Tidak Pernah Sepi, Yuk Intip Peluang Bisnis Perlengkapan Bayi

 

Baby shop atau toko perlengkapan bayi
Baby shop atau toko perlengkapan bayi

CariUang - Banyak sekali pengusaha yang memilih bisnis perlengkapan bayi. Pasalnya usaha satu ini tidak pernah sepi pembeli seiring bertambahnya populasi bayi. Tidak jarang sejumlah penjual memilih usaha dengan dua cara yaitu online dan offline.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Perlengkapan Bayi?

Menurut pendapat sejumlah orang yang tergabung franchise baby shop atau punya usaha sendiri, bisnis ini bisa dijalankan secara kecil-kecilan. Itu artinya membuka usaha ataupun gabung franchise baby shop bisa disesuaikan budget. Berikut cara mulai usaha ini:

1. Pelajari Kondisi Pasar

Langkah pertama yang harus diterapkan dalam memulai usaha baby shop kecil-kecilan yakni mempelajari kondisi pasar. Kamu harus melihat siapa saja yang nantinya bakal jadi target penjualan dan bagaimana daya saing pada tempat tersebut terkait bisnis. 

Berdasarkan pengalamanku pribadi, mempelajari kondisi pasar memudahkan Kita untuk menyusun strategi bisnis yang tepat dan cepat. Upayakan tahapan ini dilakukan dengan maksimal agar kedepannya penjualan bisa mengalami peningkatan. 

2. Tentukan Target Pasar

Franchise baby shop atau usaha baby shop kecil-kecilan harus dibuat dengan menyesuaikan target pasar. Tahapan ini bisa diupayakan dengan melakukan riset pasar. Pastikan riset pasar yang dilakukan tadi berpedoman pada data akurat dan tepat. 

Bagaimana jika data tidak akurat? Jika data yang dicantumkan tidak akurat, besar potensi target penjualan kurang tepat sasaran. Siapa target pasar dari usaha baby shop kecil-kecilan? Ibu rumah tangga yang baru dikaruniai buah hati atau bayi. 

3. Mempersiapkan Modal

Modal usaha perlengkapan bayi wajib dipertimbangkan sejak awal. Berapa modal usaha perlengkapan bayi? Modal usaha perlengkapan bayi kecil-kecilan mulai dari 7-15 juta. Sementara bisnis baby shop skala menengah butuh modal sekitar 30-60 juta.

Untuk apa modal tersebut? Menurut perencanaan yang Aku baca, modal digunakan untuk membuat lapak jualan, membeli perlengkapan bayi, gaji karyawan, operasional, dan biaya promosi. Gunakan keahlian menghitung agar modal tepat sasaran. 

4. Cari Supplier Amanah dan Murah

Sejumlah pemilik bisnis perlengkapan bayi, supplier menjadi penentu jalannya usaha. Jadi pemilihan supplier harus diupayakan sejak awal. Bagaimana cara mencari supplier? Cara mencari supplier amanah dapat diupayakan dengan melihat ulasan. 

Tidak hanya melihat ulasan, Kamu juga bisa mengecek personal branding dari usaha tersebut untuk mencari supplier amanah dan murah. Biasanya supplier akan memberikan potongan harga bagi pihak yang membeli untuk dijual kembali. 

5. Sediakan Berbagai Produk

Dalam mengupayakan penjualan perlengkapan bayi dibutuhkan berbagai macam produk mulai dari pampers, susu, popok, kereta dorong, dan masih banyak lagi. Menurut pembeli, baby shop yang menyediakan berbagai produk jauh lebih menyenangkan. 

Baju dan beberapa aksesoris menjadi perlengkapan bayi paling banyak dicari oleh calon orang tua
Baju dan beberapa aksesoris menjadi perlengkapan bayi paling banyak dicari oleh calon orang tua

Jadi sudah pasti pembeli akan mengunjungi toko perlengkapan bayi milik Kamu jika produk lengkap. Bagaimana jika produk bayi tidak lengkap? Biasanya pembeli akan memilih baby shop lain yang jauh lebih lengkap dan berkualitas. 

6. Penjualan dan Pemasaran

Keuntungan dari usaha baby shop didapatkan dari penjualan. Bagaimana agar penjualan meningkat drastis? Penjualan akan meningkat drastis jika Kamu melakukan promosi dengan memanfaatkan sejumlah sosial media seperti Instagram dan Tik Tok.

Tidak hanya itu saja, penjualan akan meningkat jika Kamu memanfaatkan marketplace. Jual semua produk di marketplace dan sertakan deskripsi sesuai kondisi asli. Cara ini terbukti efektif mampu meningkatkan penjualan produk perlengkapan bayi. 

Cara memulai perlengkapan bayi bisa mengikuti trik tersebut. Kamu wajib punya keahlian marketing dan keuangan agar bisnis berjalan lancar. Perkuat ilmu marketing melalui kegiatan membaca dari sejumlah sumber salah satunya artikel website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar