Dijamin Laris Manis, Begini Peluang Bisnis Kue Pukis

 

Kue pukis
Kue pukis

CariUang - Kue Pukis merupakan makanan yang cukup disukai lantaran mempunyai cita rasa manis dan gurih. Peluang bisnis kue pukis banyak diterapkan oleh masyarakat lantaran terbukti mampu mengupayakan keuntungan berlipat ganda.

Table of Contents
 

Cara Meningkatkan Peluang Bisnis Kue Pukis

Menurut pendapat sejumlah penjual kue pukis, terdapat beberapa tahapan yang bisa ditempuh untuk membangun usaha menguntungkan. Sebenarnya peluang usaha kue pukis tergantung dengan beberapa indikator. Berikut ini cara meningkatkan peluang usaha kue pukis:

1. Mempersiapkan Modal Berdasarkan Rancangan Usaha

Tahapan terpenting dalam membangun bisnis adalah modal. Modal usaha kue pukis harus dipertimbangkan sejak awal sebagai dasar bisnis. Berapa modal usaha kue pukis? Modal usaha mulai dari 5-7 juta rupiah atau menyesuaikan budget tersedia. 

Persiapan modal
Persiapan modal


Bagi penjual pemula yang masih baru belajar banyak yang mempersiapkan modal ala kadarnya. Terlebih mereka juga sudah memiliki beberapa perlengkapan untuk membuat bisnis tersebut sehingga modal usaha kue pukis bukan lagi menjadi penghalang. 

Dalam mempersiapkan modal tentu setiap tahunnya mengalami perubahan secara drastis. Beberapa diantaranya dipengaruhi oleh faktor nilai rupiah yang naik turun. Perhitungkan modal tersebut sesuai inflasi yang terjadi agar usaha berjalan lancar. 

2. Survei Lokasi

Setelah modal yang dipersiapkan untuk meningkatkan peluang bisnis kue pukis tersedia, penting bagi Kamu mencari lokasi berjualan. Biasanya sejumlah UMKM memilih berjualan di pinggir jalan ataupun membuat stand menetap di depan ruko. 

Lokasi strategis
Lokasi strategis 

Keberadaan lokasi yang strategis memang membuat usaha bisa berjalan dengan lancar. Pastikan Kamu untuk memilih lokasi yang padat penduduk agar kedepannya mudah dijangkau oleh banyak orang orang sebagai alternatif marketing. 

Manfaatkan keberadaan gerobak dorong ataupun stand tersendiri untuk berjualan. Biasanya penjualan bisa dilakukan saat siang hingga malam hari. Pastikan Kamu mengutamakan kebersihan dan higienis dalam proses produksi agar usaha semakin lancar. 

3. Siapkan Peralatan dan Bahan Kue Pukis

Peluang bisnis kue pukis turut dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Terdapat beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kue pukis mulai dari tepung, gula, santan, dan lain sebagainya. Dimana bahan tersebut bisa didapatkan oleh pelaku usaha?

Bahan kue pukis
Bahan kue pukis

Menurut pengalaman ku dalam mencari semua bahan kue, biasanya terdapat toko khusus. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan toko tersebut untuk mencari berbagai macam bahan yang dapat dijadikan sebagai alternatif membuat kue pukis. 

Tidak hanya bahan saja, Kamu juga wajib mengupayakan sejumlah peralatan mulai dari batu arang, cetakan, wadah, dan masih banyak lagi. Tahapan ini juga mempengaruhi produktivitas dari usaha sehingga Kamu wajib mengupayakannya sesuai prosedur. 

4. Pelajari Resep Kue Pukis

Setelah bahan dan peralatan disiapkan, penting juga bagi Kamu untuk mempelajari resep kue pukis. Bagaimana cara mengetahui resep kue pukis? Sejumlah penjual pemula menjelaskan bahwa resep kue pukis bisa dipelajari melalui internet. 

Terdapat juga kursus di bidang pengolahan makanan yang mempelajari pembuatan kue pukis. Kamu bisa membaca semua resep kue pukis tersebut dan menerapkan salah satu. Biasanya penjual juga turut menciptakan inovasi baru dalam resep bersangkutan. 

Pembuatan resep baru bertujuan untuk meningkatkan inovasi sekaligus menjadi upaya meningkatkan peluang bisnis kue pukis. Jangan lupa untuk senantiasa mencicipi kue pukis yang telah dibuat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa rasa telah pas. 

5. Proses Produksi

Jika resep yang dibaca telah dipahami, maka tahapan selanjutnya yakni menempuh proses produksi. Bagi penjual yang sudah terbiasa mungkin upaya ini bukan lagi menjadi kendala. Bagaimana cara membuat kue pukis berdasarkan resep praktis?

Kamu tinggal membuat santan dan masukkan dalam wadah hingga mendidih. Siapkan wadah besar kemudian campur semua bahan mulai dari tepung, santan, gula, telur dan sebagainya. Biarkan beberapa menit hingga adonan yang dibuat tersebut bisa mengembang. 

Proses pembuatan kue pukis
Proses pembuatan kue pukis

Cetak adonan tersebut pada cetakan yang telah disediakan. Biasanya tahapan ini ditempuh ketika ada pembeli. Kenapa pencetakan dilakukan saat ada pembeli? Hal ini bertujuan untuk mengupayakan cita rasa tetap lezat. Pasalnya kue pukis enak saat masih hangat. 

6. Sediakan Berbagai Macam Varian

Peluang bisnis kue pukis akan meningkat jika Kamu mampu memenuhi selera dari masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat masyarakat yakni dengan membuat berbagai macam varian kue pukis. Apa saja varian yang diminati oleh orang-orang?

Varian original
Varian original 

Varian yang diminati meliputi keju, cokelat, stroberi, dan lain sebagainya. Biasanya mereka juga menyediakan berbagai macam topping melimpah sesuai request. Hampir semua penjual UMKM yang menawarkan kue pukis akan menempuh tahapan ini sebagai daya tarik. 

Kamu bisa juga menempuh tahapan riset pasar untuk mengetahui varian paling disukai oleh orang-orang. Riset pasar bisa ditempuh dengan melibatkan diri bersama sejumlah masyarakat. Tahapan ini juga dilakukan sebagai sarana pendekatan dengan masyarakat. 

7. Buat Kemasan Menarik

Hampir semua orang pasti membeli segala sesuatu melihat bungkusnya. Hal ini membuat Kamu harus mampu mengupayakan pengemasan yang unik dan menarik. Bagaimana cara membuat kemasan yang unik dan menarik agar disukai?

Kemasan kue pukis
Kemasan kue pukis

Kamu bisa memanfaatkan box yang terbuat dari kertas sebagai bentuk pengemasan. Namun sebaiknya Kamu membuat box dengan desain sendiri sehingga menarik. Cantumkan logo, alamat, nomor telepon dari usaha Kamu sebagai bentuk promosi. 

Biasanya dalam pengemasan turut dicantumkan juga logo dan merk dari kue tersebut. Tahapan ini cukup penting lantaran bisa dijadikan sebagai salah satu penguat usaha sekaligus pembeda antara produk satu dengan lainnya yang serupa. 

8. Promosi

Manfaatkan berbagai macam sosial media sebagai sarana promosi. Kenapa sosial media? Menurut pengalaman ku pribadi, sosial media cocok dijadikan sebagai sarana promosi lantaran pengguna dari platform tersebut cukup banyak dan meningkat. 

Tentu promosi tersebut mampu menjangkau banyak orang jika memanfaatkan keberadaan sosial media. Buat konten dan informasi yang memuat tentang produk kue pukis buatanmu. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian banyak orang.

Tidak hanya promosi saja, Kamu juga bisa memanfaatkan keberadaan marketplace seperti Shopee food, GoFood, GrabFood untuk berjualan. Hal ini tentu lebih bisa menjangkau banyak pelanggan setia untuk membeli produk bersangkutan. 

9. Buka Cabang

Jika usaha sudah berkembang dan peluang bisnis kue pukis mampu memberikan keuntungan, sebaiknya manfaatkan hal tersebut untuk membuka cabang. Pembukaan cabang biasanya dilakukan di daerah lain yang memiliki kriteria seperti usaha sebelumnya. 

Tujuan utama membuka cabang yakni memperluas usaha dan meningkatkan peluang bisnis baru. Pembukaan cabang bisa diterapkan dengan mengikuti usaha yang telah ada. Pastikan memilih lokasi dengan daya saing rendah agar tetap laris. 

Sebenarnya dimana pun lokasi jualan kue pukis tidak berpengaruh jika Kamu sudah memiliki ruang tersendiri di hati pelanggan setia. Biasanya mereka akan mencari cabang terdekat sekalipun itu terpencil untuk merasakan kelezatan kue pukis tersebut. 

Peluang bisnis kue pukis akan meningkat jika tahapan di atas tidak terlewatkan. Tingkatan skill di bidang produksi makanan untuk mengupayakan bisnis yang laris manis. Hal itu bisa diupayakan dengan memperbanyak baca artikel lain di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar