Usaha Sewa Kebaya, Peluang Bisnis Anti Bikin Akhir Bulan Nangis

 

Butik sewa kebaya
Butik sewa kebaya

CariUang - Banyak orang memilih menyewa kebaya ataupun gaun pernikahan lantaran hanya digunakan sekali. Usaha sewa kebaya banyak ditekuni oleh orang-orang dengan tujuan mendapatkan keuntungan berjumlah besar terlebih jika sedang banyak orderan.

Table of Contents
 

Cara Memulai Usaha Sewa Kebaya bagi Pemula 

Bagi Kamu yang masih pemula dan ingin memulai bisnis persewaan kebaya dan baju harus memahami sejumlah tahapan. Kamu juga harus siap menerima resiko usaha sewa baju. Berikut ini cara atau tahapan memulai usaha sewa kebaya dan baju:

1. Persiapkan Modal Bisnis dan Perencanaan Matang

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, Kamu wajib siap menerima resiko usaha sewa baju. Apa saja resiko usaha sewa baju? Kebaya atau baju yang dikembalikan kotor, rusak, hingga kesalahan perawatan dari pihak penyewa. 

Rancangan bisnis
Rancangan bisnis 

Segala resiko tersebut harus dipertimbangkan sejak perancangan usaha. Apa saja yang perlu dirancang? Kamu harus memikirkan bagaimana arah bisnis yang tengah digeluti, dimana supplier pencarian baju, strategi marketing hingga tim terlibat dalam usaha. 

Tidak hanya itu saja, Kamu wajib mempersiapkan modal usaha tersebut. Berapa modal usaha bisnis sewa baju kebaya? Modal yang perlu dipersiapkan mulai dari 20-50 juta. Bagi pemula jumlah modal bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia. 

2. Ikuti Trend

Memulai usaha sewa kebaya hendaknya selalu mengikuti trend yang tengah berlaku di masyarakat. Menurut pemilik bisnis sewa baju dan kebaya, trend model senantiasa mengalami perubahan setiap tahunnya sehingga Kamu wajib mengikutinya. 

Contoh baju kebaya
Contoh baju kebaya

Trend tersebut biasanya meliputi model kebaya, warna populer hingga pasaran harga. Dengan mengikuti trend yang sedang berlangsung maka usaha tidak ketinggalan dari kompetitor. Biasanya kebaya populer selalu dilapisi oleh bahan brokat. 

Bagaimana cara mengikuti trend yang berlaku? Kamu bisa mengamati sosial media kemudian mencari supplier kebaya ataupun baju yang sedang trend kemudian menyediakannya pada usaha persewaan. 

3. Sediakan Tempat Usaha

Lokasi atau tempat menjadi salah satu ahli yang perlu dipertimbangkan dalam memulai usaha sewa kebaya. Pasalnya keberadaan lokasi mampu membuat Kamu mudah menjalankan usaha tersebut. Bagaimana jika belum punya lokasi untuk usaha?

Kamu bisa memulai usaha tersebut secara rumahan ataupun online. Tawarkan semua produk kebaya dengan memanfaatkan sosial media. Kumpulkan hasil keuntungan tersebut untuk menyewa tempat atau membangun sendiri sehingga usaha ada peningkatan. 

Jika modal yang digunakan untuk membangun tempat usaha sudah cukup, baiknya Kamu langsung riset lokasi strategis. Pengupayaan lokasi strategis bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan atau calon customer yang sewa kebaya. 

4. Buat Aturan Persewaan

Kamu harus membuat aturan penyewaan baju ataupun kostum lainnya yang bisa dijadikan sebagai pedoman bagi pelanggan. Apa saja yang wajib dipertimbangkan dalam membuat aturan penyewaan baju ataupun kostum tertentu? 

Menurut pendapat ku, hal yang wajib dipertimbangkan dalam membuat aturan penyewaan baju yakni meliputi prosedur order hingga pengembalian sesuai jadwal. Untuk apa usaha persewaan membutuhkan aturan yang jelas? 

Sejumlah pemilik usaha persewaan kebaya, baju, gaun hingga kostum, aturan bertujuan untuk keberlangsungan bisnis. Dalam membuat aturan tersebut, Kamu juga wajib mempertimbangkan kenyamanan dari customer sehingga tidak segan berlangganan. 

5. Tentukan Produk Apa Saja yang ditawarkan

Usaha sewa kebaya tentu sudah jelas produk apa saja yang akan ditawarkan. Jadi Kamu harus menyediakan berbagai macam kebaya. Biasanya model kebaya senantiasa mengalami perubahan sehingga sediakan berbagai macam pilihan agar keinginan pelanggan terpenuhi. 

Tidak hanya menyewakan kebaya, beberapa pemilik usaha biasanya juga turut menawarkan berbagai jenis kostum berupa gaun, baju adat, dan lain sebagainya. Dengan menentukan produk apa saja yang ditawarkan usaha semakin terlihat jelas. 

Untuk mengetahui produk apa saja yang sebaiknya dipersiapkan, Kamu bisa menempuh tahapan riset pasar. Umumnya orang menempuh tahapan ini dengan tujuan mengupayakan kepuasan batin pelanggan hingga strategi marketing. 

6. Cari Supplier

Langkah membuat usaha sewa kebaya yang tidak kalah penting yakni mencari supplier. Tahapan ini menentukan jalannya usaha sehingga wajib ditempuh dengan selektif. Upayakan mencari supplier kebaya dari penjahit atau desainer berpengalaman. 

Supplier baju kebaya dari tangan pertama
Supplier baju kebaya dari tangan pertama

Biasanya supplier menentukan pematokan tarif harga sewa baju wisuda atau kebaya lainnya. Bagaimana cara mencari supplier yang berkualitas dan amanah? Menurut pengalaman ku, supplier amanah bisa dilihat melalui sempel usaha. 

Lakukan juga riset kompetitor untuk mengetahui supplier yang memberikan pasokan kepada pihak rival. Biasanya pembelian yang dilakukan dengan jumlah banyak sekaligus membuat harga jauh lebih murah. Kamu juga bisa menjahit sendiri untuk mengupayakan model sesuai request. 

7. Tentukan Harga Sewa

Keberhasilan bisnis ini tergantung juga dengan penentuan harga sewa baju wisuda. Berapa idealnya harga sewa baju wisuda? Harga sewa baju wisuda, kebaya, maupun gaun umumnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor penting. 

Tentukan harga sewa
Tentukan harga sewa

Faktor penting apa saja yang mempengaruhi biaya sewa baju kebaya? Durasi persewaan, jenis baju yang disewa, ketetapan pemilik usaha dan masih banyak lagi. Berapa idealnya sewa baju kebaya di butik ataupun toko tertentu? 

Biaya sewa cukup bervariasi mulai dari Rp 40.000 - Rp 70.000 per hari. Namun harga tersebut kembali lagi pada ketetapan pemilik usaha persewaan baju tersebut. Biasanya daerah tertentu juga mempertimbangkan UMK wilayah bersangkutan dalam menetapkan harga. 

8. Siapkan Sempel

Untuk meyakinkan pembeli Kamu bisa mencantumkan sempel baju kebaya yang akan disewakan. Pajang sempel kebaya tersebut ke butik ataupun toko persewaan. Dengan menyiapkan sempel orang bisa mengetahui produk-produk kebaya yang tersedianya. 

Sempel kebaya
Sempel kebaya

Tidak hanya menyediakan sempel, Kamu juga bisa mengupayakan katalog produk. Katalog produk berisi detail baju kebaya mulai dari ukuran hingga panjang lengannya. Untuk apa katalog produk perlu diupayakan dalam bisnis sewa baju perlu diupayakan? 

Sebagai contoh yang bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh customer sebelum menyewa baju. Dalam pembuatan sempel biasanya pemilik usaha turut melibatkan model tertentu. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian banyak orang. 

9. Promosi dan Pendekatan Target Marketing

Setiap pemilik usaha sewa kebaya umumnya selalu melakukan promosi dengan tujuan mendekatkan diri dengan pelanggan. Terlebih ketika memasuki bulan wisuda ataupun pernikahan seseorang. Biasanya orang akan aktif mencari informasi melalui media sosial. 

Manfaatkan sosial media tersebut untuk promosi berbagai macam produk kebaya atau gaun. Cantumkan juga katalog digital pada bio sosial media untuk kemudahan pengunjung dalam menjelajahi sejumlah produk yang disediakan pemilik usaha tersebut. 

Agar promosi memberikan timbal balik, Kamu juga bisa mengupayakan keberadaan testimoni. Cantumkan testimoni ke sosial media. Testimoni bisa berupa tangkapan layar yang berisi chat dengan customer ataupun foto saat memakai kebaya sewaan. 

Usaha sewa kebaya umumnya banyak dicari menjelang momen wisuda hingga bulan pernikahan. Kamu bisa membangun bisnis ini dengan menyiapkan sejumlah modal. Agar semakin lancar, Kamu bisa menambah referensi bisnis melalui artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar