Trik Bisnis Sapu Lidi yang Bikin Untung Ngalir Tiap Hari

Contoh sapu lidi kekinian
Contoh sapu lidi kekinian


CariUang - Sapu lidi merupakan salah satu kebutuhan yang sering dicari oleh sejumlah orang. Pasalnya alat satu ini memudahkan Kita dalam menyapu halaman rumah. Kamu bisa menjadikannya sebagai bisnis sapu lidi yang berpotensi untung tiap hari.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Sapu Lidi?

Dalam menganalisis peluang usaha sapu lidi, Kamu wajib mengetahui keahlian enterpreneur atau kewirausahaan. Hal ini bertujuan agar bisnis tersebut bisa lancar. Berikut ini tahapan memulai bisnis produksi sapu lidi yang bikin untung tiap hari:

1. Tentukan Target Pangsa

Target pangsa dari peluang usaha sapu lidi sangat luas sehingga harus ditetapkan sejak awal. Bagaimana cara menentukan target pangsa? Kamu bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebelum itu tentukan jenis sapu yang hendak diproduksi skala besar. 

Apa saja jenis dari sapu lidi? Alami dan terbuat dari plastik yang memiliki gagang. Siapa saja target pangsa dari usaha sapu lidi? Target pangsa dalam peluang usaha sapu lidi yaitu ibu rumah tangga, petugas kebersihan, hingga sejumlah kantor terkemuka. 

2. Buat Rencana Bisnis

Sebelum proses produksi sapu lidi, penting bagi Kamu untuk membuat rencana bisnis terlebih dahulu. Rencana bisnis dibuat untuk apa? Rencana bisnis dibuat dengan tujuan melihat gambaran bisnis tersebut kedepannya seperti apa. 

Dalam tahapan ini, Kamu wajib menyiapkan anggaran modal, bahan baku, pengembangan produksi sapu lidi dan masih banyak lagi. Terlebih sekarang banyak pengusaha pilih bisnis sapu lidi pakai sawit, tentu bahan baku jauh lebih sulit. 

3. Pelajari Proses Pembuatan

Menurut pengalamanku dalam melihat usaha proses pembuatan sapu lidi, pemilik usaha wajib memiliki keahlian dalam produksi produk tersebut. Jika usaha skala besar, maka penting bagi Kamu untuk menyiapkan sejumlah tenaga kerja yang kompeten. 

Untuk apa proses pembuatan wajib dipelajari? Agar nantinya selama usaha berlangsung proses produksi berjalan singkat. Kamu bisa mempelajari proses produksi dengan mengandalkan internet ataupun melihat tutorial dari sejumlah orang yang telah ahli. 

4. Siapkan Bahan Baku

Sesuai penjelasan sebelumnya, menurut pengalaman ku pribadi dalam membeli saoh lidi saat ini banyak pelaku usaha yang memilih bisnis sapu lidi pakai sawit. Bisnis sapu lidi pakai sawit sebenarnya cenderung lebih awet namun bahan bajunya sulit.

Bahan baku pembuatan sapu lidi
Bahan baku pembuatan sapu lidi


Bahan baku sapu lidi apa saja? Daun kelapa yang sudah tua, kayu, sejumlah bahan untuk gagang ( kayu, cat, kawat dan lain sebagainya). Menurut sejumlah pemilik usaha, bahan bisa disesuaikan dengan jenis sapu lidi yang nantinya akan diproduksi. 

5. Pengemasan

Beberapa pemilik usaha sapu lidi banyak yang mengemas hasil produksi sedemikian rupa. Apakah pengemasan menggunakan plastik? Tidak, pengemasan biasanya dibuat pada bagian pengikat sapu lidi agar lebih kuat. Dengan begitu daya tahan sapu lidi lebih lama. 

Tidak hanya pengemasan, Kamu juga bisa mengupayakan sejumlah model untuk menarik pelanggan setia. Biasanya sapu lidi yang menarik cenderung laris di pasaran sehingga potensi mendapatkan keuntungan jauh lebih menjanjikan. 

6. Penjualan

Penjualan sapu lidi biasanya diupayakan dengan menyetorkan ke agen-agen tertentu. Jadi penjualan tidak dilakukan dengan membuka lapak sendiri. Kamu bisa menitipkan sejumlah produk sapu lidi ke sejumlah toko perabotan dengan tujuan meningkatkan jualan. 

Beberapa penjual juga banyak yang mempromosikan sapu lidi menggunakan Facebook. Pasalnya target penjualan dalam usaha sapu lidi hanya orang terdekat sehingga promosi terbatas. Meskipun begitu, usaha satu ini tetap menjanjikan. 

Bisnis sapu lidi bisa menjanjikan keuntungan setiap hari jika Kamu punya keahlian dalam mencari peluang sekaligus menjual produk. Pastikan penjualan produk dilakukan optimal agar keuntungan maksimal. Kamu bisa belajar trik jualan dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar