Pengen Untung Mulu? Coba Jualan Onlie Lewat Website Aja Dulu!

Ilustrasi orang membuat website
Ilustrasi orang membuat website


 CariUang - Cara membuat toko online sendiri dengan menggunakan website tentu banyak diterapkan oleh sejumlah kalangan. Pasalnya cara membuat toko online sendiri terasa jauh mudah. Terlebih jualan online lewat website bisa diupayakan secara gratis.

Bagaimana Cara Jualan Online Lewat Website?

Berdasarkan pengalaman ku pribadi, cara membuat toko online sendiri harus dilakukan pada platform tertentu. Terdapat berbagai platform pembuat website yang bisa diakses secara gratis. Berikut ini cara jualan online lewat website bagi pemula:

1. Membuat Toko Online

Langkah pertama yang wajib ditempuh oleh calon penjual yakni menyiapkan toko online di website. Bagaimana cara membuat toko online lewat hp? Kamu bisa mengikuti petunjuk atau prosedur sebagai cara membuat toko online lewat hp.

Umumnya sejumlah orang memilih meninggalkan cara membuat toko online lewat hp dan menggantinya dengan membeli. Darimana Aku bisa melakukan pembelian website? Kamu bisa melakukan pembelian dengan memanfaatkan sejumlah situs ternama. 

Pilih domain baru yang memiliki domain unik. Kenapa domain wajib unik? Pasalnya doamain yang unik dan menarik cenderung mudah diingat oleh sebagian masyarakat. Menurut pengalaman ku pribadi, nama domain bisa request sesuai dengan keinginan. 

2. Sediakan Template dan Desain Unik pada Website

Setelah memiliki toko sendiri di situs website, cara jualan online bagi pemula berikutnya yaitu menyiapkan sejumlah template. Pastikan website toko online memiliki desain yang unik sehingga pengunjung website tidak merasa bosan terhadap marketplace tersebut. 

Pilih template website
Pilih template website


Hindari menggunakan elemen berjumlah banyak. Kenapa elemen tidak boleh banyak? Elemen yang banyak membuat website cenderung lemot. Desain website mempengaruhi jumlah kunjungan dari pengunjung sehingga wajib diupayakan.

Cara jualan online lewat website dipengaruhi oleh indikator ini sehingga benar-benar harus diupayakan dengan baik dan benar. Berikan sejumlah informasi hingga gambar yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut secara ringkas. 

3. Buat Konten Menarik

Cara jualan online lewat website bisa optimal jika sebelumnya Kamu telah memiliki jumlah pengunjung tetap. Bagaimana cara mendapatkan pengunjung tetap? Menurut pendapat sejumlah orang yang ahli dalam pembuatan website, pengunjung meningkat jika traffic demikian. 

Penyiapan konten website untuk menari pengunjung toko online
Penyiapan konten website untuk menari pengunjung toko online


Untuk meningkatkan traffic Kamu bisa mengupayakan sejumlah konten bermanfaat bagi semua orang. Konten tersebut bisa berkaitan erat dengan produk jualan, laynana, dan beberapa bidang terkait dengan bisnis online tersebut.

Pastikan pembuatan konten dilakukan secara konsisten dan tepat waktu. Bagaimana cara membuat konten di website? Kamu bisa menulis artikel, esay, hingga postingan konten ke website tersebut. Trik ini membuat cara jualan online bagi pemula lebih lancar. 

4. Tentukan Produk yang Akan dijual

Dalam memulai cara jualan online lewat website, Kamu wajib mengetahui produk apa yang akan dijual. Bagaimana cara menentukan produk yang akan dijual? Menurut sejumlah orang yang telah mendapatkan cara jualan online pemula, tahapan ini bisa berdasarkan modal. 

Riset pasar untuk menentukan produk atau jasa jualan
Riset pasar untuk menentukan produk atau jasa jualan 


Jadi pastikan Kamu memiliki modal cukup untuk menempuh cara jualan online pemula. Untuk apa modal tersebut? Modal digunakan untuk pengembangan produk, promosi, hingga biaya pengiriman. Berapa modal yang diperlukan untuk jualan di website?

Menurut pengalaman ku pribadi, untuk mengetahui produk yang akan dijual laris atau tidak pemilik usaha bisa menerapkan sistem riset pasar. Jual beberapa produk atau jasa yang paling dibutuhkan oleh kalangan tersebut agar keuntungan berlipat. 

5. Upload Produk dan Beri Keterangan

Setelah mengetahui produk atau jasa apa yang akan dijual, Kamu bisa langsung posting di toko online website. Jualan online lewat website akan optimal jika produk-produk atau jasa yang ditawarkan ditampilkan dengan jelas dan terperinci. 

Jika Kamu menawarkan produk sebagai bentuk bisnis jualan online lewat website, pastikan posting versi ori atau asli. Hindari menjual produk yang tidak benar alias menipu. Selain berpotensi website diblokir google, Kamu bisa terancam hukuman pidana.

Bagaimana jika yang dijual jasa? Kamu bisa membagikan postingan berupa hasil layanan yang diberikan. Biasanya cara ini seringkali dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh sejumlah pelanggan setia suatu perusahaan barang atau jasa. 

6. Berikan Potongan Harga dan Buka Ruang Relasi

Sebagian orang yang berjualan online dengan memanfaatkan website menjelaskan bahwa loyalitas pelanggan harus diupayakan. Bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan setia? Membangun loyalitas bisa diupayakan dengan memberi promo.

Pemberian potongan harga
Pemberian potongan harga


Tidak hanya memberikan potongan harga kamu juga bisa memberikan gift kepada pelanggan setia. Trik jualan online lewat website ini wajib diterapkan terutama bagi pemula. Dengan trik ini orang jadi antusias menunggu produk-produk toko Kamu. 

Pembeli atau pengunjung toko online di website juga sering menginginkan lapak yang terbuka. Hal ini membuat Kamu bisa mengupayakan relasi dengan membuka kolom komentar. Cara ini sebenarnya juga ditujukan untuk evaluasi suatu perusahaan. 

7. Sediakan CS Online

Membuka toko online di website membutuhkan pusat layanan yang jelas dan responsif cepat. Responsif dan juga pelayanan cepat bisa diupayakan dengan menyediakan CS online. Tugas utama cs yakni memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan. 

Pemberian layanan cs online
Pemberian layanan cs online


Pastikan CS yang digunakan memiliki keahlian dalam public speaking hingga problem solving. Dalam praktik sehari-hari tugas seorang CS yakni membalas pesan, memberikan saran, rekomendasi, hingga menerima pengaduan dari pengunjung toko online. 

Beberapa media yang sering dimanfaatkan oleh CS online antara lain WhatsApp, Instagram, hingga email. Setiap pengaduan hingga layanan lain biasanya akan dihubungkan menggunakan sosial media tersebut. Jadi Kamu harus punya CS sendiri. 

8. Portofolio

Dalam membangun toko online lewat website dibutuhkan portofolio yang jelas. Untuk apa portofolio tersebut? Menurut sejumlah pengusaha ternama, portofolio dibutuhkan untuk meyakinkan pengunjung toko online yang akan melakukan pemesanan. 

Bagaimana cara membuat portofolio? cara pembuatan portofolio bisa dilakukan dengan memposting testimoni dari sejumlah pelanggan setia, review produk pengguna lama hingga komentar positif di sosial media. Menurutku, cara ini efektif meningkatkan penjualan. 

Pastikan portofolio yang dicantumkan bersifat asli atau bukan editan. Buat portofolio apa adanya namun tetap menarik. Sebagian pembeli atau pelanggan setia akan mempertimbangkan portofolio sebelum melakukan pembelian atau pemesanan. 

9. Promosi

Meskipun jualan online lewat website tentu promosi perlu dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi website tersebut. Bagaimana caranya? Buat konten di sosial media, pasang iklam, dan hubungkan tautan dengan website. 

Buat konten yang menarik sehingga nantinya orang penasaran untuk mengunjungi situs website milikmu. Dalam mengupayakan website untuk toko online memang dibutuhkan strategi dan keahlian khusus. Salah satu keahlian yang dibutuhkan yakni promosi digital. 

Tidak hanya promosi dengan sosial media saja, Kamu juga bisa menggunakan jasa backlink yang disediakan oleh website besar. Nantinya link website yang berisi toko online milikmu akan dicantumkan dalam situs ternama sehingga mudah dijangkau. 

Jualan online lewat website bisa ditempuh dengan tahapan tersebut. Upayakan memiliki keahlian di bidang penjualan atau marketing agar bisnis berjalan lancar. Skill marketing bisa diwujudkan dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar