Ragam Platform Media Sosial untuk Menunjang Bisnis, Cobain Bisa Makin Laris

Platform media sosial bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis
Platform media sosial bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis


CariUang
- Platform media sosial seringkali dijadikan sebagai alternatif menunjang bisnis manfaat media sosial untuk bisnis cukup besar sehingga tidak heran keberadaanya dimanfaatkan banyak orang. Cara pemanfaatan juga cukup beragam.

Table of Contents
 

Deretan Platform Media Sosial untuk Bisnis

Menurut sejumlah pengusaha, manfaat media sosial untuk bisnis bisa diupayakan dengan sejumlah platform . Cara memanfaatkan sosial media bisnis juga bisa ditempuh dengan beragam alternatif. Berikut media sosial yang cocok untuk menunjang bisnis:

1. Instagram

Platform media sosial satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Manfaat media sosial untuk bisnis berupa instagram cukup banyak. Cara memanfaatkan sosial media bisnis instagram bisa ditempuh dengan promosi. 

Instagram bisa dipakai untuk jualan dan promosi
Instagram bisa dipakai untuk jualan dan promosi


Menurut pengalamanku pribadi, media sosial ini cocok untuk berjualan online hingga promosi. Kenapa platform media sosial ini cocok untuk jualan online? Karena terdapat fitur jualan online sekaligus posting foto hingga video produk-produk tertentu. 

Sejumlah pengusaha banyak yang menerapkan cara memanfaatkan sosial media bisnis berupa instagram dengan upload konten seputar usaha. Cara ini bisa juga ditempuh untuk meningkatkan brand awareness sekaligus menciptakan personal branding usaha. 

2. Tik Tok

Pebisnis handal banyak yang memakai Tik Tik untuk menunjang bisnis. Kenapa tik tok bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis? Lantaran fitur yang disediakan cukup banyak. Dan terdapat pula fitur jualan online yang bisa ditempuh oleh calon pebisnis. 

Live jualan di tik tok menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat
Live jualan di tik tok menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat


Publik figur hingga selebgram seperti Fuji Utami juga kerap memanfaatkan keberadaan tik tok untuk live jualan. Keberadaan platform media sosial ini terbukti mampu meningkatkan pendapatan sejumlah pelaku UMKM terlebih saat pandemi berlangsung. 

Melalui aplikasi satu ini Kamu bisa live, upload gambar, video, konten hingga berjualan. Kini Tik Tok telah diunduh oleh lebih dari 625 juta pengguna. Hal ini membuat bisnis Kamu berpotensi dilirik oleh banyak orang terutama target penjualan. 

3. Facebook

Sejumlah pebisnis terutama UMKM rumahan banyak yang menggunakan platform media sosial Facebook sebagai alternatif promosi. Terdapat fitur Facebook Fanpage yang bisa menghubungkan Kamu dalam bisnis terutama jika ingin bangun branding. 

Facebook fanpage bisa ditempuh untuk menunjang bisnis
Facebook fanpage bisa ditempuh untuk menunjang bisnis


Menurut pengalamanku dalam menggunakan Facebook, alternatif satu ini bisa ditempuh jika target penjualan berasal dari kalangan dewasa hingga paruh baya. Kenapa target harus orang paruh baya atau kalangan dewasa saja?

Berpedoman pada sejumlah survey, pengguna Facebook didominasi oleh kalangan dewasa dan paruh baya seperti emak-emak. Kamu bisa berjualan online dengan membuka toko di situs ini dan memanfaatkan sejumlah grup agar produk laris. 

4. Twitter

X bisa dipakai untuk membuat konten bisnis
X bisa dipakai untuk membuat konten bisnis

Meskipun jarang dipakai untuk promosi, platform media sosial ini sebenarnya cukup potensial. Peluang media sosial dengan memakai Twitter bisa mengandalkan fitur tulisan. Sayangnya menulis di sini hanya terbatas sejumlah 180 karakter saja. 

Lantas gimana cara memakai peluang media sosial Twitter? Kamu bisa bagikan konten seputar bisnis dengan menulis keterangan singkat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memakai tagar. Semakin populer tagar besar potensi produk dilirik pengguna lain. 

Dalam memanfaatkan peluang media sosial Twitter dibutuhkan keahlian coppy writing. Kamu bisa memakai media sosial satu ini untuk menunjang bisnis online hingga membangun citra positif. Sejumlah pengusaha sudah banyak yang pakai Twitter atau X. 

5. Threads

Sama halnya dengan Twitter, sejumlah pengguna Threads untuk bisnis mengutarakan fitur keduanya hampir mirip. Bagaimana cara memanfaatkan thread untuk menunjang bisnis? Kamu bisa memulainya dengan upload konten bisnis dan menulis sedikit keterangan. 

Apakah cara ini banyak diterapkan orang-orang? Belum banyak lantaran aplikasi threads terbilang masih baru diluncurkan. Dalam aplikasi atau platform media sosial ini Kamu bisa tambahkan sejumlah keterangan singkat layaknya Twitter ( sekarang X). 

Menurut pengalaman pengguna setia, penggunaan platform threads efektif jika untuk promosi saja. Jika untuk penjualan atau menghubungkan penjual dengan pembeli kurang efektif. Hal ini lantaran terbatas oleh batas karakter atau pemakaian kata.

6. YouTube

Sejumlah penjual produk tertentu banyak yang memanfaatkan keberadaan YouTube. Bagaimana cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan keberadaan YouTube? Kamu tinggal membuat konten tentang bisnis tersebut dan upload pada channel pribadi. 

YouTube bisa dipakai untuk membuat konten bisnis
YouTube bisa dipakai untuk membuat konten bisnis


Menurut pengamatanku, mereka yang memakai YouTube juga bisa mendapatkan pendapatan tambahan. Kenapa bisa mendapatkan penghasilan tambahan? Hal ini lantaran YouTube memberikan komisi bagi pengguna dengan view atau penonton banyak. 

Kamu harus rajin membuat konten bersifat informatif dan menarik agar kedepannya bisnis sekaligus channel YouTube mampu memberikan pendapatan besar. Dalam mengupayakan media sosial ini Kamu harus punya keahlian editing yang mumpuni. 

7. LinkedIn

LinkedIn bisa dipakai untuk mencari klien
LinkedIn bisa dipakai untuk mencari klien


Media sosial ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi pelamar kerja. Namun ternyata selain bisa digunakan untuk melamar kerja situs ini bisa juga dimanfaatkan sebagai sarana menunjang bisnis bidang tertentu. Bagaimana cara kerja aplikasi satu ini?

Kamu bisa berbagi tautan profesional dengan rekan bisnis. Aplikasi ini lumayan susah untuk menunjang bisnis namun sekalinya berhasil sejumlah keuntungan akan Kamu dapatkan. Kamu bisa promosikan layanan jasa atau produk perusahaan dengan mudah. 

Tidak hanya promosi saja, orang yang ingin melamar kerja menggunakan aplikasi ini sangat disarankan untuk meningkatkan CV ataupun portofolio. Untuk apa CV dan portofolio? Meyakinkan perusahaan agar mau kerja sama dengan Kamu. 

8. Telegram

Telegram juga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menunjang bisnis. Terdapat sejumlah fitur menarik dalam aplikasi telegram yang membuat bisnis makin berkembang. Apa saja fitur yang bisa disediakan oleh telegram untuk menunjang bisnis?

Telegram merupakan alat komunikasi untuk menunjang bisnis
Telegram merupakan alat komunikasi untuk menunjang bbisni


Fitur yang disediakan oleh telegram yang bisa digunakan untuk menunjang bisnis mulai dari pembuatan grup, channel saluran, dan lain sebagainya. Fitur tersebut bisa digunakan untuk promosi, jualan online, pusat informasi bisnis dan masih banyak lagi.

Apakah penggunaan telegram tergolong menguntungkan? Menurut pendapatku, penggunaan telegram cukup menguntungkan terlebih beberapa fitur bisa dimanfaatkan secara gratis. Penggunaan telegram untuk menunjang bisnis sudah banyak diterapkan orang-orang. 

9. WhatsApp

WhatsApp atau aplikasi pesan singkat juga bisa dipakai untuk menunjang bisnis. Terlebih sekarang ada versi WhatsApp business. Bagaimana cara memakai WhatsApp business? Kamu tinggal install, isi sejumlah informasi, masukkan katalog, selesai. 

Sejumlah orang juga kerap memakai fitur membuat grup untuk jualan online, status sebagai promosi dan siaran guna membangun komunikasi dengan target bisnis. Cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan bisnis hanya dengan 1 aplikasi. 

WhatsApp merupakan alat komunikasi untuk menunjang bisnis
WhatsApp merupakan alat komunikasi untuk menunjang bisnis


Menariknya menunjang bisnis dengan mengandalkan WhatsApp tidak membutuhkan biaya sedikitpun. Jadi bisa dimanfaatkan kapan saja tanpa perlu takut anggaran bisnis membeludak. Hampir semua pengusaha pasti memiliki media sosial satu ini untuk menunjang bisnis. 

Platform media sosial tersebut bisa Kamu gunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan bisnis. Pastikan Kamu punya keahlian dalam menguasai perkembangan teknologi. Tingkatkan keahlian tersebut dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar