Punya Suara Unik? Ini Trik jadi Voice Over Gaji Tinggi

Voice over
Voice over

CariUang - Memiliki karakter suara yang unik tentu menjadi berkah tersendiri bagi beberapa orang. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang voice over dengan gaji tinggi. Profesi ini belakangan cukup marak di Indonesia sebagai ladang penghasilan.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Meningkatkan Skill Voice Over dan Mendapatkan Gaji Tinggi?

Menurut pendapat sejumlah orang, cara menjadi voice over freelance bukanlah hal susah. Terlebih sekarang sudah banyak aplikasi editing yang cukup canggih. Berikut ini cara menjadi voice over freelance yang bisa Kamu terapkan:

1. Persiapan dengan Latihan

Cara menjadi voice over freelance yang pertama yaitu memperbanyak latihan dan kerap meningkatkan skill di bidang pengisi suara. Lalukan latihan secara berulang-ulang dengan menyiapkan teks sendiri. Untuk apa latihan mengisi suara harus dilakukan?

Berdasarkan pengalaman pribadi, latihan voice over dilakukan dengan tujuan mematangkan suara dan meningkatkan keterampilan dalam penguasa karakter. Dengan cara ini nantinya menjadi freelance voice over Indonesia lebih mudah. 

Bisa disimpulkan bahwa latihan untuk menjadi freelance voice over Indonesia bisa ditempuh secara otodidak. Cara ini tentu membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan, singkat, sekaligus menekan biaya yang harus dikeluarkan. 

2. Kenali Karakter Suara

Langkah berikutnya yang bisa Kamu tempuh untuk menjadi freelance voice over Indonesia yakni mengenali berbagai macam karakter suara. Tidak hanya itu saja, Kamu wajib mengetahui berbagai aturan mulai tempo, alto, hingga intonasi jelas. 

Proses pengenalan suara
Proses pengenalan suara

Tidak hanya itu saja, menurut pengalaman ku pribadi Kamu juga wajib mengenali karakter suara yang diperankan. Karakteristik suara seperti apa yang diperankan? Tentu nanti akan ada bagian yang harus diperankan. Nah pelajari karakter peran tersebut. 

Sebagai contoh memerankan anak, nah Kamu wajib menguasai karakteristik suara tokoh tersebut. Dengan mengenali karakter suara yang tepat akan membuat job sebagai voice over terasa lebih mudah untuk dijalankan oleh semua orang. 

3. Baca dan Pahami Naskah

Sebelum memulai merekam suara biasanya Kamu diharuskan memahami maksud atau arti dari scrip. Bagaimana cara memahami isi scrip atau naskah yang ada? Kamu bisa membaca secara keseluruhan dengan tepat dan seksama untuk memahami isi naskah. 

Pastikan benar-benar memahami isi dan maksud naskah sehingga proses perekaman suara tepat. Menurut sejumlah pengisi suara teranmaa, membaca dan memahami naskah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif memudahkan proses rekaman. 

Dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam menjalankan profesi ini sehingga kurang cocok bagi mereka yang gampang nyerah atau tidak mau berusaha. Terlebih dalam profesi pengisi suara tidak hanya dilakukan sekali take langsung benar. 

4. Latihan Membaca Keras

Tidak hanya memahami isi naskah saja, berdasarkan pengalaman ku pribadi dalam menjadi VO dibutuhkan keahlian dalam berbicara lancar. Menurut sejumlah orang berbicara lancar bisa dipelajari secara otodidak salah satunya dengan membaca. 

Latihan membaca keras
Latihan membaca keras

Baca naskah berulang setidaknya 15 menit per hari agar nanti mulut terbiasa dan lancar berbahasa. Alternatif ini juga sering ditempuh oleh mereka-mereka yang ingin berkarir di dunia publik speaking. Selain tidak butuh biaya, cara ini bisa ditempuh kapan saja. 

Bagaimana cara latihan membaca keras? Kamu tinggal membaca naskah dari buku, iklan, majalah hingga internet agar proses latihan berjalan lancar. Lakukan secara konsisten agar nantinya mulut lebih terbiasa dalam mengisi berbagai suara. 

5. Pertegas Intonasi

Dalam menempuh hasil VO yang bagus dan berkualitas Kamu wajib mempelajari intonasi. Intonasi merupakan tinggi rendahnya suatu kalimat yang bisa disesuaikan dengan kosa kata tertentu. Biasanya intonasi mempengaruhi pelafalan kalimat. 

Sejumlah pengisi suara kerap memberikan penekanan pada kalimat ataupun kosa kata tertentu. Hal ini bertujuan untuk menciptakan karakter suara yang lebih menjiwai sekaligus memudahkan penyampaian pesan terhadap pendengar atau orang lain. 

Sebelum itu agar pembacaan intonasi semakin jelas Kamu bisa menggaris bawahi kalimat yang akan diucapkan. Hal ini bertujuan agar hasil perekaman lebih sesuai dengan harapan. Tandai sejumlah kalimat yang menurut Kamu penting. 

6. Percaya Diri

Voice over agency sering memberikan syarat mutlak bagi pekerjanya untuk memiliki sifat atau keahlian percaya diri. Pasalnya jika Kamu memiliki sifat percaya diri nantinya cenderung mudah melakukan pengisian suara dalam kurun waktu singkat. 

Seorang voice over wajib percaya diri
Seorang voice over wajib percaya diri

Menurutku orang yang PD cenderung lebih menguasai segala situasi sehingga pengisian suara lebih cepat dan tidak perlu diulang-ulang. Bagaimana cara melatih percaya diri dalam berbicara di depan umum? Perbanyak belajar dan praktik langsung.

Pengisian suara yang dibutuhkan oleh sejumlah voice over agency hendaknya harus mengandung emosional, ekspresif dan karakter pas sehingga membuat pendengar merasa greget. Hal tersebut sering orang juluki sebagai “theatre of mind.”

7. Menetapkan Gaya VO

Saat ini gaya berbicara voice over sangat beragam. Tentu Kamu bisa menentukan gaya yang paling mudah diterpakan dan memiliki karakteristik yang khas. Apa saja gaya voice over yang paling umum? Menurut pengalamanku, gaya VO mulai seperti dubbing. 

Perbedaan naskah, karakter, serta talent menjadikan hasil pengisian suara tentu akan mengalami hal serupa. Sejumlah agency voice over biasanya membebaskan talent untuk meniru gaya bicara pihak lainnya' sehingga proses perekaman suara cepat. 

Namun seiring berjalannya waktu Kamu harus mulai membiasakan diri berlatih berbicara dan menerapkan karakter suara berbeda. Hal ini bertujuan agar pengisian suara yang Kamu lakukan ada perbedaannya dengan pihak lainnya. 

8. Ikuti Pelatihan Voice Over

Kemajuan zaman membuat pelatihan bisa ditempuh oleh sejumlah orang. Salah satunya yakni pelatihan untuk menjadi voice over. Manfaatkan berbagai macam pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu untuk melatih skill VO. 

Bagaimana cara mengikuti pelatihan? Kamu hanya tinggal melakukan pendaftaran dan mengikuti sejumlah saran yang diutarakan. nantinya pihak penyelenggara latihan akan memberi arahan terkait bidang dan juga prospek kerja voice over.

ikuti pelatihan dengan rajin dan rutin sehingga kemampuan mengisi suara lebih matang. Apakah tips ini berbayar? terdapat beberapa pelatihan yang bisa dilakukan secara gratis namun ada juga versi berbayar. Kamu tinggal memilih salah satu untuk tingkatkan skill. 

9. Ikut Agency

Agar cita-cita menjadi VO terwujud denagn baik Kamu wajib mengikuti agency. Melalui agensi itulah nantinya kamu akan mendapatkan job desk di bidang pengisian suara. Pastikan agensi yang dipilih telah terbukti mampu mengupayakan lulusan kompeten. 

Setiap job desk yang masuk nantinya bisa dikerjakan sesuai dengan prosedur. Buat sampel yang banyak untuk meyakinkan pihak klien. Umumnya acara ini sudah banyak ditempuh oleh VO ternama.

Apakah nantinya job dari agency akan dipotong? umumnya mengambil jam dari agensi akan dikenai beberapa biaya salah satunya potongan administrasi. Namun biaya potongan tersebut tidak begitu besar sehingga bisa dijadikan pertimbangan.

Cara menjadi freelance voice over ternama bisa ditempuh dengan beberapa alternatif tersebut. Kamu wajib memiliki keahlian dalam mengelola suara dan percaya diri. kedua keahlian tersebut bisa dipelajari dengan membaca artikel lain di website kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar