Pantes Nggak Dapat Panggilan, Ternyata Ini Penyebab Lamaran Kerja ditolak Perusahaan!

 

Antrian orang melamar pekerjaan
Penyebab lamaran kerja ditolak salah satunya daya saing tinggi posisi sedikit

CariUang - Lamaran kerja ditolak perusahaan tentu membuat seseorang merasa sedih. Untuk mencegah hal tersebut, penting bagi individu mengetahui penyebab lamaran kerja ditolak. Hal ini bisa dijadikan evaluasi ketika melamar kerja di kemudian hari.

Table of Contents
 

Faktor Penyebab Lamaran Kerja ditolak

Ditolak kerja berkali-kali harusnya dapat dijadikan evaluasi di kemudian hari. Sebenarnya apa sih penyebab ditolak kerja berkali-kali oleh perusahaan? Berikut ini beberapa faktor yang bisa memicu Kamu ditolak kerja berkali-kali:

1. Persyaratan Tidak Terpenuhi

Menurut pengalaman beberapa orang yang sering ditolak kerja, pemicu utama hal tersebut yakni persyaratan tidak terpenuhi. Persyaratan apa yang tidak dipenuhi? Persyaratan yang tidak terpenuhi meliputi berkas atau dokumen tertentu. 

Biasanya setiap perusahaan memiliki ketentuan tersendiri yang wajib dipenuhi oleh pelamar sehingga jika tidak terpenuhi Kamu akan sering ditolak kerja. Untuk itu, Pastikan mengecek dokumen dan memenuhi syarat agar tidak sering ditolak kerja. 

2. Tidak Sesuai Kriteria yang Dibutuhkan

Beberapa HRD menjelaskan bahwa alasan menolak pelamar kerja yakni kriteria yang diinginkan tidak bisa terpenuhi. Sama halnya dengan persyaratan yang ditentukan, setiap perusahaan pasti akan menentukan kriteria tersendiri dalam rekrutmen karyawan.

Biasanya penetapan kriteria didasarkan dengan posisi yang dibutuhkan. Setiap perusahaan membutuhkan penyesuaian kriteria agar bisa bekerja sesuai harapan. Baca kriteria dalam lowongan kerja dan pastikan Kamu mampu memenuhinya. 

3. Belum Punya Skill di Bidang Terkait

Sejatinya melamar kerja menjadi hak yang gampang-gampang susah terutama fresh graduate. Bagi orang yang baru lulus tentu belum memiliki skill mumpuni di bidang terkait. Hal ini terkadang menjadi pemicu lamaran kerja yang Kamu kirim ditolak. 

Menurut pengalamanku pribadi saat menjadi fresh graduate, meningkatkan skill bisa diupayakan dengan mengikuti kursus. Lakukan kurus berdasarkan skill yang Kamu minati. Semakin mumpuni skill tersebut maka besar potensi diterima kerja. 

4. Perusahaan Sudah Punya Kandidat Terpilih

Penyebab lamaran kerja ditolak bisa juga dipengaruhi oleh faktor internal perusahaan. Sebagai contoh perusahaan bersangkutan sudah memiliki kandidat internal atau punya koneksi dengan saudara karyawan lama. Hal ini cukup sering terjadi di perusahaan. 

Faktor ini tidak bisa diatasi oleh setiap pelamar. Oleh sebab itu, Kamu sangat disarankan untuk memperluas relasi sehingga kedepannya lebih mudah dalam mencari pekerjaan ataupun menempuh suatu usaha di bidang tertentu. 

5. Penampilan dan Etika Masih Rendah

Beberapa HRD menjelaskan bahwa alasan menolak pelamar kerja lantaran penampilan tidak rapi dan minim etika. Saat melamar kerja Kamu wajib berpenampilan rapi dan menarik. Hal ini menjadi bentuk kepedulian terhadap diri sendiri.

Gaya berpakaian harus diperhatikan lantaran mempengaruhi hasil lamaran
Gaya berpakaian harus diperhatikan lantaran mempengaruhi hasil lamaran

Hampir semua perusahaan pasti akan menilai penampilan. Tidak hanya penampilan, etika juga menjadi indikator yang harus Kamu utamakan saat melamar kerja. Hindari terlalu banyak bercanda lantaran mengurangi value di dalam diri Kamu. 

6. Interview Tidak Optimal

Dalam proses interview biasanya HRD banyak menjebak calon pelamar kerja. Hal ini bisa menjadi boomerang bagi Kamu lantaran berpotensi mempengaruhi hasil. Pastikan mempersiapkan interview dengan matang agar tidak gugup saat berhadapan dengan HRD. 

Hindari cemas berlebihan saat berhadapan dengan HRD. Pasalnya cemas berlebihan membuat jawaban yang diutarakan terkesan gagap sehingga proses interview berjalan kurang efektif. 

Penyebab lamaran kerja ditolak sebenarnya dipengaruhi beberapa faktor. Gunakan keahlian dalam literasi untuk mendapatkan tips seputar pekerjaan. Kegiatan literasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan referensi artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar