuk Usaha Telur?

Peternakan ayam broiler bisa dilakukan untuk pembibitan kembali, usaha telur hingga distribusi perdagingan.

Apakah Suhu dan Lingkungan Mempengaruhi Tumbuh Kembang Ayam Broiler?

Suhu dan lingkungan berpengaruh pada perkembangan boiler oleh sebab itu pilih lokasi yang mudah dipantau namun tidak mengganggu aktivitas dari warga sekitar.

Berapa Modal yang diperlukan untuk beternak Ayam Broiler?

Modal yang diperlukan tergantung dengan skala usaha. Namun rata-rata modal yang diperlukan mulai dari 200-250 Juta.

Budidaya ayam broiler cukup menguntungkan peternakan. Terdapat sejumlah trik yang bisa Kamu terapkan untuk meningkatkan budidaya. Hal tersebut bisa Kamu upayakan dengan membaca artikel lain di website ini.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar