Cara Menjadi Wartawan Online, Cocok untuk Kaum Mageran yang Ingin jadi Sultan

 

Wartawan sedang bertugas
Wartawan sedang bertugas 

CariUang - Pandemi sepertinya membawa dampak atau pengaruh dalam berbagai macam bidang kehidupan terutama pekerjaan. Sejak pandemi banyak pekerjaan yang dikerjakan jarak jauh. Hal ini membuat banyak orang tertarik menerapkan cara menjadi wartawan online.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Menjadi Wartawan Online?

Freelance jurnalis online bisa ditempuh bagi banyak orang untuk menempuh profesi di bidang wartawan media tertentu. Menurut pengalaman ku pribadi beberapa media ternama memang sering mencari freelance. Berikut cara menjadi wartawan online:

1. Pahami Ilmu Dasar Jurnalistik

Sebelum menempuh freelance jurnalis online sebagai bantu loncatan, Kamu harus memahami ilmu dasar jurnalistik. Ilmu dasar jurnalistik menjadi pedoman utama yang wajib dikuasai oleh calon wartawan online. Kenapa ilmu jurnalistik penting?

Mempelajari dasar jurnalistik
Mempelajari dasar jurnalistik 

Dengan menerapkan ilmu jurnalistik, pekerjaan sebagai wartawan ataupun freelance jurnalis online bisa berjalan lancar. Dalam ilmu jurnalistik Kamu harus memahami pengolahan bahasa berita, reportase, analisis hingga kode etik profesi.

Jurnalis yang belum menerapkan dasar profesi ini akan kesulitan menyesuaikan diri. Oleh sebab itu pelajari kembali dasar profesi jurnalistik sebelum melamar pekerjaan di bidang ini. Informasi seputar kode etik hingga dasar jurnalistik bisa dipelajari otodidak. 

2. Ikuti Webinar

Banyak media online ternama yang membuka acara webinar guna menanamkan ilmu di bidang jurnalistik online. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan webinar tersebut untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, serta ketrampilan sebagai wartawan online. 

Webinar jurnalistik atau wartawan online
Webinar jurnalistik atau wartawan online 

Umumnya cara menjadi wartawan online cenderung lebih mudah dibandingkan offline. Namun, ada beberapa tips dan trik yang harus Kamu terapkan dalam menjalani pekerjaan tersebut. Bagaimana cara mempelajari trik dan tips menjadi wartawan online?

Kamu bisa mempelajarinya dengan ikut webinar tertentu. Tidak sedikit dari media online yang memberikan benefit berupa sertifikat. Nantinya sertifikat hasil dari sejumlah webinar tersebut bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di media online tertentu. 

3. Mulai Magang

Gaji Wartawan online memang tergantung dengan media. Namun Kamu bisa meningkatkan gaji wartawan online dengan memperluas wawasan dan pengalaman di bidang terkait. Bagaimana cara meningkatkan pengalaman agar gaji wartawan online naik?

Proses magang wartawan online
Proses magang wartawan online

Kamu bisa mengikuti program magang untuk memperluas pengalaman dan wawasan terkait dengan tugas wartawan online. Beberapa media online sering menyediakan program magang bagi mahasiswa, pelajar, hingga masyarakat umum. 

Apa yang kita peroleh selama magang? Selain pengalaman dan wawasan, Kamu akan mendapatkan sertifikat. Tidak hanya itu saja, Kamu juga berpotensi mendapatkan gaji atas tugas wartawan online yang telah dikerjakan selama program berlangsung. 

4. Ciptakan Portofolio

Berbekal sertifikat, ilmu dan pengalaman Kamu bisa membuat portofolio sebagai pedoman melamar pekerjaan sebagai wartawan online. Portofolio di sini berguna sebagai bukti bahwa Kamu mampu menyelesaikan tugas wartawan online dengan baik. 

Kumpulkan semua hasil pekerjaan dan sertifikat menjadi satu dokumen atau file. Buat dua versi yakni dokumen fisik ( di print) atau digital ( PDF). Cantumkan portofolio tersebut saat melamar pekerjaan di bidang wartawan online atau jurnalistik online. 

Cara menjadi wartawan online ini wajib diterapkan agar Kamu mudah diterima oleh media tertentu. Untuk apa portofolio perlu disiapkan? Bahan pertimbangan sekaligus meyakinkan pimpinan redaksi bahwa Kamu sudah kayak menjadi wartawan Online. 

5. Melamar Pekerjaan

Cara menjadi wartawan online berikutnya yaitu mengirimkan lamaran kerja kepada media online yang sedang open rekrutmen. Sebelum melamar pekerjaan jurnalistik, pastikan Kamu memahami dasar-dasar profesi dan job desk di bidang terkait. 

Proses lamaran pekerjaan
Proses lamaran pekerjaan 

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melamar pekerjaan sebagai wartawan online? Surat lamaran kerja, CV, Portofolio, dan sejumlah keahlian di bidang jurnalistik. Keahlian apa yang harus dipersiapkan? Publik speaking, pengolahan data menjadi berita dan lain sebagainya. 

Perbanyak informasi dengan membaca agar persiapan menghadapi tes bisa berjalan lancar. Umumnya sejumlah pekerja di bidang apapun terutama jurnalistik pasti membutuhkan tahapan tertentu dalam rekrutmen. Tahapan tersebut mulai dari tes tulis hingga wawancara. 

6. Terus Belajar

Agar menjadi jurnalistik profesional dibutuhkan skil dan keahlian mumpuni di bidang tersebut. Sejumlah keahlian dan keterampilan bisa diupayakan dengan terus belajar baik otodidak atau bersama ahlinya. Cara ini telah diterapkan oleh sejumlah wartawan online. 

Jangan putus asa dan gampang puas atas pencapaian diri sendiri. Trik ini tentu mampu memotivasi diri untuk menjadi wartawan online yang lebih baik lagi. Kenapa pas sudah jadi wartawan online tetap harus rajin belajar dan suka membaur ke lingkungan?

Menurut pengalaman ku pribadi, terus belajar mampu mengantarkan Kita ke jenjang karir jurnalistik. Belajar ilmu seputar jurnalistik akan optimal sebenarnya jika dilaksanakan dengan ahlinya. Pasalnya Kamu bisa meminta evaluasi agar hasil kerjaan optimal. 

7. Kemampuan Management Waktu

Jurnalistik merupakan salah satu profesi yang tidak kenal lelah. Kenapa jurnalistik disebut tidak kenal lelah? Pasalnya seorang wartawan online atau jurnalistik dituntut selalu up to date terhadap topik ataupun isu-isu terkini yang sedang terjadi.

Atur jam bekerja
Atur jam bekerja 

Di sini seorang wartawan online harus mampu management waktu. Buat jadwal antara pekerjaan, aktivitas bareng keluarga, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengatur jam istirahat yang cukup. Pastikan tetap mengutamakan kesehatan saat bekerja. 

Hindari terlalu over dalam mengerjakan tugas sebagai wartawan online. Hal ini tentu sering menjadi permasalahan yang diutarakan oleh sejumlah wartawan online. Mereka terlalu memforsir tugas sehingga mengabaikan kesehatan tubuh. 

8. Up To Date

Cara menjadi wartawan online profesional yakni senantiasa cepat tanggap terkait dengan topik atau isu terkini. Sebenarnya poin ini berkaitan dengan kemampuan Management waktu tadi. Apa yang dimaksud dengan up to date?

Agar up to date, pantangi sosial media
Agar up to date, pantangi sosial media 

Up to date adalah kemampuan mengolah berita dari data tersedia berdasarkan isu yang baru saja terjadi. Bagaimana cara mendapatkan berita yang up to date? Kamu bisa memantau sejumlah platform sosial media hingga portal berita online tertentu.

Biasanya sosial media terutama Twitter ( sekarang X) cenderung sering mengemukakan isu ataupun topik terkini. Jadi hal itu bisa Kamu jadikan sebagai referensi untuk menyajikan berita terhangat dan teraktual sesuai dasar jurnalistik. 

9. Gunakan Kode Etik Jurnalistik Sebagai Pedoman

Seorang wartawan media online ataupun offline wajib memahami kode etik tertentu. Kode etik profesi wartawan atau jurnalistik belakangan mulai diabaikan. Padahal penulisan berita harusnya berpedoman pada nilai-nilai yang dimuat pada kode etik. 

Pahami kode etik jurnalistik
Pahami kode etik jurnalistik 

Dulu salah satu kode etik profesi jurnalistik yakni larangan menyampaikan berita palsu. Dari situ Kamu bisa mengupayakan startegi baru agar semua berita yang disajikan berdasarkan fakta dan data. 

Biasanya kode etik menjadi aturan wajib oleh sejumlah media online. Kamu wajib menerapkan kode etik tersebut sebagai dasar profesi yang harus dijunjung tinggi. 

Cara menjadi wartawan online bisa diupayakan dengan trik tersendiri. Pantau sejumlah media ternama yang sering mengadakan rekruitmen. Informasi hal lain seputar kerja dapat diupayakan dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar