Usaha Kolam Renang, Beneran Bikin Kaya Tuju Turunan?

Usaha kolam renang
Usaha kolam renang

CariUang - Kolam renang merupakan alternatif pilihan bagi beberapa orang yang ingin liburan di tempat terdekat. Usaha kolam renang banyak ditempuh oleh beberapa orang untuk mendapatkan penghasilan sekaligus investasi jangka panjang.

Table of Contents
 

Bagaimana Strategi Menjalankan Usaha Kolam Renang?

Menurut sejumlah pemilik kolam renang atau Waterboom, usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar. Dalam tahapan ini usaha kolam renang membutuhkan rancangan matang. Berikut ini strategi khusus membangun kolam renang untuk usaha:

1. Bisnis Plan

Sejumlah pengusaaha kolam renang menyebutkan bahwa dalam memulai usaha ink diharuskan memikirkannya bisnis plan. Apa itu bisnis plan kolam renang? Bisnis plan kolam renang merupakan rancangan rencana terkait pembuatan hingga pengelolaan usaha. 

Buat rencana bisnis atau business plan
Buat rencana bisnis atau business plan

Dalam membuat bisnis plan kolam renang dibutuhkan pertimbangan berdasarkan berbagai indikator mulai dari modal, lokasi, operasional, promosi, hingga pengembang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kerugian bisnis kolam renang. 

Apa saja resiko kerugian bisnis kolam renang yang sering dialami oleh orang-orang? Umumnya kerugian bisnis kolam renang yang sering dihadapi mulai dari sepi peminat, daya saing terlalu tinggi hingga ketidakmampuan untuk mengelola sehingga mangkrak. 

2. Bangun Kolam di Lokasi Strategis

Usaha kolam renang akan berhasil dan diminati oleh banyak orang ketika lokasi usaha tersebut strategis. Dimana caranya memilih lokasi strategis? Kamu bisa melakukan pembelian lahan di pusat kota atau yang tidak jauh dari keramaian umum.

Lokasi strategis bisa di pusat kota
Lokasi strategis bisa di pusat kota

Biasanya dalam memilih lokasi bisa juga didasarkan daerah padat penduduk. Hindari membuat kolam renang untuk usaha yang terpencil. Hal ini lantaran mampu menyulitkan orang lain mengunjungi kolam renang tersebut sehingga sepi peminat. 

Bagaimana jika membuat kolam renang di mall atau pusat perbelanjaan? Sejumlah pegusaha kolam renang menjelaskan, pembuatan di mall bisa diupayakan jika Kamu mampu mengurus izin sekaligus menanam saham di tempat tersebut. 

3. Urus Izin

Mengupayakan wisata berupa kolam renang juga harus disertakan dengan sejumlah perizinan resmi dark pemerintah. Bagaimana cara mengurus izin? Kamu bisa mengajukan beberapa permohonan kepada pemerintah terkait.

Nantinya akan ada sejumlah persyaratan yang wajib untuk Kamu penuhi. Upayakan agar semua persyaratan terpenuhi dan ikuti semua prosedur sesuai anjuran. Hal ini bertujuan agar proses pengurusan izin berjalan lancar dan usaha kolam renang bisa terwujud. 

Kenapa usaha kolam wajib punya izin? Hal ini bertujuan untuk melegalkan bisnis. Menurut pengalaman ku pribadi, tempat usaha tidak memiliki izin berpotensi mengalami sejumlah masalah hingga berujung penutupan secara paksa. 

4. Libatkan Tim Profesional

Dalam mengupayakan kolam renang cepat jadi, Kamu harus melibatkan sejumlah tim profesional. Usaha kolam renang juga akan terwujud dalam waktu dekat jika tim yang terlibat dalam proses pembangunan kompeten dan ahli di bidangnya. 

Pilih tim profesional
Pilih tim profesional 

Pilih tim yang menang pernah memiliki pengalaman serupa. Percayakan hal tersebut pada kontraktor terbaik. Selain bertujuan agar proses pembangunan cepat selesai, hal ini perlu diupayakan guna mewujudkan kolam renang yang berkualitas dan menarik. 

Hindari memilih tim murah namun pengalaman sangat minim. Selain berpotensi menghambat proses pembangunan, cara ini juga mampu mempengaruhi hasil kolam renang yang telah diupayakan oleh tim tersebut. 

5. Buat Kolam Renang Berbagai Ukuran

Setelah semua tahapan dipersiapkan, Kamu bisa langsung membuat kolam renang. Buat Kolam renang dengan berbagai ukuran mulai dari anak-anak hingga dewasa sehingga nanti target pemasaran bisa menyasar semua kalangan masyarakat. 

Buat kolam yang menarik di lokasi terpilih
Buat kolam yang menarik di lokasi terpilih 

Usahakan membuat kolam anak dengan kedalaman tidak begitu dangkal. Berapa kedalaman kolam anak ideal? Kedalaman kolam renang untuk anak idealnya mulai dari 60-80 cm dengan ukuran sekitar 15 m × 10 m. Ukuran bisa menyesuaikan lahan. 

Sementara' kolam untuk dewasa Kamu bisa buat kedalaman 1,5 m - 2 m. Ukuran kolam renang untuk dewasa bisa menyesuaikan dengan lahan sekitar. Umumnya tahapan ini perlu dipersiapkan dipertimbangkan sebelum proses pembangunan. 

6. Sediakan Wahana Tambahan

Kamu wajib menambah beberapa wahana menarik dalam usaha kolam renang agar tidak kalah saing. Wahana apa saja yang bisa diupayakan? Kamu bisa menyiapkan wahana seperti mandi bola, perosotan, ombak buatan dan masih banyak lagi. 

Sediakan berbagai wahana pada kolam renang
Sediakan berbagai wahana pada kolam renang 

Umumnya penyiapan wahana tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan sekaligus menarik perhatian sejumlah orang. Menurut pengusaha kolam renang, keberadaan wahana juga menjadi bentuk membangun loyalitas pengunjung. 

Pastikan wahana yang disediakan aman dan tidak menimbulkan hal bahaya dari pengunjung. Sediakan pengawasan untuk menghindari hal tidak diinginkan seperti terpleset hingga tenggelam saat melakukan aktivitas renang di tempatmu. 

7. Tambah Fasilitas

Dalam menarik jumlah pengunjung, Kamu juga bisa menambahkan berbagai macam fasilitas. Fasilitas tersebut merupakan tempat makan, ruang berganti, tempat sholat hingga toilet yang jumlahnya tidak sedikit sehingga pengunjung nyaman. 

Sediakan fasilitas tambahan seperti toilet
Sediakan fasilitas tambahan seperti toilet 

Fasilitas perlu diupayakan lantaran mempengaruhi minat dari pengunjung. Salah satu fasilitas yang wajib disediakan oleh pemilik usaha kolam renang yaitu tempat makan. Pasalnya setelah berenang pasti pengunjung merasa lelah dan lapar. 

Guna meningkatkan pendapatan Kamu bisa juga menjual berbagai makanan mulai cemilan ringan, pop mie, hingga aneka minuman dingin. Hampir semua kolam renang ternama mengupayakan hal ini guna memenuhi permintaan dari pengunjung.

8. Terus Lakukan Pengembangan

Pengunjung umumnya menyukai kolam renang yang selalu mengalami pengembangan. Kamu bisa juga melakukan pengembangan untuk meningkatkan pendapatan dari usaha kolam. Apa saja pengembangan yang perlu dilakukan agar bisnis ini meningkat? 

Pengembang yang perlu dilakukan mulai dari menambah wahana, membuat kolam tambahan, hingga selalu berupaya mendengarkan permintaan dari pengunjung. Dibutuhkan keahlian riset kompetitor agar tahapan ini bisa optimal. 

Sesekali Kamu bisa keluar dan melihat kondisi alam sekitar guna mendapat referensi untuk mengembangkan kolam renang. Tahapan ini memberikan nilai positif bagi setiap pelaku usaha sehingga bisa juga diterapkan dalam usaha kolam.

9. Utamakan Kebersihan

Tidak hanya penampilan atau keindahan kolam saja yang perlu diupayakan, Kamu juga wajib menjaga kebersihan. Bagaimana cara menjaga kebersihan kolam renang? Bersihkan beberapa kotoran yang ada pada kolam renang dengan bantuan alat. 

Kuras air yang terdapat pada kolam hingga bersih kemudian ganti dengan yang baru. Cara ini bertujuan untuk menghindari komplain dari pengunjung. Sering-seringlah mengganti dengan air bersih agar kenyamanan pengunjung bisa diupayakan. 

Hindari membiarkan kolam terlalu lama lantaran bisa menimbulkan sensasi gatal-gatal pada kulit manusia. Cara ini meskipun terkesan sederhana dan sepele ternyata menyimpan berbagai macam manfaat penting bagi pengunjung setia. 

Usaha kolam renang umumnya dapat diupayakan dengan sejumlah tahapan tertentu. Kamu wajib punya keahlian di bidang promosi agar jumlah pengunjung naik. Ilmu marketing bisa dipelajari secara otodidak dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar