Jadi Polemik hingga Picu Reaksi Zulhas, Yuk berkenalan dengan Warung Madura

 

Warung Madura
Warung Madura

CariUang - Warung Madura merupakan salah satu jenis usaha ritel yang belakangan ini menarik perhatian dan simpati banyak orang. Beberapa pemilik usaha serupa merasa terancam dan tersingkirkan dengan keberadaan warung Madura yang buka 24 jam. 

Berlaku sebaliknya, sejumlah masyarakat Indonesia merasa terbantu dengan keberadaan Warung Madura. Pasalnya keberadaan usaha tersebut mampu memberikan pelayanan akan kebutuhan pokok masyarakat selama seharian penuh. 

Bahkan kebutuhan yang disediakan tidak kalah lengkap dengan ritel lainnya seperti Indomaret hingga Alfamart. Bahkan warung Madura ini mulai menyebar di berbagai wilayah Indonesia baik Jawa ataupun kepulauan lainnya. 

Di Bali keberadaan warung Madura ini dianggap sebagai ancaman oleh salah satu pemilik minimarket. Hal ini lantaran pemilik Minimarket tersebut merasa tidak adil lantaran usahanya tidak bisa buka selama 24 jam layaknya warung Madura.

Pemilik minimarket tersebut menuturkan bahwa usahanya tidak bisa buka selama 24 jam lantaran berpotensi melanggar Peraturan Daerah Kabupaten Klungkung Nomor 13 Tahun 2018. Isi dari perda tersebut mengatur terkait beberapa poin usaha. 

Salah satu isi poinnya yakni jam operasional minimarket seperti supermarket, Hypermart dan lain sebagainya hanya boleh buka sampai pukul 22.00 WITA ( Senin - Jumat). Sementara saat hari Sabtu - Minggu boleh buka hingga 23.00 WITA. 

Keberadaan beberapa Minimarket tersebut boleh buka selama 25 jam ketika hari libur nasional. Sebenarnya peraturan pemerintah daerah satu dengan lainnya berbeda-beda sehingga terkait operasional warung Madura harusnya dikaji kembali. 

Daya tarik yang disajikan oleh warung Madura tidak bisa dipungkiri. Bahkan salah seorang warga yang tinggal di daerah Madiun menjelaskan bahwa keberadaan warung Madura cukup membantu. Terlebih pelayanan yang diberikan cukup memuaskan.

" Cukup membantu, terlebih jam operasional seharian penuh. Jadi misal nanti ada keperluan mendadak masyarakat tidak perlu bingung." ucap Yunita kepada pihak wartawan. 

Tidak hanya membantu kalangan masyarakat saja. Jam operasional warung Madura selama 24 jam nyatanya juga menjadi peluang tersendiri bagi pemilik usaha tersebut. Beberapa dari mereka bahakan ada yang menerapakan sistem sift demi kelancaran usaha. 

Di tengah polemik warung Madura yang menjadi kontraversi masyarakat Indonesia. Zulkifli Hasan atau lebih dikenal dengan Zulhas turut buka suara. Dirinya menjelaskan bahwa tidak masalah warung Madura buka selama 24 jam. 

Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan 
IG/ @zul_hasan


“Kenapa dilarang? Bolehlah."

"Saya kira kebutuhan orang 24 jam, warung boleh. Enggak ada masalah,” kata Zulhas dilansir Kompas, Minggu (2/5/2024).

Hingga berita ini dimuat keberadaan warung Madura telah menyebar di berbagai wilayah Indonesia. Dulunya disebut Warung Madura lantaran pemiliknya merupakan orang yang berasal dari daerah bersangkutan. 

Untuk mengetahui toko tersebut tergolong warung Madura atau bukan, masyarakat bisa menanyakan jam operasionalnya. Pasalnya hampir semua warung Madura buka selama 24 jam non stop. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar