Marketplace Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Jualan Online Para Pemula

 

Ilustrasi orang buat toko online
Ilustrasi orang buat toko online

CariUang - Kemajuan zaman membuat jualan tidak perlu lagi membuka lapak secara nyata. Lantas bagaimana cara jualan zaman sekarang yang bisa diterapkan? Jualan bisa ditempuh secara online dengan memakai berbagai marketplace terbaik Indonesia.

Table of Contents
 

Deretan Marketplace Terbaik di Indonesia bagi Pemula

Berdasarkan pengalamanku pribadi dalam mencari toko online terlengkap, pasti situs yang dicari adalah marketplace terpopuler. Apa saja toko online terlengkap sepanjang tahun 2024? Berikut ini daftar toko online terlengkap dan populer di Indonesia:

1. Shopee

Marketplace terbaik di Indonesia nomor 1 yang bisa Kamu gunakan untuk berjualan online yaitu shopee. Marketplace online shop berupa Shopee menawarkan berbagai macam produk yang dibutuhkan masyarakat mulai dari fashion, kosmetik dan makanan. 

Shopee
Shopee


Menariknya saat ini Shopee memberikan inovasi terhadap pembeli yang membuat aktivitas berbelanja online tampak terasa menyenangkan. Menurut sejumlah penjual online, toko online terlengkap ini juga menyediakan sejumlah fitur menarik 

Fitur apa yang disediakan?sejumlah penjual bisa memanfaatkan fitur cod, pengembalian barang jika tidak sesuai pembeli hingga pembayaran memakai Shopee pay. Fitur itulah yang membuat Kamu bisa berjualan di aplikasi satu ini.

2. Tokopedia

Tidak hanya Shopee, Tokopedia juga tergolong salah satu marketplace online shop yang populer dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Sejumlah penjual menjelaskan bahwa Tokopedia memiliki fitur yang cukup mudah untuk dipelajari oleh semua orang.

Tokopedia
Tokopedia


Sejumlah penjual menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan keberadaan Tokopedia penjualan bisa meningkat drastis. Kenapa penjualan bisa meningkat secara drastis? Menurut sejumlah penjaja yang telah ahli, kunjungan ke situs ini mencapai 117 juta per bulan. 

Hal itulah yang membuat penjualan produk secara online dengan mengandalkan situs marketplace tersebut bisa mengalami peningkatan drastis. Jualan memakai marketplace online shop satu ini mulai meningkat sejak tahun 2019 atau pandemi. 

3. Bukalapak

Marketplace terbaik di Indonesia yang menempati posisi nomor tiga yaitu Bukalapak. Aplikasi ini beroperasi dan mulai populer di Indonesia sejak tahun 2010. Bagaimana traffic penjualan menggunakan Bukalapak di Indonesian saat ini?

Bukalapak
Bukalapak


Berdasarkan pengamatan yang telah aku lakukan, jumlah kunjungan ke aplikasi satu ini sekitar 34 juta per bulan. Aplikasi marketplace ini telah mempunyai 6 juta merchant yang menjual berbagai macam produk mulai kosmetik, alat dapur, fashion, dan lainnya. 

Menariknya, Bukalapak memiliki program unggulan berupa investasi emas. Nantinya Investasi tersebut bisa ditarik jika jumlah emas yang ditimbun mencapai 1 gram. Kamu harus punya keahlian marketing agar tidak kalah saing dengan penjual lainnya. 

4. Lazada

Masyarakat pesisir atau pedalaman banyak yang menggunakan lazada sebagai sarana transaksi berupa jual beli online. Kamu bisa memanfaatkan situs ini untuk menjual berbagai macam produk. Umumnya produk yang disediakan lazada didominasi 2 item. 

Tampilan lazada
Tampilan lazada


Item apa yang mendominasi lazada? Fashion dan elektronik. Lantas apakah tidak bisa jualan produk lain di lazada? Bisa, Kamu bisa menjual berbagai macam produk menarik yang dibutuhkan manusia untuk menunjang kehidupan sehari-hari. 

Kunjungan pada aplikasi marketplace satu ini mencapai 30 juta per bulan. Menariknya aplikasi ini mampu menghubungkan penjualan dan pembelian di luar negeri. Jadi Kamu bisa mendapatkan produk dari luar negeri untuk dijual lagi dengan pakai situs lazada. 

5. Blibli

Marketplace terbaik di Indonesia yang bisa Kamu jadikan sebagai situs jualan online yaitu Blibli. Menurut sejumlah penjual, aplikasi Blibli telah digunakan dan dikunjungi sekitar 19 juta per bulannya sehingga penjualan online di situs ini menguntungkan. 

Blibli
Blibli


Bagaimana cara jualan online di Blibli? Kamu tinggal posting sejumlah produk, sertakan deskripsi lengkap kemudian ikuti langkah lain di aplikasi tersebut. Umumnya aplikasi ini didominasi oleh produk fashion, elektronik hingga bahan makanan yang berkualitas. 

Kamu bisa menjual berbagai macam sayuran ataupun daging segar dengan memanfaatkan keberadaan Fresh by Bliblimart. Aplikasi ini Memiliki 16 ribu seller atau penjual yang telah tersebar di berbagai kota Indonesia mulai pelosok hingga pedalaman. 

6. Zalora

Marketplace terbaik di Indonesia juga turut ditempati oleh situs Zalora. Walaupun masih asing di telinga sejumlah pelanggan setia, Zalora memiliki jumlah kunjungan sekitar 2 juta per bulannya. Tersedia berbagai macam brand atau merk ternama pada situs ini. 

Zalora
Zalora


Berdasarkan pengalamanku pribadi, aplikasi satu ni hanya menyediakan fashion dan lifestyle. Jadi aplikasi ini hanya cocok digunakan untuk berjualan online berupa produk fashion dan lifestyle saja. Situs ini tergolong cukup legit dalam penjualan produk. 

Menariknya, bagi Kamu yang masih pemula bisa mencoba sistem dropshiper yang disediakan oleh Zalora. Bagaimana sistem dropshiper yang disediakan? Jadi Kamu berperan sebagai orang yang menjual tanpa perlu melakukan stok barang. 

7. Sociolla

Bagi Kamu yang sangat doyan menjajal berbagai macam kosmetik ataupun produk kecantikan lainnya bisa langsung mengunjungi Sociolla. Situs jualan online ini hanya mengkhususkan penjualan berbagai macam produk dan alat kecantikan saja. 

Sociolla
Sociolla


Produk apa yang bisa dijual di Sociolla? Skincare, parfum, kutek, dan make-up lainnya. Biasanya penjualan menggunakan aplikasi ini ditempuh oleh mereka yang menjadi mitra franchise sejumlah brand kecantikan tertentu untuk meraup keuntungan besar. 

Marketplace terbaik di Indonesia ini memiliki jumlah kunjungan sekitar 1.8 juta per bulan. Menjadikan aplikasi ini mampu menghubungkan penjual dengan sejumlah seller resmi produk skincare luar negeri. Hal ini tentu dengan harga yang lebih murah atau miring. 

8. Berrybenka

Berrybenka adalah situs jualan online yang menawarkan sejumlah produk fashion baik untuk pria atau wanita. Situs ini bisa mengungkapkan penjualan dengan luar negeri sehingga produk yang disediakan beragam. Hal ini bisanya dimanfaatkan oleh penjual. 

Produk dari luar negeri dimanfaatkan penjual untuk apa? Untuk dijual lagi dengan harga lebih. Tersedia sekitar 1.000 brand lokal yang berasal dari berbagai macam negara. Hal ini membuat penjual bisa meraih keuntungan sebanyak-banyaknya dari aktivitas jualan. 

Produk fashion yang ditawarkan mulai dari baju, kaos, jaket, Hoodie, sepatu dan lain sebagainya. Keragaman dalam penjualan produk ini membuat jumlah kunjungan pada situs Berrybenka mencapai 117 ribu orang per bulannya.

9. Matahari.com

Matahari merupakan marketplace terbaik di Indonesia yang menjadi wujud online dari store offline. Seperti yang diketahui matahari merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai macam produk unggulannya. 

Matahari.com
Matahari.com


Dalam situs ini Kamu bisa menawarkan berbagai macam fashion atau kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau. Produk fashion mulai dari pakaian, sepatu, tas dan aksesoris lainnya. Kamu bisa menjual berbagai macam produk hanya dengan satu lapak. 

Berkat kebolehannya dalam menjajakan produk, Matahari.com mampu memiliki jumlah pengunjung tetap 1.1 juta per bulan. Hal itulah yang membuat penjualan produk di matahari store cenderung laris. 

Marketplace terbaik di Indonesia bisa digunakan untuk berjualan secara online oleh sejumlah masyarakat. Pastikan Kamu punya keahlian marketing agar nantinya tidak kalah saing. Pelajari trik tersebut dengan memperbanyak baca artikel lain di website ini. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar