Ibu Kota Pindah ke IKN, Ini Peluang Bisnis yang dianggap Menguntungkan

IKN
IKN
IG/ @ikn.id

CariUang - Seperti yang diketahui ibu kota Indonesia akan berpindah atau lebih dikenal dengan IKN. Hal ini sebenarnya menjadi kebijakan pemerintah yang cukup menyita perhatian masyarakat luas. Pasalnya DKI Jakarta sendiri menjadi salah satu kota perantauan yang diklaim memiliki potensi bisnis menguntungkan. 

Seiring berpindahnya ibu kota Indonesia, banyak masyarakat yang mempertanyakan peluang bisnis di masa mendatang. Mengingat saat ini pembangunan IKN bisa dikatakan belum 100% finish. Bahkan kedepannya membutuhkan waktu bertahun-tahun utnuk menanta kehidupan masyarakat layaknya di Ibu Kota lama. 

Menanggapi hal tersebut, Bambang Susantono selaku Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelaskan bahwa kedepannya terdapat sejumlah bisnis yang dikalim memiliki masa depan cerah jika diterapkan di IKN. 

"(Peluang) Ini termasuk transportasi, pendidikan, energi baru dan terbarukan, industri pertanian berkelanjutan, teknologi kota cerdas, dan sebagainya," kata Bambang yang dilansir dari Liputan 6 Kamis, (06/06/2024). 

Bahkan Bambang juga menuturkan bahwa 80% anggaran pembangunan IKN Ini dikeluarkan oleh pihak swasta. Masih berkaitan dengan sejumlah peluang bisnis yang dijanjikan, beberapa investor dikabarkan mulai melakukan investasi di IKN ataupun area sekitar.

Salah satu perusahaan yang telah beroperasi di IKN belum lama ini yakni pabrik milik PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO). Untuk menuju wilayah IKN hanya dibutuhkan waktu kurang lebih setengah jam dari lokasi PT tersebut. 

“Total capex Tanobel pada 2023 adalah Rp 300 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan pabrik baru, pengembangan pabrik dan penambahan mesin serta jaringan distribusi di seluruh wilayah Nusantara,” tulis Tancorp seperti dikutip dari instagram @tancorp.id.

Pada tahun 2024, capital expenditure (capex) menggunakan biaya anggaran modal sekitar Rp 300 miliar untuk berbagai keperluan mulai dari pengembangan, penambahan mesin, hingga memperluas jaringan bisnis. 

Tidak hanya dari pihak swasta, dukungan bisnis di wilayah IKN juga datang dari BUMN. Bulan Febuari lalu BUMN Karya melakukan dukungan dengan cara membangun kerja sama melalui pendirian perusahaan patungan. Perusahaan hasil patungan tersebut diberi nama Karya Logistik Nusantara (KLN). 

Terlepas dari bidang bisnis BUMN, ternyata perpindahan Ibu Kota juga diikuti oleh rombonganusaha kuliner. Nantinya rombongan tersebut akan memulai bisnis di bidang kuliner dengan menggandeng Arena Group.

Tahun depan perusahaan tersebut akan menghadirkan 5 brand restoran ternama di dunia. Hal ini sebenarnya juga menjadi sorotan presiden Jokowi lantaran kurangnya fasilitas dan akomodasi di wilayah IKN. 

"Sampai sekarang kalau saya membawa rombongan 200 orang, 300 orang makan, tempatnya belum ada. Jadi saya sangat menghargai investasi yang akan dibangun ini, Arena Botanika dari Arena Group. Dengan dibangunnya Arena Botanika, fasilitas di IKN akan makin lengkap sehingga masyarakat yang tinggal dan bekerja di IKN tidak perlu repot pergi ke mana-mana untuk menikmati kuliner yang lezat dan suasana yang nyaman di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi yang dilansir dari Suara, Kamis (6/6/2024).

Hingga berita ini dimuat pembangunan IKN masih berlangsung sampai sekarang. Update informasi seputar bisnis baik di IKN ataupun daerah lain bisa didapatkan dengan baca artikel di website ini. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar